Cara Membebaskan Sumber Daya Yang Diblokir

Cara mengatasi sumber daya yang diblokir pada akun Google Webmaster-Membebaskan artikel yang masuk ke Blocked Resources pada akun Google Webmaster sangat penting. Menurut pengalaman pribadi Saya, ketika akun Google Webmaster kita ada laporan beberapa artikel sumber dayanya diblokir (Blocked Resources) maka view blog akan menurun. Karena artikel yang sudah masuk ke daftar "sumber daya yang diblokir" pada akun Google Webmaster akan sulit terindeks di mesin pencari Google.
 
Cara Membebaskan Sumber Daya Yang Diblokir
 
Lalu bagaimana cara mengatasi sumber daya yang diblokir (Blocked Resources) pada akun Google Webmaster kita?. Sebelum kita bahas ke cara mengatasi sumber daya yang diblokir pada akun Google Webmaster, Saya mau menjelaskan dulu penyebab sumber daya yang diblokir terlebih dahulu. "Sebuah gambar bisa bernilai seribu kata". Ini bisa sangat benar, ketika membuat gambar di artikel, gambar yang kita masukkan bisa menggambarkan maksud dari artikel kita. Karena itulah sangat disarankan memberikan sebuah gambar pada artikel. Namun yang menjadi masalah, ketika kita memberikan gambar pada artikel. Googlebot tidak dapat mengindeks kembali artikel kita, setelah beberapa lama artikel tayang kemudian Googlebot menemukan kesalahan sehingga membuat laporan "sumber daya diblokir" pada akun Google Webmaster Anda seperti gambar di bawah ini.
 
Cara Membebaskan Sumber Daya Yang Diblokir
 
Penyebab sumber daya diblokir ini karena salah satu sistem operasi membaca file artikel Anda seperti JavaScript, CSS, dan gambar. Googlebot kemudian memberitahu dari mana Anda mengambil sumbernya. Ketika sistem operasi membaca dan menemukan file yang berasal dari luar situs Anda maka akan muncul laporan di akun webmaster pada "sumber daya diblokir". Untuk itu ketika Anda membuat gambar di blog perlu mempertimbangkan beberapa panduan untuk mengupload gambar ke artikel Anda. 
 
Gambar dalam sebuah artikel memang bermanfaat bagi orang lain, karena dengan gambar bisa memberikan seribu kata, namun hal ini bisa merusak artikel jika kita melakukannya dengan tidak benar. Berikut panduan membuat gambar yang benar pada artikel blog/website
 
1. Gunakan "Print Screen" tombol (PRTSC) pada keyboard Anda. Jangan menggunakan kamera. Karena pada netbook Chrome, ini akan menjadi Ctrl - F5. Pada sistem operasi berbasis Windows menjadi  Alt-Print Screen. Namun pada komputer mobile, Anda harus berkonsultasi dengan pemilik panduan. Disinilah sumber daya di blokir karena mobile membaca gambar yang diupload adalah milik orang lain.
 
2. Gunakan aksesori Windows seperti MSPaint atau Snipping Tool. Jangan gunakan pihak ketiga seperti Lighshot atau VVcap dan yang lainnya.
 
3. Gunakan format gambar ".Png" (lebih disukai), atau ".Jpg (kurang disukai)".
 
4. Jangan gunakan ".Bmp", ".Doc", ".Docx", ".Gif", ".Htm", ".Pdf", ".Ppt", ".Rtf", ".Tif", atau lainnya format dokumen/multimedia!.
 
5. Jangan link ke layanan hosting eksternal, menggunakan URL ajaib atau misterius.
 
Karena gambar pada halaman blog/website memang dapat membuat cantik dan fungsional. Namun jika sumber daya ini diblokir maka Googlebot tidak dapat menggunakannya ketika merender halaman tersebut di mesin pencarian Google. Karena beberapa sumber daya akan dihosting di situs Anda sendiri dan beberapa akan dihosting di situs lain.  Selain gambar, iklan yang dipasang diblog/website juga bisa mengakibatkan Blocked Resource. Maka berhati-hatilah memasang scrip iklan. Gunakan iklan yang terpercaya saja. Karena jika situs penyedia iklan Blocked Resource maka blog/website Anda akan bernampak juga. 
 
Itulah beberapa penyebab sumber daya diblokir. Untuk membantu Anda menemukan dan mengatasi masalah ini. Dan Anda ingin membuka semua sumber daya yang diblokir, berikut adalah garis besar cara mengevaluasi dan mengurangi daftar sumber daya yang diblokir. Ikuti langkah-langkah cara membebaskan sumber daya yang blokir pada akun Google Webmaster berikut ini. 
 
1. Buka akun Google Webmaster Anda klik Tools -> Blocked Resource (sumber daya diblokir)
 
2. Klik laman yang diblokir kemudian lihat host yang memblokirnya. 
~ Jika gambar yang Anda upload pada artikel yang memblokirnya. Maka perbaiki gambar tersebut seperti yang sudah dijelaskan di atas. Perbaiki artikel Anda sehingga Google dapat kembali mengindeks konten atau artikel Anda dengan baik. 
~ Jika sumber daya yang diblokir dari situs iklan yang Anda pasang. Klik untuk melihat daftar laman Anda yang menggunakannya. Klik laman apa pun dalam daftar dan ikuti petunjuk untuk melihat perbedaan dan memperbarui file robots.txt yang memblokir. 
 
3. Setelah artikel sudah Anda perbaiki selanjutnya klik "Ambil" dan "Ambil dan Render" pada akun webmaster. Perbedaan Ambil dan Ambil dan Render :
~ Ambil: Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda dan menampilkan tanggapan HTTP. Tidak meminta atau menjalankan sumber daya apa pun yang dikaitkan (misalnya gambar atau skrip) di laman. Ini merupakan operasi yang relatif cepat yang dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan atau debug konektivitas jaringan yang dicurigai atau masalah keamanan dengan situs Anda, serta melihat apakah permintaan berhasil atau gagal. Ketika Anda menggunakan Ambil sebagai Google. Disana akan tertera hasilnya apakah selesai, tidak ditemukan (parsial) atau dialihkan.
  • Selesai: Google berhasil menghubungi situs dan merayapi laman Anda, serta dapat memperoleh semua sumber daya yang dirujuk oleh laman. 
  • Parsial: Google mendapat tanggapan dari situs Anda dan mengambil URL-nya, namun tidak dapat memperoleh semua sumber daya yang dirujuk oleh laman karena diblokir oleh file robots.txt. Jika ini hanya pengambilan, lakukan pengambilan dan perenderan. Periksa laman yang dirender untuk melihat apakah ada sumber daya signifikan yang diblokir yang dapat mencegah Google menganalisis arti laman dengan semestinya. Jika sumber daya yang signifikan diblokir, bebaskan sumber daya di file robots.txt yang Anda miliki.
  • Dialihkan: Server menanggapi dengan pengalihan. Alat Ambil sebagai Google tidak mengikuti pengalihan. Meskipun perayap Google aktual mengikuti pengalihan, alat Ambil sebagai Google tidak akan mengikutinya. Anda harus mengikuti pengalihan secara manual.
~ Ambil dan render: Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda, menampilkan tanggapan HTTP, serta merender laman sesuai dengan platform yang ditentukan (desktop atau ponsel cerdas). Operasi ini meminta dan menjalankan semua sumber daya di laman (misalnya gambar atau skrip). Gunakan operasi ini untuk mendeteksi perbandingan visual antara cara Googlebot melihat laman Anda dan cara pengguna melihat laman Anda.

4. Setelah Anda melakukan Ambil dan Ambil dan Render pada akun webmaster untuk perubahan memverifikasi bahwa saat ini sumber daya pada artikel Anda sudah legal. Silahkan tunggu Google untuk merayapi ulang dan mungkin mengindeks ulang laman yang sumber dayanya diblokir. Menurut pengalaman Saya, jika Anda berhasil membebaskannya maka butuh waktu 2x24 jam Google membebaskan artikel yang sumber dayanya diblokir.
 
5. Jika Anda tidak berhasil membebaskan artikel Anda dari sumber daya yang diblokir pada akun Google Webmaster dalam kurun waktu 2x24 jam silahkan kirim ulang URL artikel Anda ke Google Webmaster. 

Demikian cara membebaskan sumber daya yang diblokir. Semoga Anda berhasil!. Namun jika semua cara sudah Anda lakukan untuk membebas artikel dari sumber dari yang diblokir, tapi tetap tidak berhasil. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dukungan webmaster disini. Awalnya Saya sempat malas update artikel karena view blog terus berkurang. Sempat tanya teman Facebook yang sudah lama ngeblog, malah dia bilang itu tidak masalah. Namun Saya tetap penasaran cara mengatasi sumber daya yang diblokir pada akun Webmaster Saya. Akhirnya Saya menemukan group dukungan webmaster. Sekarang akun Webmaster Saya selalu bersih setiap hari. Dan semoga artikel ini menjadi bermanfaat buat yang lain.
 
 
 


Add Your Comments

Disqus Comments