Cara Membuat Halaman Utama Blog Tanpa Sidebar

Cara membuat halaman utama Blog tanpa sidebar. Bagaiamana cara membuat halaman utama (Homepage) Blog tanpa sidebar?. Tampilan homepage blogger biasanya punya sidebar, tapi jika Anda saat ini ingin menghapus sidebar pada halaman utama blog atau blog yang semestinya 2 kolom akan ditampil hanya 1 kolom saja. Jadi yang tampil hanya berisikan postingan saja.
 
Cara Membuat Halaman Utama Blog Tanpa Sidebar
 
Membuat halaman utama blog penuh tanpa sidebar. Halaman full post penuh tanpa sidebar sebenarnya dibuat untuk beberapa alasan, salah satunya adalah untuk menambahkan Embed Forum (cth: Aplikasi Forum Submit Artikel), di mana di dalam blog harus memiliki tempat yang sedikit luas agar ruang forum terlihat pas, tidak kecil. Atau ingin membuat loading blog semakin cepat, karena tidak adanya tambahan widget di halaman utama.
 
Bagaimana membuat tampilan page/halaman kita full page tanpa sidebar?. Setelah berputar-putar mencari tips tentang cara membuat halaman penuh tanpa sidebar pada template baru blogger, akhirnya kudapatkan juga. Berikut cara membuat artikel di Blog menjadi satu halaman penuh tanpa sidebar.
 
1. Login ke blog Anda.
 
2. Pilih "Template" klik "Edit HTML".
 
3. Gunakan CTRL+F untuk mencari kode </head> dan letakkan kode berikut ini di atasnya.
 
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'><style>#sidebar-wrapper {display: none !important;}#main-wrapper, .post {width: 990px;}</style></b:if>
 
Sebelumnya, perhatikan dulu hal yang wajib Anda ketahui ini:
 
~ Lebar Blog (outer-wrapper), contoh kode HTML-nya #outer-wrapper
 
~ Lebar tempat postingan (main-wrapper), contoh kode HTML-nya #main-wrapper
 
Untuk menampilkan postingan saja di homepage tanpa sidebar, maka lebar dari tempat postingan (main-wrapper) harus ditambah supaya sama dengan lebar blog. Maka sesuaikan lebarnya, caranya cari width:660px di kode #main-wrapper. Demikian caranya membuat halaman utama tanpa sidebar. Selamat Mencoba!.
 
 
 


Add Your Comments

Disqus Comments