Cara Mengoptimalkan SEO dengan Optimasi SEO Blogger

Cara mengoptimalkan seo dengan optimasi seo blogger-Bagaimana cara mengoptimalkan seo atau lebih tepatnya cara optimasi seo blogger?. Agar blog seo maka cara optimasi seo blog itu sangat diperlukan. Maka Saya ingin share cara mengoptimalkan seo dengan optimasi seo blogger kepada Anda yang baru mulai terjun ke dunia blogger. Seperti yang kita ketahui agar blog kita mudah muncul pada mesin pencari adalah dengan melakukan optimasi SEO (Search Engin Optimization). Disamping pemilihan keyword adalah salah satu tehnik seo untuk mengoptimalkan blog, tentu ada cara lain untuk memaksimalkan SEO di blogger.

Cara Mengoptimalkan SEO dengan Optimasi SEO Blogger

Cara optimasi seo blogspot (blogger) sesuai judul artikel ini "cara mengoptimalkan seo dengan optimasi seo blogger" agar maksimal sehingga blog Anda akan lebih disayang oleh Google. Jika blog Anda disayang Google maka blog Anda akan diberi ranking yang bagus, dan jika ranking udah bagus maka otomatis pengujung blog Anda akan meningkat. Siapa sih yang 'nggak kepengin pengunjung blognya meningkat?. Semua blogger pasti kepengin, apalagi bagi yang sedang menghasilkan uang dari blog. Maka di bawah ini adalah tutorial lengkap bagaimana cara mengoptimalkan seo atau optimasi seo blogger.

Untuk cara optimasi seo blogspot (blogger), mungkin bagi Anda saat ini sedang mencari cara optimasi seo blogger yang baik dimata mesin pencari. Ada baiknya Anda tahu dan pahami bagian-bagian yang ada di blogger. Agar cara mengoptimalkan seo atau optimasi seo blogger Anda menjadi lebih mudah. Langsung saja Anda berkenalan dengan bagian-bagian dari blogger ini, dan mempelajarinya untuk dapat dioptimasi dengan sebaik mungkin.
1.  RSS Feed
Seperti halnya layanan blogging pada umumnya, blogger juga menyediakan fitur RSS feed untuk memudahkan pembaca blog kita berlangganan artikel-artikel yang kita publikasikan. Fitur ini sebenernya sangat bagus, terutama untuk menjaring pembaca. Namun di lain sisi RSS feed juga bisa berdampak buruk untuk SEO blog Kita. Kenapa bisa begitu?. Seperti yang Kita tahu, di zaman sekarang banyak sekali blogger-blogger pemalas yang maunya serba instan yang sering mencuri konten-konten blog milik orang lain. Nah, RSS Feed ini akhir-akhir ini sering digunakan oleh para pencuri konten sebagai jalan untuk mengambil konten-konten yang ada di blog kita tanpa harus susah-susah CTRL+C dan CTRL+V. Bayangkan, copy paste pun sekarang sudah pada males, sekarang mainannya serba otomatis. Jika blog Kita menjadi korban pencurian konten melalui RSS Feed ini maka bisa berdampak buruk bagi blog Kita karena akan mengakibatkan yang namanya konten duplikat. Nah, untuk sedikit mengatasi masalah ini, kita bisa mengoptimalkan pengaturan RSS Feed yang ada di blogger. Caranya sangat mudah sekali, Anda cukup masuk ke Dashboard klik Setelan -> Lainnya. Setelah itu Anda fokus pada bagian "Umpan Situs". Pada bagian “Izinkan Umpan Blog” Anda pilih “Singkat”.

Cara Mengoptimalkan SEO dengan Optimasi SEO Blogger

Jika Anda memilih opsi ini sebenarnya akan kurang bagus bagi pembaca blog Kita yang berlangganan menggunakan RSS, karena setiap kali Kita update maka pembaca mau tidak mau harus membuka blog kita untuk membaca secara keseluruhan artikel yang kita publikasikan. Tapi mau gimana lagi. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya duplikat konten gara-gara ulah pencuri konten.

2. Tag Meta Deskripsi
Salah satu fitur keren yang ada di blogger adalah fitur Tag meta. Fitur ini memungkinkan Kita memasukan meta deskripsi blog tanpa harus memasukannya secara manual ke dalam template. Untuk mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah, Anda cukup masuk ke Dashboard klik Setelan > Preferensi penelusuran. Setelah itu fokus pada bagian "Tag meta" dan klik “Edit“. Setelah itu muncul pertanyaan “Aktifkan deskripsi penelusuran?” pilih "Ya". Terakhir tinggal Anda masukan deskripsi blog Anda disana. Dan jangan lupa untuk mengklik “Simpan perubahan”.

Cara Mengoptimalkan SEO dengan Optimasi SEO Blogger

3. Pengalihan khusus
Fitur ini berfungsi untuk mengarahkan link yang menuju ke blog Kita namun link tersebut tidak benar-benar ada alias halaman 404. Saya sendiri kurang menggunkan fitur ini, tapi di situasi tertentu fitur ini bisa sangat bermanfaat. Sebagai contoh dalam kejadian nyata, tapi mungkin jarang terjadi, Kita sedang semangat-semangatnya mencari backlink, dan karena terlalu semangat Kita salah menulis link URL di social bookmarking misalnya, yang seharusnya seperti ini: 
http://plazaonly.blogspot.com/2016/16/tips-seo-blog.html
Tapi Kita salah nulis jadi seperti ini:
http://plazaonly.blogspot.com/2016/16/tip-seo-blog.html
Nah disaat seperti inilah fitur pengalihan khusus tersebut menjadi berguna. Kita bisa mengalihkan link yang salah tulis tadi ke URL yang benar. Jadi backlink yang sudah terlanjur Kita taruh di social bookmarking tidak menjadi tidak sia-sia. Untuk cara menggunkan fitur ini silahkan Anda masuk ke Dashboard klik Setelan -> Preferensi penelusuran. Setelah itu fokus pada bagian Kesalahan dan pengalihan dan klik “Edit” pada Pengalihan khusus. Setelah itu tinggal Anda isi URL yang salah tadi (Dari) dan URL yang benar (Kepada). Jangan lupa centang “Permanen” agar link yang salah tersebut dialihkan secara permanen. Jika sudah klik "Simpan" terlebih dahulu dan klik "Simpan perubahan". 

Cara Mengoptimalkan SEO dengan Optimasi SEO Blogger

4.  robots.txt
robots.txt adalah sebuah file text (.txt) di dalam sebuah halaman web yang berisi perintah-perintah halaman mana yang boleh di index dan mana yang tidak boleh diindex oleh spider mesin pencari. Di blogger file robots.txt ini sudah otomatis ada dan bisa Anda lihat melalui URL ini: 
http://namablogAnda/robots.txt
Penampakan file robots.txt tersebut seperti ini:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: http://plazaonly.blogspot.com/sitemap.xml

Silahkan copy robots.txt tersebut dan pastekan di kolom robots.txt khusus. Caranya gampang silahkan Anda masuk ke Dashboard klik Setelan -> Preferensi penelusuran klik Edit pada robots.txt khusus pilih "Ya". Pada kolom yang tersedian, pastekan robots.txt tadi tapi jangan lupa "hapus tulisan /search pada Disallow: maka robots.txt akan menjadi seperti ini.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow:
Allow: /
Sitemap: http://plazaonly.blogspot.com/sitemap.xml

5.  Tag Meta Robot
Meta tag robot pada dasarnya fungsinya hampir sama seperti robots.txt, yaitu untuk memberitahu robot perayap halaman mana yang boleh diindex dan halaman mana yang tidak boleh. Selain itu juga ada beberapa perintah-perintah lain. Nah fitur meta robot yang ada di blogger ini bisa kita manfaatkan untuk mengatasi duplikat konten, terutama duplikat konten yang terjadi karena halaman arsip dan pencarian. Caranya masuk ke Dashboard klik Setelan -> Preferensi penelusuran > Tag tajuk robot khusus. Selanjutnya tinggal sesuaikan seperti gambar di bawah ini dan jangan lupa klik "Simpan perubahan".

Cara Mengoptimalkan SEO dengan Optimasi SEO Blogger

6. Gambar Postingan
Jika Anda membuat postingan yang disertai dengan gambar maka Anda sangat disarankan untuk menggunakan fitur keren yang ada di blogger yang satu ini, yaitu fitur untuk menambahkan atribut “alt” dan “title” secara otomatis pada gambar di dalam postingan. Caranya sangat mudah, ketika Anda memasukan gambar ke dalam postingan maka cukup klik gambarnya klik Properties > masukan kata kunci untuk gambar tersebut.

Cara Mengoptimalkan SEO dengan Optimasi SEO Blogger

7. Tag Meta Deskripsi Postingan
Dulu sebelum adanya fitur ini, banyak sekali blogger yang menggunakan sebuah kode meta tag deskripsi otomatis untuk postingan dan sampai sekarang pun masih cukup banyak yang menggunakannya. Nah karena di blogger sudah ada fitur untuk memasukan meta deskripsi postingan secara manual, maka akan sangat keren jika Anda menggunakan fitur ini agar setiap postingan di blog Anda memilki meta deskipsi yang bervariasi. Untuk menggunakan fitur ini pertama-tama Anda perlu mengaktifkan fitur tag meta deskripsi yang sudah dibahas di atas. Jika sudah mengaktifkannya maka setiap kali Anda menulis postingan, di bagian kanan akan ada menu tempat memasukan deskripsi postingan.

Cara Mengoptimalkan SEO dengan Optimasi SEO Blogger

8. Tautan permanen
Fitur yang bisa disebut juga sebagai fitur custom permalink ini berguna bagi Anda yang mungkin ingin menembak kata kunci panjang atau bahasa kerennya long tail keyword. Secara default permalink di blogger hanya dibatasi sampai 6 kata, kurang lebih seperti ini: http://plazaonly.blogspot.com/2016/16/cara-mengoptimalkan-seo-di-blogger-dengan.html
Jika lebih dari 6 kata, maka permalink akan otomatis terpotong dan hanya menampilkan 6 kata awal dari judul postingan. Nah, jika Anda menginginkan lebih dari 6 kata maka Anda bisa menggunakan fitur ini. Caranya, saat Anda menulis postingan klik menu "Tautan Permanen" pada bagian kanan dan pilih "Tautan Permanen Khusus", setelah itu tinggal Anda masukan permalink sepanjang yang Anda inginkan.

Cara Mengoptimalkan SEO dengan Optimasi SEO Blogger

Demikian cara mengoptimalkan seo dengan optimasi seo di blogger. Selain itu pemilihan template blog juga menjadi salah satu teknik seo blogger. Karena milihan template yang bagus juga dapat membantu memaksimalkan SEO di blog Anda. Banyak sekali penyedia template blogger gratis yang bagus di luar sana, tapi sangat sedikit yang bisa dibilang SEO Friendly. Maka pilihlah template untuk blog Anda yang bisa dioptimasi seo seperti template blog Saya ini. Walaupun gratisan, tapi bisa dioptimasi seo. Jika Anda mau, bisa ambil disini secara gratis. Inilah beberapa cara optimasi seo yang biasa Saya lakukan di blog yang Saya kelola. Cara optimasi ini bisa Anda terapkan untuk memulai belajar blogging selain cara menulis konten dan design blog. Selamat Mengoptimasi Blogger.
Selamat Mencoba!.





Add Your Comments

Disqus Comments