Cara Mengatasi The Element Type atau Error Kode HTML ~ PLAZA ONLY
close

Friday, April 10, 2015

Cara Mengatasi The Element Type atau Error Kode HTML. Pernahkan Anda mengalami error kode HTML ? atau kesalahan saat melakukan editing pada kode template?. Saya sering mendapatkan pesan error tersebut. Dan untuk itulah saya membuat artikel ini. Saya mau share pengalaman saya dengan Anda semua.

Cara Mengatasi The Element Type atau Error Kode HTML

Mengatasi Error Kode HTML atau The Element Type itu sangat mudah sebenarnya. The element type "Script" must be terminated by the matching end-tag "</Script>". Jika ada pemberitahuan seperti ini maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek pesan selanjutnya.  Karena setiap kesalahan tersebut akan diberi peringatan oleh Blogger dengan memberitahukan secara langsung kode yang salah tersebut yaitu dengan mengeluarkan pernyataan seperti contoh berikut ini: Kesalahan saat mengurai XML, baris 1619, kolom 31: The element type "div" must be terminated by the matching end-tag "</div>".

Dengan adanya pemberitahuan tersebut, seharusnya kita akan lebih mudah mengetahuinya dan mengatasinya dengan baik. Namun kenyataannya tidak demikian, karena pemberitahuan yang muncul tersebut kadang sedikit membingungkan bahkan sangat membingungkan. Sebagai manusia, kita tidak pernah luput dari kesalahan dan kekeliruan begitu juga sebagai Blogger, karena Blogger juga manusia. 

Dalam melakukan editing kode template, kadang kita dibuat kesal karena kode-kode yang menurut kita sudah benar terpasang namun masih saja gagal saat dijalankan, apalagi setelah Blogger memperbaharui tampilan menu Edit HTML yang menurut saya lebih menguntungkan dan memudahkan dalam melakukan editing kode template karena menu Edit HTML tersebut lebih responsive dari pada sebelumnya.

Saat melakukan editing, karena sudah yakin benar dengan kode yang di edit tersebut kita tentu langsung melakukan penyimpanan terhadap kode template yang telah di edit tersebut. Namun kita tidak menyangka ternyata kode yang kita edit mengalami kesalahan karena adanya kode-kode yang belum terpasang secara utuh sehingga muncul pemberitahuan seperti contoh berikut ini: Kesalahan saat mengurai XML, baris 1619, kolom 31: The element type "div" must be terminated by the matching end-tag "</div>".

Jika ada pemberitahuan seperti ini maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah MEMAHAMI maksud dari pemberitahuan tersebut. Seperti yang saya contohkan, maksud dari pemberitahuan tersebut adalah Elemen dari DIV tidak memiliki kode penutup yatiu </div> yang ada pada baris ke 1619 dan kolom ke 31. Disinilah kemudahan dalam editing kode template itu terlihat karena sudah ada penomoran untuk setiap kode-kode yang ada di template blog Anda. 

Sekarang kita lihat baris ke 1619 dan kolom ke 31, ternyata kolom dan baris tersebut dimiliki oleh penutup kode BODY dan HTML (pada template blog saya) yaitu </body></html>!. Loh kenapa kolom dan baris kode </body></html> yang dituju?. Padahal kode yang di edit atau yang ditambahkan sebelumnya tidak berada pada kolom dan baris tersebut. Karena kode yang di edit tersebut berada didalam kode <html><body> dan </body></html> sehingga Blogger langsung mengarahkan pada kolom dan baris tersebut. Dan disinilah kita harus jeli dan teliti!.

Jika Anda mengikuti apa yang terdapat pada pemberitahuan tersebut yaitu kurangnya kode penutup <div> dan menambahkan kode </div> sebelum kode </body></html> maka saya yakin tampilan blog anda akan amburadul!. So, langkah selanjutnya apa?. Kita harus tetap mengikuti apa yang telah diberitahukan yaitu menambahkan kode </div> pada tempat dan letak yang sebenarnya bukan pada baris dan kolom yang dituju. Dan disinilah satu lagi kemudahan dari menu Edit HTML baru ini yaitu dimana kita mengedit atau menambahkan kode dalam template, tempat dan letak kita mengedit kode template tersebut akan tetap tampil.

Hal ini bisa terjadi saat kita mengatur tampilan blog bahkan saat kita mau memasang iklan pada blog. Contoh kasus yang saya alami saat memasang kode iklan Popmyads di blog Saya. Popmyads memberikan kodenya seperti ini:
<Script tipe = "text / javascript" >
var pmauid = '10169' ;
var pmawid = '9509' ;
var fq = '86400' ;
</ Script>
<Script tipe = "text / javascript" src = "http://cdn.popmyads.com/pma.js" > </ script>

Ternyata saat saya pasang di HTML blog saya terjadi eror...rupanya kesalahnya cuman sedikit doank... maka kode HTML yang benar adalah :
<Script tipe = "text / javascript" >
var pmauid = '10169' ;
var pmawid = '9509' ;
var fq = '86400' ;
</Script>
<Script tipe = "text / javascript" src = "http://cdn.popmyads.com/pma.js" > </Script>

Tulisan warna biru diatas adalah eror karna terdapat spasi antara "/ S" dan huruf kecil pada "s". PerhatikanTulisan warna merah adalah kode HTML yang benar. Contoh lain lagi saat saya mengedit HTML ini:
"<link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Fialla+One' rel='stylesheet' type='text/css'>" 
ini adalah HTML eror dan setelah dibenerin menjadi :
<link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Fjalla+One' rel='stylesheet' type='text/css'/>
Cukup menambahkan tanda "/" didepan tanda ">" maka jadilah HTML nya.

Jadi intinya saat terjadi eror, coba teliti dan pahami maksud eror tersebut. Kalau anda sudah terbiasa dengan kode HTML maka akan lebih cepat paham erornya dimana.

Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs