Tidak Semua MLM itu Halal atau Haram ~ PLAZA ONLY
close

Tuesday, July 14, 2015

Tidak semua MLM itu halal atau haram-Halalkah MLM itu?. Mengenai halal atau haramnya MLM menjadi sebuah perdebatan yang terus berkembang. Persoalannya adalah, apakah MLM itu benar-benar halal? atau hanya beberapa MLM yang haram? atau semua MLM haram?. Kalaupun produknya halal, apakah sistem bisnisnya halal? ini kan MLM..?. Ada segolongan orang yang menganggap MLM adalah bisnis haram.

Tidak Semua MLM itu Halal atau Haram
 
Berikut Kami sampaikan untuk menilai halal atau haram sebuah bisnis MLM. Apa MLM itu halal?. Jawab: Bisa* ; apa MLM bisa bikin kaya? Jawab: Bisa* ; apa MLM itu E-Commerce? Jawab: Bisa juga**. Tidak adil rasanya mengatakan SEMUA MLM itu HARAM. Ataupun mengatakan semua MLM itu HALAL. Semua membutuhkan kajian tersendiri dari setiap perusahaan, karena mereka memiliki sistem yang berbeda dibanding yang lainnya. Jadi disini kita tidak bisa menggeneralisir semua salah atau semua benar.
 
Sekelompok orang berpendapat semua MLM haram. Dan sekelompok lain berpendapat bahwa semua MLM halal. Tentang MLM, maka pasti akan terjadi kontroversi, akan terjadi perdebatan, juga tidak jarang jadi putus silaturahmi. Semua terjadi karena dalam membicarakan banyak yang mengedepankan emosi dan ego. Bicara tentang MLM, positif atau negatifnya, haruslah didasari dengan LOGIKA BERPIKIR SEHAT, keinginan MENCARI KEBENARAN bukan PEMBENARAN, serta dilandasi semangat INGIN MEMAHAMI bukan MENJATUHKAN. Kalau tidak dilandasi hal di atas, yang terjadi adalah kesalahpahaman dan debat kusir yang tidak ada habisnya. 
 
Sebenernya bisnis semacam ini halal atau haram. Disini Anda akan tahu bahwa tidak semua bisnis MLM itu haram karena tidak semua MLM sama. Pahami bahwa MLM pun ada yang halal dan ada juga yang haram. Diantara kehebatan sistem MLM, ternyata banyak kelemahan pada sistem yang sudah ada. Baik melalui produk, maupun marketing plan. Beberapa kelemahan MLM diantaranya adalah:
 
1. Uang pendaftaran tidak wajar/tinggi
 
2. Harga produk mahal/tidak umum jika dibandingkan dengan produk serupa dipasaran
 
3. Tutup point untuk produk yang tidak terlalu dibutuhkan.
 
4. Persyaratan pencairan bonus berat, seperti keseimbangan level
 
Halal  tau Haramnya suatu bisnis MLM dapat dengan mudah kita ketahui dari sistem yang diterapkan. Silahkan Anda pelajari marketing plan MLM tersebut, akhir-akhir ini banyak masyarakat muslim yang menanyakan hukum melakukan transaksi jual-beli dengan system MLM (Multi Level Marketing) ini. Meski demikian juga tidak semua bisnis MLM itu halal. Seperti semua skema Piramida yang lain, hanya ada sekitar 10% Halal atau Haram. Bisnis yang menggunakan multi level marketing ini memang diterapkan di hampir semua bisnis, apalagi bisnis online yang selalu menerapkan affiliate juga namun tidak semua MLM sama.
Semoga Bermanfaat!.
 
 
 
Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs