Cara Membebaskan Sumber Daya Yang Diblokir ~ PLAZA ONLY
close

Friday, August 28, 2015

Cara mengatasi sumber daya yang diblokir pada akun Google Webmaster-Membebaskan artikel yang masuk ke Blocked Resources pada akun Google Webmaster sangat penting. Menurut pengalaman pribadi Saya, ketika akun Google Webmaster kita ada laporan beberapa artikel sumber dayanya diblokir (Blocked Resources) maka view blog akan menurun. Karena artikel yang sudah masuk ke daftar "sumber daya yang diblokir" pada akun Google Webmaster akan sulit terindeks di mesin pencari Google.
 
Cara Membebaskan Sumber Daya Yang Diblokir
 
Lalu bagaimana cara mengatasi sumber daya yang diblokir (Blocked Resources) pada akun Google Webmaster kita?. Sebelum kita bahas ke cara mengatasi sumber daya yang diblokir pada akun Google Webmaster, Saya mau menjelaskan dulu penyebab sumber daya yang diblokir terlebih dahulu. "Sebuah gambar bisa bernilai seribu kata". Ini bisa sangat benar, ketika membuat gambar di artikel, gambar yang kita masukkan bisa menggambarkan maksud dari artikel kita. Karena itulah sangat disarankan memberikan sebuah gambar pada artikel. Namun yang menjadi masalah, ketika kita memberikan gambar pada artikel. Googlebot tidak dapat mengindeks kembali artikel kita, setelah beberapa lama artikel tayang kemudian Googlebot menemukan kesalahan sehingga membuat laporan "sumber daya diblokir" pada akun Google Webmaster Anda seperti gambar di bawah ini.
 
Cara Membebaskan Sumber Daya Yang Diblokir
 
Penyebab sumber daya diblokir ini karena salah satu sistem operasi membaca file artikel Anda seperti JavaScript, CSS, dan gambar. Googlebot kemudian memberitahu dari mana Anda mengambil sumbernya. Ketika sistem operasi membaca dan menemukan file yang berasal dari luar situs Anda maka akan muncul laporan di akun webmaster pada "sumber daya diblokir". Untuk itu ketika Anda membuat gambar di blog perlu mempertimbangkan beberapa panduan untuk mengupload gambar ke artikel Anda. 
 
Gambar dalam sebuah artikel memang bermanfaat bagi orang lain, karena dengan gambar bisa memberikan seribu kata, namun hal ini bisa merusak artikel jika kita melakukannya dengan tidak benar. Berikut panduan membuat gambar yang benar pada artikel blog/website
 
1. Gunakan "Print Screen" tombol (PRTSC) pada keyboard Anda. Jangan menggunakan kamera. Karena pada netbook Chrome, ini akan menjadi Ctrl - F5. Pada sistem operasi berbasis Windows menjadi  Alt-Print Screen. Namun pada komputer mobile, Anda harus berkonsultasi dengan pemilik panduan. Disinilah sumber daya di blokir karena mobile membaca gambar yang diupload adalah milik orang lain.
 
2. Gunakan aksesori Windows seperti MSPaint atau Snipping Tool. Jangan gunakan pihak ketiga seperti Lighshot atau VVcap dan yang lainnya.
 
3. Gunakan format gambar ".Png" (lebih disukai), atau ".Jpg (kurang disukai)".
 
4. Jangan gunakan ".Bmp", ".Doc", ".Docx", ".Gif", ".Htm", ".Pdf", ".Ppt", ".Rtf", ".Tif", atau lainnya format dokumen/multimedia!.
 
5. Jangan link ke layanan hosting eksternal, menggunakan URL ajaib atau misterius.
 
Karena gambar pada halaman blog/website memang dapat membuat cantik dan fungsional. Namun jika sumber daya ini diblokir maka Googlebot tidak dapat menggunakannya ketika merender halaman tersebut di mesin pencarian Google. Karena beberapa sumber daya akan dihosting di situs Anda sendiri dan beberapa akan dihosting di situs lain.  Selain gambar, iklan yang dipasang diblog/website juga bisa mengakibatkan Blocked Resource. Maka berhati-hatilah memasang scrip iklan. Gunakan iklan yang terpercaya saja. Karena jika situs penyedia iklan Blocked Resource maka blog/website Anda akan bernampak juga. 
 
Itulah beberapa penyebab sumber daya diblokir. Untuk membantu Anda menemukan dan mengatasi masalah ini. Dan Anda ingin membuka semua sumber daya yang diblokir, berikut adalah garis besar cara mengevaluasi dan mengurangi daftar sumber daya yang diblokir. Ikuti langkah-langkah cara membebaskan sumber daya yang blokir pada akun Google Webmaster berikut ini. 
 
1. Buka akun Google Webmaster Anda klik Tools -> Blocked Resource (sumber daya diblokir)
 
2. Klik laman yang diblokir kemudian lihat host yang memblokirnya. 
~ Jika gambar yang Anda upload pada artikel yang memblokirnya. Maka perbaiki gambar tersebut seperti yang sudah dijelaskan di atas. Perbaiki artikel Anda sehingga Google dapat kembali mengindeks konten atau artikel Anda dengan baik. 
~ Jika sumber daya yang diblokir dari situs iklan yang Anda pasang. Klik untuk melihat daftar laman Anda yang menggunakannya. Klik laman apa pun dalam daftar dan ikuti petunjuk untuk melihat perbedaan dan memperbarui file robots.txt yang memblokir. 
 
3. Setelah artikel sudah Anda perbaiki selanjutnya klik "Ambil" dan "Ambil dan Render" pada akun webmaster. Perbedaan Ambil dan Ambil dan Render :
~ Ambil: Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda dan menampilkan tanggapan HTTP. Tidak meminta atau menjalankan sumber daya apa pun yang dikaitkan (misalnya gambar atau skrip) di laman. Ini merupakan operasi yang relatif cepat yang dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan atau debug konektivitas jaringan yang dicurigai atau masalah keamanan dengan situs Anda, serta melihat apakah permintaan berhasil atau gagal. Ketika Anda menggunakan Ambil sebagai Google. Disana akan tertera hasilnya apakah selesai, tidak ditemukan (parsial) atau dialihkan.
  • Selesai: Google berhasil menghubungi situs dan merayapi laman Anda, serta dapat memperoleh semua sumber daya yang dirujuk oleh laman. 
  • Parsial: Google mendapat tanggapan dari situs Anda dan mengambil URL-nya, namun tidak dapat memperoleh semua sumber daya yang dirujuk oleh laman karena diblokir oleh file robots.txt. Jika ini hanya pengambilan, lakukan pengambilan dan perenderan. Periksa laman yang dirender untuk melihat apakah ada sumber daya signifikan yang diblokir yang dapat mencegah Google menganalisis arti laman dengan semestinya. Jika sumber daya yang signifikan diblokir, bebaskan sumber daya di file robots.txt yang Anda miliki.
  • Dialihkan: Server menanggapi dengan pengalihan. Alat Ambil sebagai Google tidak mengikuti pengalihan. Meskipun perayap Google aktual mengikuti pengalihan, alat Ambil sebagai Google tidak akan mengikutinya. Anda harus mengikuti pengalihan secara manual.
~ Ambil dan render: Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda, menampilkan tanggapan HTTP, serta merender laman sesuai dengan platform yang ditentukan (desktop atau ponsel cerdas). Operasi ini meminta dan menjalankan semua sumber daya di laman (misalnya gambar atau skrip). Gunakan operasi ini untuk mendeteksi perbandingan visual antara cara Googlebot melihat laman Anda dan cara pengguna melihat laman Anda.

4. Setelah Anda melakukan Ambil dan Ambil dan Render pada akun webmaster untuk perubahan memverifikasi bahwa saat ini sumber daya pada artikel Anda sudah legal. Silahkan tunggu Google untuk merayapi ulang dan mungkin mengindeks ulang laman yang sumber dayanya diblokir. Menurut pengalaman Saya, jika Anda berhasil membebaskannya maka butuh waktu 2x24 jam Google membebaskan artikel yang sumber dayanya diblokir.
 
5. Jika Anda tidak berhasil membebaskan artikel Anda dari sumber daya yang diblokir pada akun Google Webmaster dalam kurun waktu 2x24 jam silahkan kirim ulang URL artikel Anda ke Google Webmaster. 

Demikian cara membebaskan sumber daya yang diblokir. Semoga Anda berhasil!. Namun jika semua cara sudah Anda lakukan untuk membebas artikel dari sumber dari yang diblokir, tapi tetap tidak berhasil. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dukungan webmaster disini. Awalnya Saya sempat malas update artikel karena view blog terus berkurang. Sempat tanya teman Facebook yang sudah lama ngeblog, malah dia bilang itu tidak masalah. Namun Saya tetap penasaran cara mengatasi sumber daya yang diblokir pada akun Webmaster Saya. Akhirnya Saya menemukan group dukungan webmaster. Sekarang akun Webmaster Saya selalu bersih setiap hari. Dan semoga artikel ini menjadi bermanfaat buat yang lain.
 
 
 
Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

23 comments :

  1. makasih gan infonya blog ane juga sama makanya saya mampir kesini di mau di coba gan thanks ya .... salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan..,
      Selamat mencoba!
      Sukses selalu buat para blogger.

      Delete
  2. punyaku ada 90 sumber daya yang diblokir , itu semua dari iklan gan , apakah gak apa-apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada sumber daya yang diblokir pada akun webmaster akan menganggu pengindeksan laman web. Jika ingin pengindeksan web sempurna maka kita harus mengatasi apa yang menggangu disana gan.

      Lepasin aja dulu iklannya gan, kemudian klik "ambil dan render" kemudian "ambil" pada menu ambil sebaga google.

      Jika sudah berhasil, baru de pasang lagi tu iklan jika emang iklanya masih layak dipasang.

      Delete
    2. admin , kenapa punyaku beda ? mohon bimbing saya . saya masih kebingungan . apakah anda punya fb ? ini facebook saya
      mohon inbox saya https://m.facebook.com/koemboeng/?ref=bookmarks terima kasih

      Delete
  3. Google belum memproses situs Anda. Pastikan Anda memeriksa semua varian situs. Kalau Pas Di Cek Begini kayak mana tuh min

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik "Ambil sebagai Google" di akun google master gan, trus klik ambil dan render-Ambil. Sampai laporannya seperti ini "status-selesai-URL telah dikirm ke indeks"

      Delete
  4. Admin saya mohon bantu saya , hubungi saya di akun fb yang sudah saya kirim ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini saja kita bahas gan, siapa tahu teman blogger lain ada yang punya masalah yang sama. Tujuan saya buat artikel ini iya buat bantu ko gan, jadi saya pasti bantu ko. Karna dulu di google gk ada yang bahas masalah ini, gk ada yg mau share. Ampe saya kocar-kacir ke forum-forum cari cara mengatasi masalah ini. Hingga dulu artikel ini nangkring di no.1 sampai pernah masuk nominasi top di blog ini. hehehe... (ternyata banyak juga yang cari). Tapi skrg saya lihat sudah ada beberapa yg buat di google.

      Jadi mari kita bahas masalah agan disini saja, siapa tahu teman yg lain punya masalah yang sama juga.

      Seperti yg saya bilang kemarin, agan copot dulu itu iklan di blog agan, kemudian baru agan atasi di akun master. Karna artikel yg diblokir sudah banyak diblog agan ampe 90 an. Tips saya biar itu tuntas, coba minimal sehari 10, biar gk terasa capeknya gan klak-klik klak-klik.
      Saya ngerti ko gimana capeknya itu..karna saya dulu nuntaskan 63 artikel. hehee...
      tapi bisa ko, asal tekun aja klik Ambil sebagai google kemudian ambil dan render serta ambil. Google tidak langsung memprosnya, tunggu 48 jam atau 2 hari, maka google akan melepas tentunya jika tidak ada masalah lagi. Jadi besoknya agan lakukan hal yg sama hari ini, pada artikel yang belum agan proses "klik Ambil sebagai google" di master. Begitu seterusnya gan, ampe semuanya tuntas. Harus sabar mengatasinya itu, apalagi sudah banyak ampe 90 an... (@@)

      Delete
  5. Replies
    1. pusing kenapa gan?, jangan pusing donk...bawa santai aja ngerjainnya PLUS sabar (@^@)

      Delete
  6. tanks n terimakasih ganbermanfaat,di coba dulu

    ReplyDelete
  7. Anda pakai bidvertiser ya gan?? hati hati kena tindakan manual spt blog sya loh.. kena pinalti google langsung ilang dari pencarian google. mau cari judul blognya langsung pun tak ada. serius

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya make.., terimakasih uda diingatkan.
      Tapi sejauh ini saya aman-aman aja makenya.

      Delete
  8. Terima kasih banyak pak infonya.. sangat membantu bagi saya yang baru belajar..
    Semoga sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke. sama-sama...
      Amin!
      smoga kita smua sukses.

      Delete
  9. Replies
    1. syukurlah...(@@)
      smoga sumber daya yang diblokir di situs mbk dapat diatasi iya.

      Delete
  10. Gan, klw yg diblokirnya ribuan gmn ya ? coz klw dirender satu2 repot juga ya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ko bisa sampe ribuan gan?. Setahu aku cara melepaskan sumber daya yang di blokir itu iya harus di render gan, kecuali sumber daya agan semisal gambar emang salah iya harus diganti. Mau tidak mau harus di edit ulang artikelnya (lebih repot yg ini gan. Klw cuman merender satu2 gk lah..

      Delete

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs