Cara Mengatasi Komputer Laptop Lambat ~ PLAZA ONLY
close

Tuesday, September 1, 2015

Cara mengatasi komputer laptop lambat, lemot dan lelet dengan mencari tahu penyebab komputer laptop lambat dan lemot. Untuk mengatasi laptop yang lemot pada windows 7 atau windows lainnya hampir sama cara mengatasinya. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan agar komputer atau laptop menjadi tidak lambat. Dari cara yang rumit hingga cara yang termudah. Pada postingan artikel ini akan Saya sampaikan cara yang menurut Saya mudah untuk mengatasi komputer agar tidak lambat, lemot dan lelet lagi.

Cara Mengatasi Komputer Laptop Lambat

Mencari tahu penyebab komputer laptop lambat dan lemot adalah salah satu cara mengatasi komputer laptop lambat. Komputer laptop menjadi lambat dan lemot dapat disebabkan oleh sampah registry yang terlalu banyak di folder komputer laptop Anda. Permasalahan komputer laptop yang lambat dalam bekerja memang seringkali merugikan kita. Untuk mengatasi kinerja komputer laptop yang semakin lama semakin lambat saja maka diperlukan analisa dari kita sebagai pengguna. Apakah Anda sudah lama tidah menghapus sampah registry di folder Recent Places?. Apakah Anda akhir-akhir ini menginstall banyak program aplikasi, dll.

Banyak faktor yang menyebabkan komputer laptop menjadi lambat dan lemot. Cara mengatasinya kenali penyebab komputer laptop Anda menjadi lambat dan lemot. Untuk dapat meningkatkan kecepatan komputer laptop Anda menjadi cepat kembali seperti sedia kala. Maka hal yang perlu dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Bagaimana mencari tahu penyebab komputer laptop lambat dan cara mengatasi komputer lambat?. Artikel ini dapat membantu Anda untuk mencari tahu penyebab komputer laptop lambat. Berikut beberapa penyebab komputer laptop lambat dan cara mengatasinya berdasarkan penyebab yang menimbulkan komputer laptop lambat:

1. Sistem Registry
Pada intinya adalah semakin banyak software-software yang Anda install dalam komputer laptop maka semakin bertambah pula sistem registry baru yang tersimpan dan bekerja dalam komputer Anda.
Cara Mengatasinya :
Hapus atau unistall software yang tidak penting di komputer Anda dengan benar. Gunakan software RevoUnistal untuk  mengunistal software pada Komputer Anda. Sering install lalu uninstall dengan cara biasa juga akan berpengaruh pada kinerja komputer karena software yang Anda hapus tidak benar-benar bersih terhapus. Untuk itu jangan menghapus software dari "Control Panel" tapi gunakanlah alat bantu software namanya "RevoUnistal" silahkan Download disini softwarenya. Setelah Anda install seperti biasa silahkan install di komputer Anda kemudian gunakan software ini untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuh di komputer Anda. Supaya aplikasi/software yang Anda hapus benar-benar bersih terhapus.

2. Ruang Harddisk
Usahakan memberikan ruang kosong yang cukup pada hardisk Anda, jangan terlalu penuh. 
Cara Mengatasinya :
Hapus file yang tidak penting dari komputer Anda. Kadangkala Kita  sering menginstall banyak modul untuk melakukan tugas terutama seorang mahasiswa atau siapapun yang banyak aktifitasnya di komputer. Aplikasi tersebut menjadi menumpuk meskipun tidak sering digunakan atau bahkan tidak digunakan lagi namun lupa menghapusnya. Silahkan un-install program/aplikasi yang hanya menjadi accesories di komputer Anda.

3. Antivirus
Jelas sekali kehadiran antivirus akan sangat membuat komputer kita berjalan sangat berat, maka hal yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menyesuaikan spesifikasi komputer dengan antivirus yang digunakan (prosessor, memori, dll).
Cara Mengatasinya :
Hapus antivirus yang kaladuarsa, biasanya antivirus hanya bisa digunakan satu kali pemakain untuk satu versi. Misal, saat ini Anda menggunak antivirus Smadav versi terbaru 10.7 jika sudah digunakan sebaiknya dihapus saja. Jika ingin menggunakan lagi, download saja dengan versi terbarunya 10.8 begitu seterusnya.

4. Program atau Aplikasi
Program/aplikasi yang dijalankan saat komputer hidup terlalu banyak. Banyak software yang terinstall mulai bekerja saat komputer mulai berjalan (startup).
Cara Mengatasinya :
Periksa program/aplikasi yang memakan memori cukup banyak. Untuk mengeceknya bisa melalui "Task Manager". Tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan maka akan muncul menu "Start Task Manager" kemudian klik “Process” Melalui task manager maka akan terlihat aplikasi yang menggunakan memori komputer Anda. Silahkan Anda tutup (close) process program yang tidak dibutuhkan. Agar konsumsi memori lebih berkurang dan komputer akan menjadi lebih cepat. Matikan sistem auto startup pada software yang ada pada komputer Anda.

5. Memori RAM
Memori RAM tentu sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya komputer.
Cara Mengatasinya :
Sesuaikan memori dengan kebutuhan Anda. Jika ingin menyimpan banyak file sebaiknya menggunakan memori RAM setidaknya 1 Gb untuk Windows XP dan 2 Gb untuk Windows 7. Jika memori komputer Anda kecil maka berhematlah untuk menyimpan file yang penting saja. Jika spesifikasi komputer Anda layak, gunakan antivirus yang memadai pula, pada intinya antivirus sangat memberatkan, namun jika komputer Anda layak maka efeknya tidak seberapa.

Inilah beberapa penyebab komputer laptop Anda menjadi lambat dan lemot. Dan cara mengatasinya lumayan membantu Anda untuk mengatasi komputer laptop yang lemot. Intinya sebelum mengatasi, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebabkan komputer laptop Anda menjadi lambat. Sehinga Anda mudah mengatasinya. Demikian cara mengatasi komputer laptop yang lambat, semoga bisa membantu Anda untuk mempercepat komputer laptop yang lambat.
Sumber : Pusat Teknologi





Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs