Penyebab Domain Blogspot.com Beralih ke Blogspot.co.id ~ PLAZA ONLY
close

Saturday, September 19, 2015

Penyebab domain Blogspot.com beralih ke Blogspot.co.id-Domain blogspot.com telah berubah menjadi blogspot.co.id. Awalnya Saya sempat bingung karena blog Saya ini di redirect ke domain blogspot.co.id. Saya pikir hanya blog Saya yang dialihkan ternyata dapat info di group blogger ternyata semua mengalami hal ini. Penyebab domain Blogspot.com beralih ke Blogspot.co.id akan kita bahas pada artikel kali ini.

Penyebab Domain Blogspot.com Beralih ke Blogspot.co.id

Kenapa domain blogspot.com beralih atau menjadi blogspot.co.id?. Perubahan blogspot.com ini hanya untuk mengakomodir bahwasanya blogger tidak boleh melanggar kebijakan negara lain. Sehingga blogger mengubah nama domain blogspot.com menjadi spesifik domain (TDLc) untuk setiap negara. Misalnya blogspot dibuka di Jerman, maka maka akan melihat blogspot sebagai subdomain.blogspot.de, sedangkan orang di Amerika akan tetap melihatnya sebagai subdomain.blogspot.com. Untuk Indonesia, jika sebelumnya domain blogspot.com maka akan di redirect ke blogspot.co.id.
 
Apa alasan Google mengalihkan/meredirect blogspot.com ke blogspot.co.id. Alasannya adalah terkait kebijakan Google tentang "Free expression and controversial content on the web". Google sangat mendukung kebebasan berekspresi dalam segala sesuatu yang kita lakukan, termasuk content web, video dan lainnya. Tapi Google juga paham bahwa kebebasan berekspresi tidak bisa dan tidak boleh tanpa batas. 
 
Alasan lainnya Google melakukan pengalihan domain spesifik untuk setiap negara adalah untuk mengantisipasi hukum IT yang berlaku di setiap negara. Dengan kata lain, seandainya blog yang Anda buat melanggar hukum di suatu negara, maka blogspot Anda tidak dapat diakses atau dihapus dari negara tersebut, namun masih bisa dibuka di negara lain. Saat ini negara-negara di Eropa telah menerapkan kebijakan pemberitahuan penggunaan cokie pada setiap situs. 
 
Namun Google mengalami kesulitan untuk menentukan mana content yang boleh dimuat dan mana content yang tidak boleh dimuat. Mana yang harus di ban dan mana yang tidak harus di ban. Ini terjadi karena hukum disetiap negara berbeda-beda, belum lagi norma-norma dan budaya disetiap negara yang sudah pasti berbeda-beda pula. Belum lagi ada lebih dari 100 negara yang saat ini dilayani Google. 
 
Jadi dengan berubahnya blogspot.com ke blogspot.co.id Google tidak lagi menjadi "wasit" untuk dapat menentukan apakah sebuah content boleh muncul atau tidak di web, tentu saja kewenangan pemerintah akan mulai berlaku disini. Jadi ketika Google menerima permintaan untuk menghapus konten yang melanggar hukum setempat, konten tersebut mungkin tidak lagi tersedia bagi pembaca pada domain lokal tempat hukum tersebut berlaku.
 
Domain khusus negara bukanlah alamat blog yang berbeda, melainkan pengalihan domain berdasarkan negara tempat Anda berada saat ini. Oleh karena itu mengalihkan atau meredirect blogspot.com ke blogspot.co.id adalah langkah tepat untuk dapat melindungi user sekaligus memudahkan Google dalam mereview/mengelola content-content yang tersedia.
 
Pada bulan September 2015 ini banyak perubahan yang dilakukan oleh Google. Setelah mengganti logo Google yang baru, ada banyak perubahan dilayanannya, salah satunya adalah telah mengubah subdomain blogspot.com menjadi blogspot.co.id untuk negara Indonesia. Perubahan selalu menghasilkan dua hal berbeda dalam waktu yang bersamaan. Bagi bloger lama, hal ini bisa jadi masalah. Karena perubahan tersebut maka semua artikel kita, tidak bisa ditemukan di mesin pencarian. Bahkan iklan Google Adsense tidak muncul di domain baru Blogspot co id ini. Namun untuk mengatasinya, kita bisa mengubahnya tetap terlihat sebagai blogspot.com.
 
Bagaimana cara agar Blog tidak dialihkan atau diredirect ke blogspot.co.id?. Ada dua cara supaya blogspot.com tidak di redirect ke blogspot co.id. Silahkan Anda pilih salah satu cara di bawah ini.
 
1. Cara pertama, pastekan kode di bawah ini tepat di bawah <head> atau di atas </head>
<script type="text/javascript">
      var blog = document.location.hostname.split(".");
      if (blog[blog.length - 1] != "com") {
        var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
        window.location.replace(ncr + document.location.pathname);  
      }
</script>
 
2. Cara kedua, bisa dengan cara mengetikkan URL di bawah ini di address bar Anda:
http://subdomain.blogspot.com/ncr
Keterangan:
ncr adalah singkatan dari “No Country Redirect“.
http://[namablog].blogspot.com/ncr 
(untuk seluruh blog)
 
http://[namablog].blogspot.com/ncr/examplepage 
(untuk pos tunggal). 
ex: http://subdomain.blogspot.com/ncr/tahun/bulan/judul-artikel-anda.html.
 
Silahkan Anda pilih cara yang mana untuk mengubah domain blogspot.co.id tetap menjadi domain blogspot.com. Saya sendiri menggunakan cara pertama karena lebih mudah dan praktis. Dan cara ini bisa diterapkan untuk blog lama maupun blog baru Anda.
Selamat Mencoba!.
 
 
 
Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

2 comments :

  1. Menyalahi aturan ga gan pake dua cara itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'gak ko gan, kita kan tidak melanggar.
      cuman ingin tetap pakai domain dot com aja tu (plazaonly.blogspot.com), biar enak nyebut domain blog kita, krn sudah terbiasa dengan dot com bukan dot co dot id (plazaonly.blogspot.co.id)

      Delete

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs