Cara Membuat Sitelinks atau Tautsitus Website di Google Webmaster ~ PLAZA ONLY
close

Monday, February 15, 2016

Cara membuat Sitelinks (Tautsitus) Website di Google Webmaster - Bagaimana cara membuat/mendapatkan Sitelinks Blog di hasil pencarian Google?. Google Webmaster memfasilitasi Kita untuk membuat dan mendapatkan "Sitelinks" website kita di mesin telusuri hasil pencarian Google. Sebenarnya Sitelink ini yang membuat Google, bukan kita. Google akan memberikan Sitelink bagi blog yang dianggap memiliki peringkat tertentu. Namun demikian Kita dapat membuat Sitelinks secara manual dari akun Google Webmaster agar blog lebih menarik dan lebih menyenangkan.

Cara Membuat Sitelinks atau Tautsitus Website di Google Webmaster

Untuk membuat Sitelinks atau Tautsitus Blog/Website secara manual di Google Webmaster sangatlah mudah untuk mendapatkannya. Sebenarnya Kita tidak perlu mengetahui bagaimana cara membuat Sitelinks pada Website atau Blog Kita melalui Google Webmaster. Karena Sitelinks akan terbentuk secara otomatis jika situs kita sudah memiliki banyak artikel yang paling sering dikunjung melalui Google search Engine dengan keyword tertentu.  Namun jika Anda ingin membuatnya secara manual, boleh-boleh saja. Karena dengan menggunakan Sitelink, blog Anda akan terlihat lebih elegan dan lebih dipercayai Google. Cara membuat Sitelinks di Google Webmaster merupakan cara untuk membuat daftar link yang berada di bawah situs utama di Google Search Engine atau mesin pencari Google seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Sitelinks atau Tautsitus Website di Google Webmaster

Sebenarnya apa itu Sitelink (Taut Situs)?. Dan bagaimana cara membuat dan mendapatkan Sitelink. Dari gambar di atas Anda tentu sudah paham apa itu "Sitelink". Sitelink yaitu susunan dari beberapa daftar link yang dihasilkan secara otomatis untuk situs utama di mesin pencari Google. Ketika Blog atau Website Kita sudah memiliki umur yang cukup (Biasanya minimal 6 Bulan), sesuai dengan standard mutu Blog dikatakan serius dalam mengelola Blog atau situs, maka otomatis Google akan memberikan Sitelinks pada Blog Anda. Ketika Blog atau situs Kita mendapatkan Sitelinks secara natural dari Google Search Engine, maka itu lebih baik dari pada membuatnya manual sehingga Anda tidak perlu bertanya lagi bagaimana cara membuat Sitelinks pada blog di Google Webmaster.

Namun jika Anda ingin tetap membuat Sitelinks secara manual. Maka cara membuat Sitelinks Website Blog di hasil pencarian Google akan Saya bagikan untuk Anda. Cara membuat Sitelinks di Google Webmaster secara manual, silahkan Anda ikuti panduan membuat Sitelinks di Google Webmaster agar relevan. Ikuti panduan berikut ini dengan baik dan benar, maka pada kurun waktu tertentu, biasanya akan di aplikasikan pada 1 bulan berikutnya dan terkadang juga lebih lama dari itu untuk melihat hasil dari cara membuat Sitelinks di Google Webmaster, tergantung struktur Blog atau situs Anda, apakah mengizinkan Google Webmaster untuk membuat Sitelinks atau tidak, dan tergantung juga pada umur dan kualitas Blog atau Website Anda, dan biasanya terjadi ketika keyword utama atau judul Blog Anda diketikan di Google Search Engine, maka situs Anda harus tampil di urutan pertama, karena Sitelink hanya diterapkan pada situs yang keyword utamanya berada pada posisi teratas di hasil penelusuran Google Search Engine.

Cara membuat Sitelinks di Google Webmaster pada artikel ini, Anda akan diajarkan bagaimana cara membuat Sitelinks di Google Webmaster secara manual. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat Sitelinks di Google Webmaster. Agar sesuai dan relevan adalah dengan menghapus Sitelink yang tidak sesuai secara manual untuk membuat sitelinks di situs yang Anda kelola menjadi sesuai dan relevan. Ikuti langkah-langkah cara membuat Sitelink di Google Webmaster berikut ini:
1. Buka akun Google Webmaster Anda untuk membuat Sitelinks.

2. Tambahkan situs Anda bila belum Anda tambahkan di Google Webmaster, namun jika Anda sudah menambahkan situs yang Anda miliki ke Google Webmaster , Anda cukup meng-klik pada URL situs tersebut.

3. Lalu pilih menu "Search Appearance" atau "Tampilan Penelusuran" klik "Sitelinks" atau "Tautsitus". 

4. Pada bagian "For this search result" atau "Untuk hasil penelusuran ini". Biarkan kosong atau apa adanya, karena ini akan menjadi situs utama atau link situs yang berada di paling atas (Situs utama, dan bila Anda menggunakan Website yang situs utama memiliki atau terletak pada "index.html", maka Anda bisa menambahkan "index.html" atau File Daskboard situs Anda yang lain) dibagian ini. 

5. Sedangkan bagian "Demote this sitelinks URL" atau "Demosikan URL tautan situs" Silahkan Anda menghapus Sitelink yang tidak sesuai atau tidak relevan. Jika situs Anda belum mempunya Sitelinks, disinilah Anda dapat membuat Sitelinks untuk situs yang Anda kelolah secara manual. Silahkan isi dengan URL situs yang akan dibuat daftar link di bawah situs Utama (Sitelinks). Anda bisa menambahkannya 1-10 daftar Sitelinks yang relevan untuk situs Anda. Usahakan 6 URL pertama adalah URL situs yang menarik, agar orang yang melihatnya tertarik untuk mengunjungi situs milik Anda, karena itulah yang tidak sesuai harus di sembunyikan atau dihapus dari daftar.

Cara membuat Sitelinks di Google Webmaster merupakan cara untuk membuat daftar link yang berada di bawah Situs utama di mesin telusuri Google. Jika cara membuat Sitelinks di Google Webmaster yang Anda lakukan benar dan situs Anda mendukung, maka Anda akan melihat hasilnya ketika keyword utama atau judul Blog Anda di ketik di Google Search Engine. Maka akan menghasilkan struktur atau daftar link yang berada di bawah situs utama di mesin telusuri Google. Sebagai contoh, ketika di ketikan keyword utama "Amazon" maka muncul situs Amazon pada posisi pertama dan memiliki Sitelinks seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Sitelinks atau Tautsitus Website di Google Webmaster

Berapa lama waktu untuk membuat Sitelinks di Google Webmaster diberlakukan?. Membuat Sitelinks agar relevan di Google Webmaster cukup cepat, yaitu 1 menit. Tergantung kemampuan Anda dalam menjalankan dan mengisi bagian-bagian untuk membuat Sitelinks seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sedangkan untuk melihat hasil Sitelink pada situs milik Anda membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan. Namun, jika dalam satu bulan belum terdapat Sitelinks, pastikan beberapa hal di bahwa ini:
~ Ketika judul Blog Anda ketik di Google, posisi situs Anda harus mendapatkan posisi paling atas di halaman pertama Google Search Engine.
~ Pastikan struktur situs Anda mengizinkan Google untuk membaca Sitelinks
~ Pastikan Anda telah membuat Sitelinks secara benar di Google Webmaster
~ Pastikan yang Anda gunakan untuk Sitelinks, harus relevan dengan situs Anda.
~ Sabar, karena pada beberapa kasus, hasil pembuatan Sitelinks membutuhkan waktu yang lebih lama (Lebih dari satu bulan).
Google Webmaster Tidak selalu "Get It Right" saat membuat Sitelinks manual di Google Webmaster. Google Webmaster tidak selalu Get it Right atau menghasilkan apa yang Kita atur di Sitelinks manual di Google Webmaster, karena Google memperhitungkan manfaat dan kesesuaian antara Sitelinks dan keyword utama, sehingga pengunjung dapat memperoleh informasi yang dicari secara cepat dan tepat untuk mencapai kepuasan pelanggan atau visitor.

Cara membuat Sitelinks di Google Webmaster, dapat Anda baca referensi membuat Sitelink di situs dukungan Google ini  https://support.google.com/webmasters/answer/47334?hl=id. Apa alasan Google membuat Sitelinks dan apa manfaat Sitelinks. Google memberikan fasilitas sitelinks bertujuan untuk menghemat waktu user untuk menemukan informasi yang mereka cari. Lalu, manfaat Sitelinks adalah selain menampilkan informasi yang diinginkan user dari situs Kita, juga menambahkan perasaan dan pemikiran seseorang tentang situs yang Kita kelola sehingga tampak lebih professional. Tetapi sebelum membuat Sitelinks secara manual, Anda harus mengaktifkan dulu fungsi Google Webmaster Tools.

Lalu bagaimana cara membuat Sitelinks secara otomatis. Membuat Sitelinks pada Search Engine Google secara otomatis tidak dapat Kita lakukan karena Sitelink akan terbentuk secara otomatis bagi situs yang berkualitas. Kita hanya dapat mengusahakan situs Kita menjadi berkualitas agar memiliki Sitelinks secara otomatis di mesin telusuri Google. Berikut beberapa cara mendapatkan Sitelinks secara otomatis di Search Engine Google:
~ Pastikan situs Anda memiliki struktur yang mengizinkan membaca tautan situs atau Sitelink.  
~ Buatlah artikel yang saling terkait dan memiliki ALT dan Title (Pada gambar dengan judul yang informatif dan pendek) dan hindari penggunaan kata pengulangan yang berlebihan. 
~ Submit Sitemap ke Google Webmaster 
~ Buatlah text tautan atau link berupa Title yang informatif, pendek dan relefan.

Cara membuat Sitelinks (Tautsitus) di Google Webmaster adalah cara membuat daftar link yang berada di bawah situs utama di Google Search Engine. Walaupun sebenarnya Kita tidak memerlukan untuk mengetahui bagaimana cara membuat Sitelinks pada situs melalui Google Webmaster. Karena Sitelinks akan terbentuk secara otomatis jika situs Kita sudah memiliki banyak artikel yang paling sering dikunjung melalui Google search Engine dengan Keyword tertentu. Ketika Blog atau Website Kita sudah memiliki umur yang cukup dan dianggap bermutu oleh Google, maka otomatis Google akan memberikan Sitelinks pada situs Anda.

Demikian cara membuat Sitelinks (Tautsitus) di Google Webmaster. Semoga Anda berhasil mengatur Sitelinks untuk situs yang Anda kelolah sehingga menjadi relevan. Namun, jika Sitelink untuk situs Anda tidak lagi relevan, maka Anda bisa menghapus Sitelink yang tidak sesuai.  Anda dapat mengatur Sitelinks (Tautsitus) secara manual di akun Google Webmaster. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!.
Selamat Mencoba!.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

4 comments :

  1. Replies
    1. makasih gan.
      semoga cara membuat sitelinks atau tautsitus di atas bisa membantu.

      Delete
  2. Biasany berapa lama gan bisa muncul dipencarian.. Untuk blog ini sendiri berapa lama??

    ReplyDelete
    Replies
    1. membuat sitelinks kurang lebih 1 bulan gan..,

      Delete

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs