Cara Mengetahui Makanan Bakso Mengandung Boraks dan Formalin ~ PLAZA ONLY
close

Thursday, February 25, 2016

Cara mengetahui makanan bakso mengandung boraks dan formalin. Cara mengetes bakso mengandung boraks dan formalin. Bagi Anda yang gemar membeli makanan seperti bakso dan tahu, kini perlu Anda ketahui apakah bakso dan tahu yang Anda makan aman dari boraks dan formalin. Karena belakangan ini sedang marak bakso mengandung boraks dan bakso mengandung formalin. Maka dari itu, sekarang Kita harus lebih pintar dan berhati-hati mengenali makanan seperti bakso dan tahu. Mana makanan yang mengandung boraks dan formalin. Bagaimana cara Kita untuk mengetahui apakah makanan bakso atau tahu mengandung boraks dan formalin atau tidak?.

Cara Mengetahui Makanan Bakso Mengandung Boraks dan Formalin

Cara mengetahui bakso mengandung boraks dan formalin sangat mudah. Cara mengetahui bakso mengandung boraks akan Saya coba share untuk Anda yang gemar makan bakso. Namun sebelumnya Anda harus tahu apa itu boraks dan formalin?. Boraks merupakan bahan kimia yang banyak dipergunakan untuk industri kertas, pengawet kayu, pengontrol kecoa dan industri keramik. Formalin yang disebut juga formaldehida merupakan bahan kimia yang biasa dipakai untuk membasmi bakteri atau berfungsi sebagai disinfektan. Digunakan sebagai pengawet spesimen jaringan atau mayat. Formalin sebenarnya di gunakan untuk pengawet mayat sebelum mayat tersebut di kubur. 

Apa itu boraks?. Ternyata Bleng = Boraks. Bleng (dari bahasa Jawa). Boraks merupakan garam natrium yang banyak digunakan di berbagai industri nonpangan, khususnya industri kertas, gelas, pengawet kayu. Kalau orang mendengar kata “boraks” di dalam makanannya maka ramai-ramai mereka akan mengatakan “saya tak mau makan makanan ini". Apakah Anda tahu formalin?. Formalin yang disebut juga formaldehida (juga disebut metanal) adalah larutan atau senyawa yang tidak berwarna dan sangat mudah larut dalam air, yang memiliki bau sangat menusuk. Di dalam formalin terkandung sekitar 37 persen formaldehida dalam air. Formalin dan boraks adalah zat yang sering digunakan sebagai pengawet makanan. Formalin dapat menyebabkan sakit perut, pusing, muntah, dan yang lebih parah lagi dapat menyebabkan kematian. Bahaya boraks jika terhirup, mengenai kulit dan tertelan bisa menyebabkan iritasi saluran pernafasan, iritasi kulit, iritasi mata dan kerusakan ginjal. 

Cara mengetes bakso mengandung boraks dan formalin pada jaman dulu hanya bisa dilakukan oleh peneliti, masyarakat umum sulit melakukannya. Boraks dan formalin memang sangat terkenal dikalangan penjual makanan seperti bakso dan tahu. Banyak para penjual makanan yang mencampurkan boraks atau formalin ke dalam makanan yang akan mereka jual. Formalin dari jaman dulu sering digunakan para penjual makanan untuk mengawetkan makanan, seperti bakso, tahu, mi basah, ikan dan daging ayam. Namun akhir-akhir ini mereka menggunakan boraks. Ketika sedang menonton televisi tanpa sengaja Saya menonton berita mengenai makanan yang di campur dengan boraks. 

Cara Mengetahui Makanan Bakso Mengandung Boraks dan Formalin

Maraknya kabar yang beredar tentang makanan seperti bakso, mie yang mengandung boraks tentu membuat setiap orang berfikir sebelum makan. Bagaimana cara mengenali ciri-ciri makanan yang mengandung formalin, boraks, atau bahan pewarna tekstil tersebut. Boraks biasanya dipakai dalam makanan seperti mie, bakso, lontong, kerupuk, dan lainnya. Makanan yang dijual bebas sering mengandung bahan berbahaya seperi boraks dan formalin. Sekilas, makanan ini terlihat sama saja seperti makanan lain yang tidak dicampur dengan bahan pengawet lainnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa bahan pengawet, makanan tidak akan tahan lama. 

Namun tahukah Anda bahaya dari penggunaan boraks dan formalin ini?. Boraks dan formalin yang digunakan dalam makan tertentu sangat mengancam kesehatan Kita dari ujung rambut sampai ujung kaki manusia. Boraks adalah senyawa kimia yang merupakan garam Natrium Na2 B4O7 10H2O yang berbentuk serbuk kristal putih dengan karakteristik tidak berbau dan mempunyai sifat yang dapat mengembangkan  serta dapat memberi efek kenyal. Boraks yang dibuat dari campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional, seperti karak dan gendar sangat tidak aman untuk dikonsumsi sebagai makanan dalam dosis berlebihan, tetapi ironisnya para penjual makanan menggunakan boraks untuk memberi efek kenyal. 

Oleh sebab itu Kita perlu tahu cara mengetahui bakso yang mengandung boraks dan formalin. Tidak jarang pengawetan makanan menggunakan formalin atau Boraks. Hal ini tentu akan berbahaya bagi orang yang menkonsumsi makanan tersebut. Borak biasanya dipakai dalam makanan seperti mie, bakso, lontong, kerupuk, dan lainnya. Maka cara Anda untuk mengetahui bakso yang mengandung boraks sangatlah mudah. Berikut caranya:
1. Bagi Anda penggemar bakso, bawalah tusuk gigi dan kunyit masih dalam bentuk umbi ke mana-mana (masukkan dalam kantong plastik simpan dalam tas/dompet).
2. Tusukkan tusuk gigi ke kunyit terlebih dahulu, kemudian tusukkan pada makanan yang akan diuji selama 5 detik, maka akan kelihatan apakah makanan tersebut mengandung boraks atau tidak. Karena kunyit akan bereaksi terhadap bahan kimia.
3. Bila ada kandungan boraksnya, maka tusuk gigi tersebut akan berwarna merah.

Dulu, mengetes bakso mengandung boraks dan formalin hanya bisa dilakukan oleh peneliti, masyarakat umum sulit melakukannya. Namun sekarang dua siswi SMAN 3 Semarang, yang bernama Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila telah menemukan cara mendeteksi boraks cara yang sangat mudah dan praktis, yakni dengan "TUSUK GIGI". Mereka menamakan temuannya dengan SIBODEX (stick of borak detector). Temuan mereka ini berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI), sebuah ajang kompetisi inovasi anak. Jadi mulai sekarang Anda sudah bisa membedakan mana bakso yang mengandung boraks dan mana yang tidak. Dengan cara gunakan tusuk gigi dan kunyit.

Cara Mengetahui Makanan Bakso Mengandung Boraks dan Formalin

Sekarang ini banyak penggunaan bahan-bahan makanan yang mengandung bahan kimia seperti boraks. Banyak contoh pelanggaran telah terjadi di lapangan, sebagai wujud ketidaktahuan akan resiko bahaya yang tersembunyi di balik tindakan tersebut. Mengkonsumsi boraks pada batas normal atau dibawah batas normal bisa mengakibatkan efek toksinitas. Sebagian besar dari Kita telah mengetahui bahaya mengkonsumsi makanan yang tercambur boraks, formalin dan perwarna textil, tetapi masih banyak juga yang belum tahu. Boraks maupun bleng tidak aman untuk dikonsumsi sebagai makanan dalam dosis berlebihan. Formalin adalah penyebab utama kanker. Selain kanker, bahaya formalin pada makanan bagi kesehatan tubuh masih sangat banyak. 

Cara mengetahui makanan bakso yang mengandung boraks dan formalin. Dengan alat sederhana seperti tusuk gigi dan kunyit tanpa melakukan uji laboratorium pun, tidak sulit untuk mengetahui apakah bakso mengandung boraks atau tidak. Sekarang Anda dengan mudah membedakan bakso mana yang mengandung boraks dengan bakso yang asli. Karena bakso yang mengandung boraks sangat berbahaya pada makanan yang dikonsumsi bagi kesehatan tubuh manusia. Mulai sekarang Kita harus lebih pintar dan berhati-hati mengenali bakso yang akan kita makan. Bahaya jika zat pengawet seperti boraks terdapat dalam makanan Kita. Dengan menggunakan "tusuk gigi dan kunyit" sebelum makan bakso maka kita bebas dari boraks. Selamat menikmati bakso bebas dari boraks.
Semoga Bermanfaat!


 
Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs