Cara Melihat Suatu Masalah untuk Mengubahnya Menjadi Peluang ~ PLAZA ONLY
close

Saturday, March 19, 2016

Solusi merubah masalah menjadi peluang-Bagaimana cara melihat suatu masalah menjadi peluang?. Cara mengubah masalah menjadi peluang dengan mengubah pola berpikir Kita "Masalah jadi Peluang". Cara melihat suatu masalah menjadi peluang untuk mengubahnya menjadi peluang menuju kesuksesan, jangan pernah menganggap kegagalan sebagai masalah pribadi. Jika Kita bisa merubah proses berpikir dan cara pandang dan kemudian kita bisa membangun masalah jadi peluang. "Masalah atau menjadi peluang", bergantung pada cara pandang Kita mengubah masalah menjadi peluang.

Cara Melihat Suatu Masalah untuk Mengubahnya Menjadi Peluang

Bagaimana cara mengubah masalah menjadi peluang?. Tentu ada seribu satu cara mengubah masalah jadi peluang. Didalam bisnis, pasti kita akan bertemu dengan masalah. Sehebat apapun Anda merancang dan merencanakan suatu bisnis, maka Anda pasti akan tetap menemukan masalah. Masalah bukanlah hal yang harus Kita hindari, tetapi suatu hal yang harus Kita hadapi. Bagi Saya, sebuah kesulitan menjalankan suatu bisnis adalah sebuah keuntungan, artinya orang lain yang mau ikuti-ikutan bisnis yang Saya jalankan, kebayakan hanya akan putus ditengah jalan karena tidak kuat denga beratnya beban yang harus ditanggung dan dihadapi.

Cara melihat suatu masalah menjadi peluang. Setiap orang di dunia ini. Tak peduli siapapun, pastilah memiliki masalah bahkan mungkin ketika Kita mati pun masih akan mendapatkan masalah. Tapi kalau Kita melihat masalah itu sebagai peluang, Kita akan menemukan caranya untuk menjadikannya peluang. Bahkan sebuah masalah bisa menjadi peluang yang baik jika kita bisa melihat suatu masalah dan mencari solusi untuk masalah tersebut. Dengan menganggap masalah sebagai peluang akan meningkatkan persentase keberhasilan Kita. Untuk bisa menyelesaikan masalah dan mengubahnya menjadi peluang, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah merubah pola berpikir Kita.

Cara mengubah masalah menjadi peluang. Berbicara tentang “masalah dan peluang”. Bahkan sebuah masalah bisa menjadi peluang yang baik jika kita bisa melihatnya dari berbagai sudut pandang. Ketika bertemu masalah, Saya tidak suka mengeluh. Saya tidak suka berdiam diri ketika ada masalah yang menerpa. Mengeluh hanya akan membuat masalah semakin terasa berat. Berdiam diri hanyalah akan membuat masalah semakin besar. Jangan pernah mengeluh, karena seorang entrepreneur itu bukanlah seorang pengeluh. Tapi menyukai tantangan adalah salah satu ciri entrepreneur. Dia adalah orang yang selalu fokus pada solusi.  Jika Kita bertemu pada suatu masalah, maka Kita memiliki 2 pilihan yang bisa Kita ambil. Apa 2 pilihan itu?, ke-2 pilihan tersebut adalah:
1. Kita merasa tertekan, yaitu adanya masalah membuat Kita mengeluh, stress, dan akhirnya memudarkan semangat dan mengakibatkan kebangkrutan didalam bisnis.
2. Kita merasa tertantang. Inilah pilihan yang Saya ambil, ketika diterpa masalah, maka Saya merasa semakin tertantang untuk membuktikan kepada orang-orang, bahwa apa yang Saya yakini itu benar. Bahwa Saya bisa sukses, Saya bisa berhasil. Anda bebas memilih yang mana, ketika bertemu dengan masalah.

Merubah masalah menjadi peluang dengan berani mengambil risiko untuk menjadi kaya "Masalah jadi peluang". Apakah Anda akan merasa tertekan? Atau Anda merasa tertantang?. Ketika Anda merasa tertekan, maka Anda akan berfokus kepada masalah, dan Anda justru akan semakin menderita karena masalah tesebut. Jika Anda memutuskan untuk merasa tertantang, maka Anda akan fokus kepada solusi. Sehingga, berbagai upaya akan Anda lakukan. Hal inilah yang akan membuat Anda piawai didalam menjalankan bisnis.

Inilah salah satu cara melihat suatu masalah menjadi peluang. Sebenarnya, ketika Kita melihat suatu masalah, maka sebenarnya sekaligus Kita sedang melihat sebuah peluang. Sebuah peluang tercipta karena adanya masalah. Jadi, jika Anda ingin menemukan peluang, maka carilah, ada masalah apa disekitar Anda?. Sebagai entrepreneur, jangan mengeluh, tapi carilah keluhan!. Karena, ketika Anda mendengar keluh kesah seseorang, disitulah ada masalah. Dan ketika Anda menemukan masalah, maka disitulah ada peluang.

Merubah masalah menjadi peluang. Bagaimana cara melihat suatu masalah menjadi peluang?. Masalah dan peluang adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Keberadaanya sama seperti adanya cahaya dengan terangnya, atau seperti api dengan panasnya, atau seperti air dengan basahnya. Tidak bisa dipisahkan. Jadi, saat Anda bingung bagaimana menemukan peluang, maka tinggal cari ada masalah apa disekitar Anda. Saya berikan contoh sederhana.
Masalah: Jalanan rusak dan berlubang.
Peluang: Bisa usaha tambal ban
Masalah: Banyak anak nilai bahasa inggrisnya jelek.
Peluang: Bisa buka kursus bahasa inggris.
Masalah: Cari bahan bangunan susah karena dipelosok
Peluang: Toko material bangunan.
Dan macam-macam masalah beserta peluangnya. Silakan Anda asah keterampilan Anda melihat masalah, sekaligus melihat peluangnya.

Maka mengubah masalah menjadi peluang ini yang membuat orang bisa berhasil dan sukses. Bahkan orang gagal sekalipun bisa kembali berhasi ketika melihat suatu masalah menjadi peluang. Mereka berhasil mengubah masalah itu menjadi peluang. Mereka – mereka ini tidak melihat masalah sebagai hal yang negatif, tapi mereka melihat masalah sebagai suatu peluang. Bahkan masalah sosial tidak selamanya akan menjadi kendala. Karena bagi mereka hal tersebut justru bisa menjadi peluang dan menjadikan mereka berhasil dan sukses. Seperti artis-artis yang punya masalah fisik, mereka berhasil merubah masalah menjadi peluang. Jadi, temukan cara Anda melihat suatu masalah untuk mengubahnya menjadi peluang.
Smoga Sukses!.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs