Cara Memanfaatkan WAKTU Luang Dengan Baik Sebaik Mungkin

Cara memanfaatkan waktu luang dengan baik sebaik mungkin-Bagaimana tips cara memanfaatkan waktu?, waktu luang, waktu sebaik mungkin dengan baik. Artikel ini akan memberikan tips "cara memanfaatkan waktu". Waktu adalah salah satu diantara nikmat Allah yang paling berharga dan agung bagi manusia. Waktu tidak hanya setara dengan uang, namun lebih dari itu. Mengapa dikatakan waktu adalah uang?. Sebab barang siapa yang mampu mengelola waktu sebaik mungkin maka uang pun akan datang. Jadi, manfaatkan waktu luang Anda dengan baik sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil.

Cara Memanfaatkan WAKTU Luang Dengan Baik Sebaik Mungkin

Berbicara soal "cara memanfaatkan waktu" karena Kita harus tahu cara memanfaatkan waktu luang dengan baik sebaik mungkin selama di dunia ini. Bagi kebanyakan orang waktu dilewatkan begitu saja, tanpa dimanfaatkan sebaik mungkin. Bila waktu tidak digunakan dengan baik maka akan terbuang untuk perkara yang sia-sia. Semua orang merasakan hal itu. Maka jika seseorang tidak mengisi waktunya dengan baik sebaik mungkin maka akan menjadi sia-sia. Mengisi waktu luang dengan aktivitas yang bermanfaat akan membuat Anda merasa lebih baik. Waktu luang adalah waktu yang di gunakan selain untuk bekerja. Bagi Anda para pekerja sibuk yang tidak banyak mempunyai waktu luang, manfaatkan waktu luang Anda dengan sebaik-baiknya.

Cara memanfaatkan waktu luang. Waktu luang atau waktu kosong adalah sangat berharga jadi manfaatkan waktu luang dengan baik sebaik mungkin. Salah satu faktor utama yang dapat menuntun anak manusia ke gerbang kesuksesan adalah sejauh mana dia mampu memanfaatkan waktu. Jika Anda ingin memanfaatkan waktu Anda sebaik mungkin, Anda harus mengetahui cara memanfaatkan waktu luang. Karena itu maka Kita harus bisa mengatur dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Banyak cara orang untuk mengisi waktu luangnya. Lalu bagaimanakah cara mengatur waktu. Berikut ini adalah paparan mengenai cara memanfaatkan waktu luang.

  • ~ Apabila Anda memiliki cukup banyak waktu luang, cara terbaik untuk memanfaatkannya adalah dengan bersantai, bersenang-senang.
  • ~ Tidur adalah cara yang paling baik untuk memanfaatkan waktu luang. Bila kurang tidur, maka kesehatan tubuh kita akan terganggu.
  • ~ Olahraga merupakan pemanfaatan waktu luang yang tepat seperti bersepeda adalah salah satu cara memanfaatkan waktu luang untuk kesehatan.
  • ~ Bagi Anda yang hobi mendengarkan musik, Anda bisa memanfaatkan waktu luang Anda dengan cara mendengar musik agar Anda tak merasa  bosan. Mendengarkan musik adalah cara terbaik menghabiskan waktu dan merasakan emosi yang menyenangkan.
  • ~ Membaca selalu menjadi cara paling cerdas menghabiskan waktu luang.
  • ~ Cara memanfaatkan waktu luang bisa dengan berwirausaha. Melakukan wirausaha bukan hanya dari kalangan orang dewasa saja, tetapi berwirausaha sudah bisa dilakukan pelajar dan mahasiswa di era digital seperti sekarang ini. Salah satu cara tersebut adalah dengan memanfaatkan waktu luang untuk menghasilkan pundi-pundi uang dengan cara "Browsing Internet".
  • ~  Cara memanfaatkan waktu luang dengan rekreasi. Dengan adanya rekreasi, maka kesehatan jasmani maupun rohani akan kembali baik. 

Cara memanfaatkan waktu luang dengan baik sebaik mungkin. Jika Kita membahas masalah waktu, tentu kita akan ingat pepatah "time is money". Kita tahu, Kita hidup di dunia ini hanyalah sementara, maka manfaatkan waktu luang dengan baik sebaik mungkin. Memanfaatkan waktu luang dengan hal-hal yang positif dan berguna. Waktu luang merupakan salah satu sumber daya terbatas yang dimiliki oleh seseorang. Waktu luang mungkin terjadi pada perubahan gaya hidup, perubahan karier, pensiun. Selama hidup, Kita selalu berjuang untuk mendapatkan prestasi/penghargaan dalam karir dan kita pun mengajarkan kepada diri Kita sendiri bagaimana cara untuk meraih tujuan sesuai ambisi Kita. Menjadi orang sukses dalam hidup membuat Anda bahagia, sama ketika Kita gajian pada akhir bulan. Dengan begitu Anda bisa mengajak keluarga Anda berlibur, menikmati indahnya kehidupan dan membeli barang yang tidak terlalu penting untuk membuat diri Anda bahagia.

Namun dalam hidup yang Anda jalani, Anda harus melupakan apa yang akan terjadi nanti, sukses tidak akan berarti apa-apa jika melupakan apa yang Kita cintai. Biarkan Dia melupakan Anda. Anda tidak terlalu sibuk untuk mengerjakan suatu hal yang Anda inginkan setelah pulang kerja, tetapi yang Anda butuhkan adalah ‘panduan kecil’ untuk membantu Anda memanfaatkan keterbatasan waktu luang Anda. Berikut 10 Cara Manfaatkan Waktu Setelah Bekerja.

1. Akhiri jam kerja Anda tepat waktu “Jangan biarkan bekerja/mencari nafkah mencegah Anda untuk menikmati hidup”
Bekerja lembur tidak membawa apa-apa selain hasil buruk, dan itu menjadikan mustahil untuk mendapatkan waktu pribadi Anda. Seperti jika Anda merencanakan banyak hal, jika Anda bekerja lembur Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk mengerjakan hal lain selain pulang bekerja Anda akan langsung tertidur dan terbangun pagi harinya. Jika Anda ingin mendapatkan cukup energi untuk membagi sebagian waktu bekerja Anda, selesaikan pekerjaan tepat waktu dan pulang ke rumah, Anda akan lebih bisa mengatur jadwal Anda lebih baik.

2. Istirahat 30 menit
Saat ini, entah mengapa semua orang selalu dikejar-kejar waktu, efeknya Anda menjadi tidak memiliki waktu untuk santai dan beristirahat. Bahkan untuk minum kopi bersama teman selama 30 menit kemudian kembali lagi bekerja pun sepertinya sulit. Kapan terakhir Anda duduk menyendiri di dalam ruangan yang sunyi dan biarkan pikiran Anda menerawang?. Cara untuk mengatasi stres yang melanda setiap harinya, Anda perlu mengevaluasi kegiatan Anda setiap harinya. Jika tidak, Anda akan menimbun hal-hal negatif, mengerjakan sesuatu hal ketika tiba di rumah sampai Anda melupakan semuanya. Namun itu tidak berarti mengganggu kesadaran Anda. Jadi, cobalah untuk duduk selama 30 menit, minum secangkir kopi/teh hangat dan bebaskan diri Anda dari hal-hal yang mengganggu. Dengan cara ini Anda akan mengistirahatkan pikiran Anda, menjadikan pikiran Anda lebih segar dan siap untuk menghadapi masalah.

3. Rencanakan kegiatan minggu depan Anda pada akhir pekan
Kita cenderung merencanakan banyak hal dalam minggu ini, tapi terkadang melupakan kegiatan yang akan datang. Karenanya, Anda harus merencakan hidup Anda pada akhir pekan. Rencana makan malam bersama teman/keluarga kemudian setelah itu tidak lupa untuk mengecek email dan pesan untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan.

4. Katakan ‘Tidak’ ketika Anda berkata ‘YES’ kepada orang lain, pastikan Anda tidak berkata ‘NO’ pada diri Anda sendiri.
Anda tidak memiliki cukup waktu setelah bekerja untuk melakukan apa yang Anda inginkan, jadi Anda perlu belajar berkata ‘No’ kepada orang untuk menyelamatkan akhir pekan Anda. Yakinkan bahwa Anda ingin bertemu dengan orang tua, teman, saudara sepupu atau tetangga rumah, quality time Anda bersama keluarga.

5. Tulis Blog
Sekarang, hampir sebagian orang mempunyai blog untuk menuangkan opini mereka. Jika Anda menanyakan kenapa orang seperti itu, maka Anda harus memulai menulis blog. Menulis pemikiran kita dan berbagi bisa membantu untuk mencairkan situasi tertentu dan mengingatkan apa yang Anda rasakan dalam hidup Anda.

6. Ketahui prioritas Anda
Jangan abaikan hal yang penting dalam hidup Anda hanya karena sesuatu yang datang tiba-tiba. Jika Anda menginginkan sesuatu, Anda akan membuat hal itu terjadi. Cara terbaik untuk membuat hal itu terjadi adalah jangan biarkan sesuatu hal diluar prioritas mengganggu pikiran Anda.

7. Sesuaikan rencana
Memiliki kehidupan di luar pekerjaan sangatlah penting. Dikala luang, Anda bisa ‘mengisi baterai’ Anda dengan melakukan apa yang menjadi hobi Anda atau melakukan kegiatan menyenangkan bersama keluarga. Ketika merencanakan sesuatu event, pastikan jangan sesuaikan jadwal personal Anda ke mereka, tetapi sebaliknya.

8. Olahraga sebelum bekerja
Dengan melakukan ‘latihan’ sebelum bekerja Anda akan menghilangkan waktu setelah pulang kerja dengan melakukan tanggung jawab lainnya, di saat yang bersamaan Anda akan menyiapkan diri Anda untuk menghadapi stres pekerjaan. Dengan ini juga Anda bisa meningkatkan produktivitas dan juga membuat Anda tetap tenang dan fokus.

9. Jauhi sosial media dan matikan laptop Anda!
Berlama-lama bergelut dengan sosial media, melihat halaman utama dan juga chatting membuat Anda lupa waktu dan itu kebiasaan yang buruk. Jika Anda ingin lebih produktif, gunakan akun sosial media Anda Facebook atau Twitter untuk mempromosikan diri Anda atau perusahaan.

10. Jangan merencanakan banyak hal
Orang akan menjadi kacau balau dan tidak terorganisir ketika merumuskan rencana dalam semalam. Pilah mana yang menjadi prioritas sehingga Anda akan mudah merumuskan rencana mana yang akan dijalani terlebih dahulu, sehingga tidak ada rencana yang batal atau tertunda.

Inilah beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk memanfaatkan waktu luang dengan baik sebaik mungkin dan bermakna. Tips-tips di atas akan sangat berguna untuk membantu Anda memanfaatkan waktu dan meningkatkan produktivitas kerja. Pergunakan sedikit waktu luang tersebut secara produktif. Setiap orang berbeda cara kerjanya, jadi cara terbaik untuk memanfaatkan waktu luang adalah sesuaikan cara kerja Anda. Masih bingung untuk memanfaatkan waktu luang? Jangan sia-siakan 24 jam waktu Anda dengan tidak produktif. Manfaatkanlah dengan cara yang sudah dijelaskan di atas untuk mengembangkan diri, karir dan bisnis Anda.
Semoga Bermanfaat!.





Add Your Comments

Disqus Comments