Cara Mengatasi Anak Bayi Susah Makan Bubur atau Nasi ~ PLAZA ONLY
close

Sunday, March 27, 2016

Bayi 6 bulan susah makan bubur. Cara mengatasi anak susah makan nasi di usia 1-2 tahun, bahkan sering dialami bayi umur 6,7,8,9,10,11,16,18 susah makan bubur. Jika Bayi Anda susah makan atau pilih-pilih makanan adalah hal biasa pada anak balita. Begitu juga dengan anak umur 1-2 tahun jika susah makan adalah hal biasa dan wajar. Jika si kecil susah sekali disuruh makan, para orang tua terlebih para ibu pasti sangat khawatir dan mencari cara biar anaknya mau makan. Anak susah makan merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan orang tua, terutama para Bunda.

Cara Mengatasi Anak Bayi Susah Makan Bubur atau Nasi

Cara mengatasi anak susah makan usia 9 bulan berbeda dengan cara mengatasi anak susah makan usia 1-2 tahun. Memang kondisi anak susah makan ini sering dialami oleh anak balita umur 6-18 bulan dan usia anak 1-5 tahun. Berbagai cara pun coba dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi anak yang susah makan bubur atau nasi. Entah itu anak susah makan sayur atau makanan sehat lainnya. Anak-anak memang suka sekali memilih makanan terutama makanan yang kurang sehat. Orang tua mana yang tidak merasa khawatir ketika anak susah makan?. Apalagi sudah melakukan berbagai cara, tapi seolah tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi anak susah makan.

Cara mengatasi anak bayi susah makan bubur atau nasi, agar bayi 6,7,8-11 bulan lahap makan para Bunda tidak usah pusing menghadapi balita yang suka pilih-pilih makanan. Cara mengatasi anak susah makan agar menjadi gemuk dan sehat. Karena anak yang sehat bisa dilihat dari berat badan dan tinggi badan anak. Maka Bunda harus tahu cara untuk menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan, atau susah makan bubur atau nasi. Bagaimana cara menghadapi anak bayi yang susah makan bubur atau nasi?. Pada artikel berikut ini Kita akan membahas cara menghadapi anak bayi Bunda yang susah makan bubur atau nasi agar bayi Bunda lahap makan.
1. Sajikan makanan semenarik mungkin
Bagi Bunda hal ini mungkin tidak masuk akal, tapi bagi anak-anak, buah yang disusun warna-warni pada tusuk sate terlihat lebih enak daripada buah yang hanya dikupas saja. Untuk menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan, maka Bunda harus menyajikan makanan semenarik mungkin supaya ia mau mencoba makanan tersebut.
2. Biarkan si kecil mengambil sendiri makanannya
Bunda mungkin berpikir lebih baik menyiapkan makanan untuk si kecil agar ia mendapatkan porsi makan yang cukup. Tapi, tak ada salahnya untuk memberi kesempatan padanya untuk mengambil sendiri makanan yang ia mau. Biarkan ia memiliki rasa tanggung jawab atas dirinya sendiri, namun tentu Bunda tetap harus mengawasi apa yang ia makan.
3. Cobalah teknik rantai makanan
Teknik rantai makanan ini adalah mengenalkan satu jenis makanan yang mirip dengan apa yang disukai anak hingga kemudian ia mau mencoba makanan yang sehat. Seperti misalnya si kecil suka dengan kentang goreng, maka kenalkan ia dengan makanan yang rasanya mirip seperti kentang panggang. Lalu, kenalkan ia pada kentang tumbuk dan lama-lama ia akan meninggalkan kentang goreng.
4. Biarkan si kecil merasa lapar
Bunda, ketahuilah bahwa anak lebih mau mencoba berbagai jenis makanan saat ia merasa lapar. Maka dari itu, ada baiknya Anda tidak memberikan makanan ringan saat si kecil lapar menjelang waktu makan. Katakan padanya untuk melakukan kegiatan lain sembari menunggu Anda menyiapkan makan untuknya.
5. Jangan menyalahkan diri sendiri
Kebanyakan orang tua yang memiliki anak yang suka memilih-milih makanan akan menyalahkan dirinya sendiri karena hal tersebut. Bunda sebaiknya tidak merasa stres saat melihat si kecil pilih-pilih makanan. Cobalah untuk lebih rileks agar Anda dan anak juga dapat menikmati waktu makan.
6. Mulai hari dengan sarapan sehat
Sedari dini kenalkan pada buah hati Anda tentang pentingnya sarapan pagi. Lalu, jangan lupa untuk menyiapkan sarapan yang sehat karena anak yang sarapan dengan menu yang bergizi cenderung untuk memilih makanan yang sehat sepanjang hari.
7. Konsultasi dengan ahli
Apabila kebiasaan memilih-milih makanannya sudah mengganggu kesehatan dan perkembangannya, maka Bunda berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter anak. Mereka akan membantu Anda untuk mengetahui akar dari permasalahan yang membuat anak suka pilih-pilih makanan.

Inilah cara mengatasi anak bayi susah makan bubur atau nasi. Karena bayi 6 bulan wajar jika susah makan bubur. Sering kali Kita menemui anak bayi yang susah makan makanan tertentu. Tapi ayah-bunda tentu sudah dapat mengatasi masalah si kecil yang susah makan. Cobalah praktekkan mulai sekarang cara menghadapi anak bayi yang susah makan bubur atau nasi yang sudah disebutkan di atas. Semoga cara mengatasi anak susah makan nasi atau bubur ini mudah di aplikasikan.
Selamat Mencoba!.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs