Contoh Cara Membuat Tulisan COPYWRITING Iklan yang Menarik ~ PLAZA ONLY
close

Monday, March 28, 2016

Contoh tulisan copywriting (copywriter) iklan. Bagaimana cara membuat copywriting yang menarik?. Melewatkan teknik copywriting dalam mempromosikan bisnis online sama saja membuang 80% biaya promosi Anda dan copywrting yang tepat akan menghasilkan kata–kata yang mampu menghipnotis. Salah satu cara menjual produk biar laris adalah copywriting-nya. Tapi apa itu copywriting (copywriter). Copy : "teks yang digunakan dalam penjualan atau pemasaran, biasanya kita temui di landing page, iklan, website, brosur, dan lain-lain". Copywriting: proses (teknik menulis), penulisnya disebut copywriter. Dan menurut Wikipedia, copywriting adalah seni penggunaan kata-kata untuk mempromosikan sesuatu. Sesuatu disini bisa berarti orang (tokoh politik, selebritis, tokoh agama, dan sejenisnya), perusahaan, ide, maupun opini.

Contoh Cara Membuat Tulisan COPYWRITING Iklan yang Menarik

Cara membuat copywriting dengan menulis judul yang menarik pembeli adalah salah satu teknik copywriting. Copywriting adalah sebuah teknik menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon. Dan pengaplikasian copywriting ini tidak melulu dalam iklan di media cetak. Karena inti dari bisnis adalah bagaimana kita bisa menjual, dan menjual tidak selalu hanya di media cetak. Sebagai pelaku bisnis Anda harus punya beberapa tips copywriting yang digunakan dalam penjualan atau pemasaran. Secara umum di perusahaan-perusahaan besar, copywriting merupakan tulisan dengan aneka gaya dan pendekatan yang ampuh, kuat dan menciptakan konversi penjualan. Dimana ketika seseorang yang Anda target mengambil tindakan yang Anda inginkan. Misalnya membeli produk, mendaftar anggota, membuat akun, mendownload, dan lain-lain. Kalau dalam penjualan, konversi sering disebut closing. Tapi disini akan kita gunakan istilah konversi karena copywriting sendiri bukan hanya untuk penjualan. Jadi, teknik copywriting adalah teknik membuat copywriting yang mampu meningkatkan konversi secara drastis.

Teknik copywriting dengan tujuan utama dari copywriting adalah untuk mendorong orang atau sekelompok masyarakat agar mau melakukan sesuatu persis seperti yang dikehendaki oleh sang copywriter (pelaku copywriting). Misalnya saja untuk membeli sebuah produk tertentu, untuk memilih kandidat dalam pemilihan umum, atau untuk mendaftar dan mengikuti kursus bahasa inggris, dan seterusnya. Pada artikel ini kita akan membahas tentang copywriting di dalam tulisan untuk mempromosi produk atau jasa. Jadi bukan tentang copywriting yang lain.

Kenapa kita butuh copywriter?. Karena tips copywriting adalah "Kata-kata bisa mengubah segalanya...". Kata-katalah yang bisa menyentuh hati, pikiran, dan isi dompet pembaca iklan Anda. Kata-kata pula yang dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan, sehingga mereka ingin beli di Anda, bukan di yang lain. Melakukan penjualan itu tidak mudah. Apalagi kalau Anda hanya boleh menggunakan media berupa teks, gambar, atau video. Jauh lebih sulit. Copywriter adalah salesman dalam huruf dan kata menjadi kalimat ajakan. Dengan teknik copywriting yang tepat, maka menjual 2 produk yang sama persis bisa mendapatkan respon yang jauh berbeda oleh orang lain. Pertanyaannya, sudahkah Anda menggunakan kata-kata yang paling pas dalam iklan Anda untuk dapat menarik para pelanggan Anda?. Seberapa besar tingkat closing Anda?.

Contoh copywriting iklan atau contoh tulisan copywriter agar semuanya efektif dan menghasilkan rasio konversi yang tinggi, maka dibutuhkan teknik copywriting. Itulah mengapa skill copywriting sangat dibutuhkan. Kalau Anda memasarkan produk ke 100 orang yang sebelumnya hanya bisa terjual ke 1 orang saja, tapi dengan teknik copywriting yang tepat sekarang ada 5 pembeli. Apalagi sekarang media pemasaran secara online semakin populer mengalahkan pemasaran tradisional. Peran teks dan copywriter sangat dibutuhkan. Anggaplah ada sebuah perusahaan yang melakukan pemasaran digital secara menyeluruh. Maka mereka memerlukan:
1. Landing page
2. AdWords
3. Facebook Ads
4. YouTube Ads
5. Iklan TV dan radio
6. Konten website
7. Konten social media
8. Konten email marketing, dan masih banyak lagi!.

Contoh tulisan copywriter yang bagus bagi Saya adalah copywriting iklan yang jujur. Dan Saya pikir Anda juga akan berpikir yang sama dengan Saya. Jujur disini maksudnya teknik copywritingnya harus mendeskripsikan produk atau jasa sesuai dengan kondisi benda/jasa yang Anda tawarkan. Jadi, kata-kata yang Anda gunakan untuk mendeskripsikan produk atau jasa Anda adalah sesuatu yang memang sesuai dengan kondisi benda/jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen. Jadi, bila Anda menjual laptop dengan processor intel Core i3, Anda jangan sampai berani mengklaim bahwa processornya adalah intel core i7. Mengklaim dengan cara seperti tadi boleh jadi akan mendongkrak volume penjualan Anda, tapi yakinlah, itu mungkin hanya akan bertahan sebentar saja. Karena bila konsumen sampai tahu Anda berbohong, maka mereka akan balik menyerang Anda. Caranya bermacam-macam, ada yang dengan menulis lewat blognya, ada yang mengupdatenya lewat status di facebook, twitter dan Google+, atau bahkan mengadukan Anda ke polisi atas perlakuan Anda. Kalau sudah begini, bukan hanya bisnis Anda yang akan gulung tikar, tapi Anda dan nama baik Anda sendiri mungkin juga akan ngikut. Jadi hati-hati membuat Copywriting!.

Contoh tulisan copywriter. Contoh copywriter iklan  ini bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan. Karena copywriting adalah ketrampilan atau kemampuan dalam mengolah kata dengan cara menulis kata atau kalimat iklan yang mampu membuat orang lain merespon tawaran penjualan Anda. Dengan mengunakan sedikit teknik copywriting, Anda bisa menghapus keraguan dari benak merek dan memicu konsumen menyelesaikan proses transaksi. Teknik menulis copywriting yang kini telah memasuki dunia digital dan online seperti blog dan website merupakan sebuah hal yang wajar karena tuntutan jaman. Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan penjualan produk secara online dengan menulis copywriting yang benar?. Berikut contoh copywriting iklan yang bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan.

1. ~Anda akan tahu bagaimana rahasia Saya menghasilkan ratusan juta rupiah hanya modal BlackBerry~.

2. ~Menggunakan alat ini akan menghemat uang Anda lebih dari 10 juta dalam setahun dan GRATIS ongkos kirim ke seluruh Indonesia~.

3. ~Jika dalam 30 hari berat badan Anda tidak turun (minimal) 8 kg, kami berikan jaminan uang kembali sepenuhnya~.

4. ~Dengan alat ini, Anda bisa dengan sangat mudah menghilangkan noda jerawat yang selama ini mengganggu kecantikan wajah Anda~.

5. ~Bagaimana Anda bisa mengurangi lemak dalam perut Anda dengan sangat cepat tanpa harus merasa lapar?~.

Teknik copywriting seperti ini memang telah banyak digunakan sebagai alat pendukung marketing, namun seperti halnya sebuah disiplin ilmu, teknik copywriting di atas bisa Anda modifikasi sesuai produk dan jasa yang Anda tawarkan. Misal, ketika Anda menjual kecap dan mengatakan kecap Anda yang paling enak di dunia. Maka Anda bisa menggunakan teknik copywriting seperti ini "Dengan kecapa ***** ini, Anda bisa dengan sangat mudah memasak masakan lezat di rumah. Karena kecap ***** ini sudah terbukti kelezatnya di seluruh dunia". Disini saya memodifikasi contoh tulisan copywriter nomor 4 di atas. Anda bisa merangkai kata yang tersusun menjadi sebuah kalimat yang menghipnotis.

Inilah contoh cara membuat tulisan copywriting iklan yang menarik. Menjual dengan tulisan itu sekilas terdengar mudah. Hanya dengan mencantumkan informasi fitur, manfaat, harga, dan cara untuk melakukan pembelian, kemudian selesai. Tapi apa yang terjadi selanjutnya?. Tidak ada orang yang mau membeli produk/jasa Anda. Maka Anda harus punya teknik copywriting yang menarik. Semoga cara membuat copywriting yang sudah Saya jelas di atas dapat membantu Anda membuat contoh copywriting iklan untuk jasa dan produk yang akan Anda tawarkan.
Selamat berkreasi!.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

9 comments :

  1. Bermanfaat ilmunya, terkadang takjub jg dg copywriter2 iklan pro di media massa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, copywriting mereka menghipnotis iya gan (@@). Itulah teknik copywriting gan..., harus bisa mengajak konsumen membeli.

      Delete
  2. TERIMA KASIH INFORMASINYA SANGAT MEMBANTU GAN , HTR NUHUN

    ReplyDelete
  3. TERIMA KASIH INFORMASINYA SANGAT MEMBANTU GAN , HTR NUHUN

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama-sama mas.
      Sukses slalu copywritingnya!

      Delete
  4. Replies
    1. oke sama-sama.
      Selamat mempraktekkan copywriting yg bisa menghipnotis orang untuk membeli.
      Semoga sukses...

      Delete
  5. Replies
    1. oke, sama-sama. Semoga copywritingnya sukses iya...

      Delete

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs