Cara Cerdas Mengatur Keuangan untuk Pengeluaran Bulanan ~ PLAZA ONLY
close

Thursday, April 7, 2016

Cara mengatur uang bulanan. Cara cerdas mengatur keuangan untuk pengeluaran bulanan. Di masa sulit, banyak orang belajar bagaimana cara mengatur pengeluaran bulanan. Mengapa kebanyakan dari Kita, ingin tahu cara mengatur keuangan di masa sulit saja?. Seharusnya, cara mengatur uang bulanan ini penting untuk Kita ketahui walaupun di masa jaya atau berkelimpahan. Karena Kita tidak tahu kapan kondisi sulit itu menghampiri Kita. Sulitnya mengatur keuangan sering menjadi pokok masalah dalam sebuah keluarga. Karena tidak semua orang pandai mengatur pengeluarannya.  Bagaimana cara cerdas mengatur keuangan untuk pengeluaran bulanan Anda?.

Cara Cerdas Mengatur Keuangan untuk Pengeluaran Bulanan

Cara mengatur pengeluaran bulanan yang cerdas bukan saat keuangan Kita berada di masa sulit. Jika Anda inginan menjadi sukses dan kaya raya, Anda harus membaca artikel "cara cerdas mengatur keuangan untuk pengeluaran bulanan" ini. Karena beberapa hal atau tips yang akan Saya share disini bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Cara mengatur keuangan bulanan ini seperti yang orang kaya lakukan pada umumnya. Siapa yang tidak ingin memiliki uang berlebih?, "semua orang pasti ingin!". Jadi bagaimana cara mengatur keuangan bulanan yang cerdas?. Apa yang harus dilakukan agar tetap dapat menabung dan berinvestasi, tapi sekaligus memenuhi kebutuhan Kita setiap bulannya?.

Jika tak ingin terus terperosok/gagal dalam mengatur keuangan, cara cerdas mengatur keuangan untuk pengeluaran bulanan ini harus Anda simak dengan baik-baik. Cara cerdas yang bisa ditiru tentang pengelolaan keuangan pribadi, maupun keluarga. Jika uang gajian bulanan Anda hanya mampir begitu saja di rekening. Maka hal ini tidak boleh terus-terusan terjadi, Anda harus bertekad mencari cara mengatur pengeluaran bulanan. Bagaimana cara mengatur keuangan bulanan  Anda dengan gaji sekian juta per bulan agar praktis, menyenangkan, dan membuat Anda bebas stress.

Apakah Anda kesulitan mengatur uang?. Cara mengatur keuangan bulanan ini tepat sekali untuk Anda tiru dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda, seperti yang orang lain lakukan. Dalam mengatur gaji atau penghasilan, Kita harus punya strategi yang cerdas, agar gaji (penghasilan) Kita yang seharusnya untuk satu bulan mendatang tidak langsung habis begitu saja. Walaupun Anda merasa kurang dengan gaji (penghasilan) bulanan  Anda. Berikut adalah cara cerdas mengatur keuangan untuk pengeluaran bulanan Anda.
1. Catat pengeluaran rutin tiap bulan termasuk untuk hobi, seperti makan di luar, fashion, atau hobi lainnya. "Hati-hati dengan pengeluaran kecil ini". Banyak dari Kita sangat berhati-hati terhadap pengeluaran dalam skala besar, seperti beli barang-barang besar dan berharga atau pengeluaran untuk investasi. Namun Kita cenderung untuk mengabaikan pengeluaran rutin dengan skala kecil. Ini yang menjadi persoalan, pengeluaran rutin, dengan skala kecil yang tak terkendali bisa menumpuk yang akhirnya menjadi pengeluaran dalam skala besar. Solusinya adalah cerdas mengelola pengeluaran rutin Anda. Pengeluaran yang tidak penting, bisa Anda potong. Hal ini akan meningkatkan kondisi keuangan Kita.
2. Catat dalam buku atau buat dalam ms.execel semua pengeluaran Anda. Dengan mencatat semua pengeluaran skala kecil maupun pengeluaran dalam skala besar Anda, akan menimalisir uang Anda habis tanpa bisa menabung. Orang yang cerdas tahu kemana saja aliran dana mereka, entah itu uang masuk ataupun uang keluar. “Neraca keuangan memberitahu kemana uang pergi, bukan memprediksi uang habis untuk apa". Jika sudah terlalu banyak pengeluaran yang Anda lakukan, yang tidak Anda rencanakan yang menghabiskan budget Anda tanpa bisa menabung. Maka solusinya adalah mencatat atau membukukan gaji atau penghasilan Anda beserta dengan semua pengeluaran Anda. Tidak perlu mencata secara rinci, seperti laporan untuk perusahaan. Anda cukup mencatat garis besarnya saja, contoh gaji 3 jt, belanja supermarket 500 ribu, belanja pasar 1 juta, lain-lain 800 ribu.
3. Jangan membeli sesuatu yang tidak penting. Kebanyak orang, suka membeli sesuatu yang tidak penting bagi dirinya sendiri hanya demi untuk mengesankan orang lain. Kita ingin terlihat seperti orang ‘berpunya’ di hadapan tetangga dan sahabat. Maka Kita beli blackberry walaupun itu tidak penting, beli mobi atau motor walaupun itu tidak penting. Boleh-boleh saja Anda terlihat seperti orang ‘berpunya’ atau 'orang kaya', namun Anda harus membatasi  pengeluaran. Belilah barang yang benar-benar Anda butuhkan, tetapi tidak dengan tujuan untuk mengesankan orang lain. Jangan membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan, hanya karena untuk mengesankan orang lain, bahkan untuk barang yang Anda sukai sekalipun. "Langit pun tidak bisa membatasi apapun yang ingin Anda beli, namun Anda harus membatasi  pengeluaran".
4. Fokus menabung untuk masa depan. Membelanjakan uang untuk membeli sesuatu yang Anda sukai adalah hal yang mudah. Tidak tergantung dengan seberapa banyak uang yang Anda dapatkan saat ini. Namun, dengan Anda fokus menabung untuk masa depan  akan mengganti kepuasan yang didapat saat ini. “Anda bisa menjadi muda dengan uang, tapi Anda tidak bisa menjadi tua tanpanya”. Oleh karena itu, Anda harus cerdas tehadap uang yang sudah Anda dapatkan. Cerdas mengelola gaji atau penghasilan dengan manajeman keuang yang baik dan benar, manajeman keuang yang benar adalah menabung atau menginvestasikan 60% dari gaji atau penghasilan. Hanya 40% yang bisa Anda habiskan dan poyah-poyahkan. Orang yang cerdas akan selalu menyediakan porsi besar untuk tabungan dari pendapatan mereka. Jadi, menabung dengan porsi lebih besar dari apa yang Anda dapat, akan memastikan bahwa Anda tidak menghabiskan uang Anda untuk hal yang tidak penting dan memastikan hari tua Anda nanti.
5. Coba untuk menaikan pendapatan Anda, dijaman sekarang ini kerja keras tidak cukup. Anda harus Kerja keras dan kerja cerdas. Jika Anda seorang pegawai, cobalah untuk menaikan gaji Anda dengan cara mencari pekerjaan sampingan. Atau jika Anda seorang pengusaha atau pebisnis, cobalah untuk menaikan penghasilan Anda. Tentu Anda lebih tahu bagaimana cara menaikan penghasilan dengan usaha/bisnis. Dan ketika sudah terjadi, sisihkan sebagian porsi untuk investasi. "Investasi untuk merencanakan masa depan". Persepsi orang mengenai orang kaya dan orang sukses, yang hanya bersenang-senang dan menikmati hidup saja adalah salah!. Karena realitanya adalah, mereka sangat bekerja keras seperti orang pada umumnya, meskipun pada usia produktif. Tujuannya tidak lain adalah untuk menaikan pendapatan. Karena cara mengatur pengeluaran bulanan memang tidak cukup hanya dengan cara cerdas, tapi harus diimbangi dengan usaha Kita menaikan pendapatan.

Inilah cara cerdas mengatur keuangan untuk pengeluaran bulanan yang bisa Anda terapkan. Kondisi dimana harga kebutuhan yang selalu naik, membuat Kita harus pintar mengatur keuangan. Cerdas mengelolah pengeluaran bulanan walaupun gaji atau penghasilan kecil. Kalau Saya boleh katakan besar-kecilnya gaji atau penghasilan Kita perbulan, tidak bisa dikatakan cukup. "Gaji kecil bisa cukup, gaji besar bisa kurang". Cukup apabila Anda tahu cara mengatur keuangan bulanan. Cara terbaik untuk mengatur keuangan Anda dan menjauhi hutang ialah merencanakan segala pengeluaran. Jadi mau gaji/penghasilan 1 juta pun perbulan, jika cerdas cara mengatur uang bulanan akan cukup.

Semoga artikel "cara cerdas mengatur keuangan untuk pengeluaran bulanan" ini dapat membantu Anda bagaimana cara mengatur pengeluaran bulanan. Pengeluaran bulanan tidak cukup, penyebabnya bisa jadi bukan karena gaji/penghasilan kecil, tapi karena belum menerapkan cara cerdas mengatur keuangan untuk pengeluaran bulanannya dengan bijak. Kebiasaan mengabaikan pengeluaran skala kecil yang bisa menjadi jumlah yang besar yang harus Anda hindari. Lakukan investasi dari uang Anda secara tepat untuk masa depan. Caranya seperti ini, saat Anda gajian, langsung sisihkan 60% untuk investasikan keuangan Anda di masa depan. Kemudian habiskan semua yang tersisa. Jangan menabung atau berinvestasi dari sisa pengeluaran Anda, tapi menabunglah lebih dulu, barulah kemudian sisanya untuk belanja kebutuhan bulanan Anda. ~cerdas~
Selamat Mencoba!.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs