Cara Membuat Hati Tenang dan Hidup Tentram ~ PLAZA ONLY
close

Sunday, April 10, 2016

Cara membuat hati tenang dan ikhlas. Bagaimana cara membuat hati tenang dan hidup tentram?. Tips hidup tentram, hidup tentram dan sejahtera lahir batin adalah dambaan Kita semua. Semua Kita yang berada di dunia ini, pada umumnya pasti  berharap kehidupannya dapat berjalan bahagia dan tentram, namun pada kenyataannya tidak semua mampu untuk mewujudkan harapan tersebut. Sabar dan ikhlas dua kata yang sangat mudah di ucapkan tapi terasa sulit untuk diterapkan. Ternyata cara membuat hati tenang dan hidup tentram itu tidak mudah. Oleh karena itu Kita harus banyak belajar.

Cara Membuat Hati Tenang dan Hidup Tentram

Tips hidup tentram pada artikel "cara membuat hati tenang dan hidup tentram" akan membantu Anda mengujudkan cara membuat hati tenang dan ikhlas. Karena hidup tentram dan sejahtera lahir batin adalah keharusan bagi Kita untuk mencapainya. Apa Anda mau resep hidup tentram?. Pilihan serta langkah yang Kita ambil dalam hidup ini, ibarat sebuah permainan catur, jika Kita salah dalam mengambil langkah di awal permainan, maka selanjutannya permainan tersebut dapat menyulitkan Kita sendiri. Begitu pula dalam kehidupan ini, jika Kita salah melangkah dan salah mengambil keputusan hidup, maka dapat dipastikan kehidupan Kita akan jauh dari rasa aman, nyaman dan tentram.

Jika mau hidup tentram dan sejahtera lahir batin, maka tips hidup tentram ini patut untuk Anda simak. Bagaimana cara membuat hati tenang dan ikhlas?. Tidak sulit bagi Kita untuk mencapai ketentraman jiwa, Anda hanya perlu belajar agar hidup Anda menjadi lebih tenang. Berikut  cara membuat hati tenang dan hidup tentram.
1. Selalu bersyukur
Dengan Kita tetap bersyukur, akan membuat hidup Kita lebih tenang. Daripada menggerutu dengan semua kesulitan hidup yang Anda terima saat ini. Misal, Anda berkeinginan untuk hidup mewah, banyak uang tapi keadaan Anda saat ini tak seberuntung itu, mala uang cuman sisa 50 ribu. Maka tetap syukuri saja, agar hati tenang dan Anda akan di bawa oleh kehidupan ini (Tuhan) ke dalam keadaan dimana Anda merasa tenang dan tentram jika mensyukurinya.
2. Berfikir Positif
Jika ada orang memandang rendah Kita, seperti menatap atau memperlakukan Kita rendah tetaplah berfikir positif saja, dan tidak usah terlalu diambil pusing akan hal tersebut. Anggap saja mereka itu salah melihat orang, atau mungkin mereka itu melihat Anda mirip dengan orang yang dia benci. Sehingga salah mengenali atau apa apalah dalam pikiran dia, bisa sajakan?. Kita tidak tahu, jalan hidup mereka. Apa punya masa lalu, yang lebih pahit dari jamu atau lagi sedang ada masalah dalam kehidupan mereka. Maka mulai sekarang, cobalah berfikir positif, dan buang jauh-jauh pikiran negatif itu.
3. Biasakan mudah memberi maaf
Terkadang, saat hati Kita merasa sakit atau di sakiti oleh seseorang maka hal yang paling sering muncul dalam hati Kita adalah “awas kau, ku balas nanti". Ingatlah, saat hati Kita disakiti, pembalasan bukan hak Kita, pembalasan adalah haknya Tuhan. Lupakan niat untuk membalas, dan coba biasakan mudah memberi maaf. Sikapi perbuatan mereka yang menyakiti hati Kita dengan bijak, daripada marah-marah dan mendendam. Tentu hal ini akan menguras energi Kita dan pada akhirnya pikiran Kita akan dipenuhi bayangan bagaimana cara membalas perbuatannya. Jika ini terus ada dalam pikiran kita, maka wajah mereka tiap saat selalu terbayang-bayang dan Kita semakin dendam. Memaafkan itu memang tak semudah membalik telapak tangan, tapi belajarlah untuk memaafkan mulai dari sekarang.
4. Buang jauh perasaan takut dan khawatir
Jika Kita punya perasaan takut dan khawatir, ini hanya akan membuat hidup Kita lebih menderita. Banyak hal yang Kita takutkan atau khawatirkan dalam hidup ini, justru tak pernah terjadi. Misal, Anda phobia dengan air. Apa yang Anda takutkan dari air?, apa air menyakiti Anda?. Tidak, atau Kita takut mati tapi gk mati-mati juga. Memiliki perasaan takut dan khawatir itu wajar, tapi Kita harus membatasi rasa itu. Selama Kita hidup, apapun bisa terjadi, jadi tidak usah takut dan khawatir agar hati tenang dan hidup pun tentram.
5. Jangan terlalu diambil hati ucapan orang lain, anggap saja itu lelucon. Jika ada seseorang yang sering mengejek, serta mengatakan hal-hal yang tidak menyenangkan tentang diri Kita. Anggap saja mereka hanya sedang mencoba membuat lelucon dan ingin menghibur diri Anda. Ingat, jangan terlalu diambil hati dan dipusingkan atas ucapan orang lain. Ikut saja tertawa bersama mereka. "Kadang hidup ini tidak selalu harus di buat serius". Tertawa akan membuat Anda lebih rileks, hati tenang dan hidup pun tentram.
6. Hindari minuman berkafein secara berlebihan
Minuman kafein, jika dikonsumsi sesuai kebutuhan akan memiliki manfaat bagi tubuh Kita namun sebaliknya tentu bisa berdampak buruk. Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi kafein secara berlebihan, meskipun para peneliti mengatakan maanfaat jika mengkonsumsi kafein bisa membuat diri jadi tetap tenang. Tetapi, jangan lupa bahwa dampak negatifnya efek kafein bisa membuat diri menjadi mudah cemas sehingga hati tidak tenang. Lebih baik ganti kafein dengan meminum air mineral, karena tidak ada yang lebih menyehatkan tubuh selain air mineral.
7. Tidur cukup
Penelitian mengatakan, orang yang kurang tidur akan menjadi sangat mudah terbakar emosi. Jika mau membuat hati tenang, tidur cukup adalah salah satu solusinya. Kita perlu mengatur waktu tidur yang cukup agar hati tenang dan hidup tentram.

Cukup sederhana kan untuk membuat hati tenang dan hidup tentram?. Inilah cara membuat hati tenang dan ikhlas, walapun sulit diterapkan namun tips hidup tentram ini patut untuk diterapkan dalam kehidupan Kita sehari-hari. Karena hidup tentram dan sejahtera lahir batin adalah harap semua orang. Dan semoga resep hidup tentram yang sudah Saya share di artikel ini, dapat membantu Anda untuk membuat hati Anda tenang dan hidup tentram.
Semoga Bermanfaat!.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

2 comments :

  1. Makasih gan :D bisa dipraktekin nih artikel
    Cara Membuat Hati Tenang dan Hidup Tentram
    ~
    PLAZA ONLY

    Kujungi balik + Komentar yuk gan :D Cari Dulu | Tutorial Bermamfaat Membahas Komputer & Blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama...
      semoga hati Kita tetap tenang dan hidup Kita tentram. Amin.

      Delete

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs