Tips agar tidak BOSAN jadi Pengangguran ~ PLAZA ONLY
close

Monday, April 25, 2016

Tips agar tidak jadi pengangguran. Setelah lulus kuliah ngapain?, kerja!. Tapi yatannya nganggur, bosan jd pengangguran?. Agar 'gk bosan menganggur simak yuk "tips agar tidak bosan jadi pengangguran" ini. Harapan setelah lulus kuliah pasti semuanya ingin "kerja". Semua orang pasti punya rencana setelah lulus kuliah iya "kerja!". Sayangnya, jika Anda masih belum mendapat pekerjaan, rasa bosan dan putus asa akan menghinggapi Anda. "bosan menjadi pengangguran" tentu akan Kita rasakan karena aktifitas yang dilakukan sehari-hari tidak ada. Susahnya jadi pengangguran ini sudah pasti dirasakan semua orang yang baru saja di PHK atau lulus sekolah/kuliah. Bukan saja cuman rasa bosan menganggur yag dirasakan tapi susahnya jadi pengangguran pun akan dirasakan juga karena mungkin uang subsidi dari ortu sudah berkurang atau bahkan tidak ada lagi.

Tips agar tidak BOSAN jadi Pengangguran

Tips agar tidak jadi pengangguran, mungkin bisa Anda jelaskan, cara mengatasi pengangguran  jika sudah merasakan bosan jd pengangguran, dan susahnya jadi pengangguran seperti yang sudah pernah Saya alami dulu. Dari pengalaman, maka Saya ingin berbagi "tips agar tidak bosan jadi pengangguran" bagi Anda yang mungkin saat ini dilanda rasa bosan jadi pengangguran tapi belum sampai merasakan susahnya jadi pengangguran atau mungkin sudah merasakan semuanya. Maka tips agar tidak jadi pengangguran ini patut untuk Anda simak, karena disini Saya mau jelaskan cara mengatasi pengangguran.

Jika ada yang bertanya, setelah lulus kuliah ngapain?. Pasti harapan setelah lulus kuliah iya "kerja!". Jarang orang punya rencana setelah lulus kuliah iya "usaha/wirausaha". Harapan setelah lulus kuliah adalah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang dipilih dan menerima gaji yang diinginkan. Setelah bercapek-capek ria ampe kurang tidur dengan dipenuh sedikit rasa stress, mata uda kayak panda, akhirnya Kita pun lulus kuliah. Jadi, abis kuliah ngapain sekarang?. Rencana setelah lulus kuliah 'iya kerja!. Kerja dimana?, uda pasti diterima?. Harapan setelah lulus kuliah kemudian kerja yang belum terealisasi tentukan akan membuat rasa bosan menjadi pengangguran.

Bosan jadi pengangguran tentu karena Kita sudah jenuh ketika tidak mempunyai aktivitas. Salah satu hal ampuh mengatasi rasa bosan jd pengangguran  adalah mengikuti "kursus bahasa dan keterampilan". Sebelum Anda mendapat panggilan kerja atau tawaran kerja, setelah sudah mengirimi surat lamaran kerja ke instansi maupun perusahaan yang sudah Anda incar. Segera ambil kursus bahasa karena kursus bahasa tidak akan berakhir sia-sia, justru ini menambah bekal Anda untuk bersaing di dunia kerja. Atau ambil kursus keterampilan seperti : memasak, menjahit, dekorasi dan sebagainya. Jika Anda ikut salah satu kursus keterampilan, ini bisa membuat Anda lebih produktif dan label pengangguran akan menjauh sejenak dan Anda punya waktu untuk melihat situasi life after college yang sesungguhnya.

Tips agar tidak jadi pengangguran juga bisa dengan "Belajar wirausaha atau bisnis". Ini juga salah satu cara mengatasi pengangguran. Tidak ada yang lebih pedih selain setelah susah-susah kuliah, malah jadi sarjana pengangguran, "sakitnya tuh disini!". Susahnya jadi pengangguran ketika kanan-kiri-depan-belakang Kita sudah selalu menjadikan status Kita jadi bahan pembicaraan mereka. Bahkan dalam hal cinta atau hubungan dengan pasangan pun, akan punya pengaruh sangat kuat dan besar dengan status Kita. Belum lagi susahnya jadi pengangguran ini jika sudah tidak dapat subsidi dari ortu. Maka memilih menjadi seorang wirausahawan sukses pun tak hanya bisa dilakukan oleh seorang sarjana ekonomi, tapi sarjana teknik, sastra pun bisa!. Bahkan memilih menjadi seorang wirausahawan pun bisa, saat Kita masih berstatus mahasiswa. Menjadi pebisnis juga bisa dilakukan tanpa harus menunggu lulus kuliah dulu. Ini bisa salah satu upaya Kita untuk mengantisipasi agar tidak menjadi pengangguran saat lulus kuliah. Jadi bagi Anda yang masih bersatus mahasiswa, cobalah untuk membangun bisnis saat masih menjadi mahasiswa. Kita tahu bahwa saat ini mencari lapangan pekerjaan sangatlah sulit, tak terkecuali bagi seorang sarjana dari universitas ternama sekalipun. Solusinya adalah dengan menciptakan lapangan perkejaan sendiri yang nantinya juga bisa memberikan lapangan pekerja kepada yang lainnya. Setelah lulus kuliah kemudian memilih berwirausaha bukan berarti tidak bisa mengincar pekerjaan yang diimpikan. Membuka usaha atau jasa bisa menjadi solusi untuk mengatasi rasa bosan menjadi pengangguran atau bahkan ini bisa menjadi pembelajaran Kita mengenai wirausaha yang suatu saat nanti akan menekuni usaha tersebut. "Mimpi adalah tujuan, action adalah kendaraan dan motivasi adalah bahan bakarnya. Namun Entrepreneurship adalah SIM-nya".

Tips agar tidak jadi pengangguran setelah lulus kuliah ngapain. Tentu rasa khawatir, resah dan gelisah pasti menyelimuti saat Kita sudah diwisuda dan belum mendapatkan pekerjaan yang akhirnya bosan menganggur. Maka meninggalkan label mahasiswa sangat sulit bagi Kita karena yang ada di hadapan Kita saat ini hanyalah label baru “pengangguran”. Pengangguran berarti jobless, tidak punya pekerjaan yang menghasilkan uang dan tidak punya aktivitas apa-apa. Nah, bagi Anda yang mau dan yang akan lulus kuliah, bisa coba tips agar tidak jadi pengangguran ini. Berikut cara mengatasi atau menghindari label pengangguran setelah lulus kuliah.
1. Lakukan penyegaran dengan berlibur
Mengatasi frustrasi dan depresi menjadi pengangguran bisa jadi hal yang sulit bagi kebanyakan orang. Hampir setiap hari dulu Saya mengeluh “Ah, bosan jadi pengangguran ini. Di rumah tidak ada kerjaan tidak ada teman. Benar-benar membosankan!”. Menentukan karir atau pekerjaan bukan perkara yang mudah bagi seorang "fresh graduate". Maka selama Anda masih ragu dan benar-benar tidak tahu harus mengambil keputusan apa, cobalah berlibur sejenak. Karena rutinitas perkuliahan Anda dan tugas akhir, mungkin telah menyita waktu Anda belakangan ini. Ada baiknya sekarang Anda lakukan penyegaran dengan berlibur ke tempat yang menyenangkan, dan cari suasana tenang yang akan membuat Anda lebih nyaman berfikir.

2. Bangun jaringan dan koneksi sebanyak-banyaknya.
Aktifitas yang dilakukan sehari-hari yang itu-itu saja akan membuat diri Anda merasa bosan, dan itu yang akan mendorong rasa stres yang mudah menghampiri Kita. Bosan jd pengangguran itu pun sudah pasti. Lulus kuliah merupakan hal yang didambakan oleh setiap mahasiswa. Walaupun hanya sekedar lulus, atau pengen mencari sesuatu yang lebih. Saat Kita menjadi mahasiswa, ini merupakan momen yang tepat untuk membangun koneksi/jaringan sebanyak mungkin. Karena mayoritas saat Kita mahasiswa memiliki banyak waktu luang dan tidak terikat status. Maka dengan mengikuti banyak kegiatan, baik itu intra maupun ekstra kampus, secara otomatis koneksi Kita akan bertambah. Setelah lulus kuliah ngapain?, tentu kegiatan ini bisa Kita lakukan terus agar rasa bosan jadi pengangguran itu tidak sampai membuat Kita stres. Setelah lulus kuliah Anda bisa bergabung dengan salah satu organisasi sosial yang bisa Anda ikuti untuk bergabung. Bergabung di berbagai organisasi sosial akan menambah pengetahuan Kita dan tentu ini akan membuka jaringan atau koneksi Kita dengan banyak orang. Mengenal lebih banyak orang setelah lulus kuliah bisa membantu Anda menemukan peluang kerja dan mereka juga dapat semakin membuka wawasan Kita.

3. Rajinlah mencari informasi
Memiliki pekerjaan yang enak adalah impian semua orang, mau yang baru lulus atau yang sudah kerja sekalipun impiannya pasti sama. Lulus kuliah bukan berarti lega akan segala tanggungjawab dan kewajiban, masih banyak hal yang menunggu Kita didepan. Tentu saja kewajiban Kita sekarang adalah mencari informasi lowongan pekerjaan. Namun ini juga salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar tidak nganggur dan terus bosan menjadi pengangguran. Setelah lulus kuliah maka rajin-rajinlah mencari informasi baik di media cetak maupun media online. Saat ini Kita sudah dimanjakan dengan kemudahan akses informasi menggunakan media internet. Oleh karena itu manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Melakukan aktivitas mencari informasi ini juga bisa mengatasi rasa bosan menganggur.

Tips agar tidak BOSAN jadi Pengangguran

Tips agar tidak bosan jadi pengangguran. Bosan menjadi pengangguran bukan hanya bagi yang baru lulus sekolah/kuliah saja. Menganggur pasca keluar dari pekerjaan lama di masa kondisi ekonomi dunia yang tengah tidak baik, memang bukan suatu hal yang menyenangkan bagi Kita. Karena tidak semua dari Kita siap dan tahu mau ngapain setelah lulus kuliah apalagi setelah di PHK, alhasil beberapa dari Kita memilih untuk menjadi wirausaha. Menjadi pengangguran setelah lulus kuliah memang membuat sebagian besar sarjana menjadi resah. Bahkan banyak dari Kita yang mungkin benar-benar buta dan tidak tahu akan langkah apa selanjutnya yang akan ditempuh setelah lulus kuliah. Nah, buat kalian yang 'gak punya jawaban atau masih bingung abis kuliah ngapain?. Cobalah mengisi hari-hari kalian dengan berbagai kegiatan positif seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal ini akan membuat status " fresh graduate" kalian semakin berisi. Semoga tips agar tidak jadi pengangguran ini bisa membantu Anda mengatasi rasa bosan menganggur yang kini telah dialami.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs