Tips Strategi Ilmu Bisnis Dagang yang Menguntungkan

Tips dagang (ilmu dagang). Strategi bisnis yang menguntungkan. Dagang yang menguntungkan itu apa?. Dagang modal kecil bisa untung dengan strategi bisnis yang menguntungkan. Berikut tips strategi ilmu bisnis dagang yang menguntungkan yang akan Saya bagikan. Dalam dunia bisnis atau dagang, memiliki strategi memang salah satu faktor keberhasilan dalam menjalankan bisnis atau dagang yang sedang ditekuni. Dagang salah satu peluang usaha yang bagus untuk dijalani.  Dagang (bisnis) yang Saya maksud di sini adalah menjual dan membeli. Dalam berdagang (bisnis) Kita perlu belajar ilmu dagang atau ilmu bisnis, ilmu marketing, ilmu mengelola keuangan, ilmu kepemimpinan, ilmu investasi, dan ilmu logika dagang.

Tips Strategi Ilmu Bisnis Dagang yang Menguntungkan

Ilmu dagang itu banyak sekali!. Tapi disini Saya akan memberikan tips dagang agar Anda punya strategi bisnis yang menguntungkan. Karena dagang (bisnis) itu, harus yang menguntungkan. Hal pertama yang akan Saya share adalah "Ilmu dagang". Ilmu dagang dengan logika dagang. Bagaimana logika dagang orang sukses?. 
Uang 1 juta untuk apa ? jawab mereka "untuk modal"
Uang 10juta untuk apa ? jawab mereka "untuk modal"
Uang 100 jt untuk apa ? "untuk modal"
Uang 300 juta untuk apa ? "untuk modal"
Uang 500jt untuk apa ? "untuk modal"
Uang 1 Miliar untuk apa ? "untuk modal"
Kalo 2 Miliar untuk apa ? untuk modal juga ....
(Modal disini adalah dalam artian cashflow, yang sudah bergerak). "kok sudah sebanyak itu selalu dijawab untuk modal". Kapan beli rumah?, kapan beli mobil baru?, kapan liburan?, gak kebeli-beli donk...eeitss.., sabar dulu!. Jangan cepat ambil kesimpulan.

Inilah ilmu dagang orang sukses. Tips dagang seperti inilah yang menjadi strategi bisnis yang menguntungkan. Dagang yang menguntungkan itu adalah dagang yang memanfaatkan cashflow. Karena sebenarnya semua dagang itu menguntungkan. Dengan dagang (bisnis) modal kecil bisa menjadi bisnis (dagang) modal besar, jika ilmu untuk mengelola keuangan (cashflow) Anda bagus. Jangan terlalu cepat mengkonversi hasil usaha ke dalam aset-aset real, disaat sedang merangkak dari bawah. Nikmati saja terus, perbanyak barang dagangan. Toko dibikin cabang dan tambah lagi bisnis di sektor lain. Sebenernya kalau hanya ingin naik kendaraan mewah, Anda sewa saja uber kemana Anda ingin tuju. Tapi kalau mau menikmati bisnis berkembang. Maka Anda harus bisa mengolah cashflow uang Anda untuk dibuat bidang-bidang bisnis lainnya, itu baru asik, dan akhirnya seorang pengangguran atau pedagang biasa bisa berubah menjadi orang yang super sibuk nantinya, karena mengurus berbagai macam bisnis di masa depan.

Strategi bisnis yang menguntungkan dengan ilmu dagang pintar mengolah cashflow maka dagang apapun akan menguntungkan. Banyak sekali orang diluar sana yang kalau untuk urusan gadget, kendaraan (untuk niat-nya biar gaya itu nomor satu). Tapi keluar modal untuk usaha yang akan di buatnya 10 juta saja, mikirnya bukan kepayang. Sedangkan membeli handphone seharga 10 Jt saja dibela-belain kredit, ini adalah mindset kebalik menurut Saya. Dalam logika dagang "terus memperbesar cashflow-lah yang menjadi prioritas", sembari terus bertahan dan mengembangkan usaha di berbagai sektor lain. Bisnis atau dagang itu semacam punya anak, "bisnis pertama", "bisnis kedua", "bisnis ketiga". Jika bisnis pertama cukup untuk membiayai hidup Anda setiap bulan, atau bahkan cukup untuk membiayai hidup Anda setiap tahun, maka bisnis nomor 2 adalah untuk hal yang lainnya. Dengan beginilah banyak pedagang itu nabung secara gak sadar, karena punya bisnis 1, dan bisnis 2. Dimana bisnis 1 untuk operasional rumah tangga, bisnis nomor 2 untuk ditabung, atau untuk membuka bisnis ke 3, yang penting kalau bisnisnya sudah ada 5 macam maka otomatis akan dapat membiaya apapun di masa depan. Punya income lebih dari satu itu baru namanya bisnis sukses.

Ilmu dagang dengan modal kecil maupun modal besar akan menguntungkan jika memiliki strategi bisnis (dagang). Maka tips strategi ilmu bisnis dagang yang menguntungkan ini harus menjadi strategi bisnis (dagang) Anda. Banyak orang yang sudah berpengalaman dagang (bisnis), dengan uang 10 jt mereka bisa ciptakan 2 jt setiap bulan, alias dengan cashflow 100 jt pun 20jt setiap bulan didapat dan seterusnya. Untuk itulah apabila Anda depositkan uang 1M di bank, itu hanya dapat sekitar 4 juta rupiah tiap bulan. Uang Anda tidak ada artinya di depositokan. Dari sinilah orang mulai berusaha mencari akal dan mengutak atik cara-cara agar bisa jauh di atas angka deposito. Apakah nama cara itu? nama caranya "berdagang/berwiraswasta/berusaha/berbisnis", jadi mengusahakan yang belum ada.

Strategi bisnis yang menguntungkan buat pedagang modal kecil maupun modal besar. Sebelumnya mari Kita lihat dulu kesaktian-kesaktian roda usaha dan roda bisnis perusahaan-perusahaan besar yang membuat lulusan S1 FG menyerah dan langsung meng-apply job ke perusahaan multinasional. Sebegitu mengerikannya idealisme dibunuh atau terbunuh dan langsung menyerah, ya memang begitu. Realistis dan cepat, dan ingat, itulah saktinya modal yang unlimited, namun jika Anda berusaha/berdagang, melihat kompetitor mempunyai cashflow dan modal yang kuat, jangan langsung patah semangat. Hukum bola salju adalah "modal 10 jt pun akan jadi modal 100jt", jika Anda mengelolanya dengan benar. Tetapi sebaliknya jika Anda tanamkan 100jt akan menjadi 10 jt, cepat atau lambat. Selama pengaturan SDM dan management Anda buruk. Karena yang namanya gaji karyawan, sewa kantor, operasional, dan sebagainya itu semua di biayai dari ujung tombak perusahaan yaitu penjualan.

Disinilah pentingnya ilmu dagang dan strategi bisnis. Tips dagang untuk dagang modal kecil, jangan Anda teriak modal kecil, gak bisa gerak, gak ada modal, gak ada modal. Yakin ketika ada modal Anda bisa seperti yang Anda lihat?. Penambahan modal berarti penambahan workload, penambahan jam kerja, penambahan effort, penambahan kesibukan, penambahan pelanggan, penambahan setoran, penambahan aktifitas. Tips dagangnya adalah urus saja aktifitas modal Anda yang 10 jutaan itu dulu karena semuanya melalui tahapan, proses tangga demi tangga. Jangan pernah Anda melihat gaya konglomerat/anak konglomerat, orang besar membuka bisnis yang langsung menggelontorkan dana ratusan juta, milyaran bahkan puluhan milyar hingga ratusan. Mereka itu sudah punya softskill, pengalaman, serta jangan lupa, itu mungkin bisnis mereka yang ke 10, dan sudah di perhitungkan oleh risk management, dan di analisis feasible studinya. Serta kalau amsiong pun ada 9 pelor lagi. Buat Anda yang masih pedagang baru atau yang hanya punya bisnis 1 atau 2, ya Anda sendiri donk yang turun tangan untuk perhitungkan semuanya. Lagipula mereka yang bisnis modal ratusan juta itu sudah memperhitungkan menggelontorkan dana 10 milyar untuk jadi si bola salju menjadi 50 milyar atau lebih, makanya sampai bayar orang untuk memperhitungkan segala sesuatunya agar tidak salah. Tetap saja intinya perkembangan, pertambahan, pertumbuhan, pembesaran. Mereka punya kepentingan untuk menghitung sedetil mungkin agar tidak menyusut 1 mili meter pun ketika bola salju itu di jalankan.

Orang jualan koran bekas, bisa naik haji. Orang jualan bubur buka dari jam 6 sampai jam 12 malam, bisa nyekolahin anaknya sampai keluar negri. Orang jualan keripik pedas, cemilan dan kudapan, sekarang usaha properti dimana-mana. Orang jualan bawang goreng, dimasukan kedalam toples plastik, sekarang pegang supply ke 2 hotel. Orang jualan rak kayu dan aneka display, sekarang supply ke toko-toko besar seperti gramedia, toyskingdom, toyscity. Orang jualan ..... orang jualan ...... orang jualan ....... bla bla bla bla bla, semua kembali ke mengelolanya, memanagenya, dan lihat background bagaimana segempalan tangan bola salju yang pada saat awal bisnisnya sekarang sudah menjadi sebesar meteor yang sangat besar. Kalaulah jualan kuaci tidak menguntungkan, maka Anda tidak bisa menemukan kuaci-kuaci di supermarket, mau merek cap gajah, bunga matahari, dan lainnya. So, jualan apakah Anda ?.

Inti dari dagang atau bisnis itu hampir-hampir sama. "Sama-sama mengusahakan yang belum ada menjadi ada". Apakah itu yang belum ada menjadi ada?, yaa gak usah basa-basi mencla mencle, jelas lah cashflow. Putaran uang, di dalam roda gila permainan usaha, bisnis, dagang, aktifitas jual-beli iya itulah "cashflow". Dulu dagang atau bisnis main di awal 1 juta, sekarang bisa gak bertumbuh jadi main di 10 juta. Dulu dagang atau bisnis main di 10 juta, bisa gak sekarang jadi main di 100juta, sekarang main di 100 juta, bisa gak besok main di 500 juta ?. Nah, kalau Anda main 100 jt, Anda ambil yang menjadi hak Anda 10-20 juta, sah toh?, sah...!. Belum ada Saya dengar pengusaha itu dulu main 100 juta, sekarang dia maunya main 10 juta. Bahkan dulu main 100 jt, sekarang main 100 jt aja, si pengusaha udah stress karena itu menyalahi hukum bola salju (Dalam artian usahanya stagnan). Kalau diawal Anda main 10 juta, di akhir malah hutang 10 juta, Anda ini sedang mengusahakan apa toh?.

Semoga tips strategi ilmu bisnis dagang yang menguntungkan ini bisa sedikit membuka strategi bisnis (dagang) Anda. Dagang modal kecil pun bisa menguntungkan karena semua dagang (bisnis) yang menguntungkan adalah dagang atau bisnis yang punya cashflow. Maka usahakan bisnis (dagang) Anda bisa memiliki cashflow setiap bulannya. Besar-kecilnya cashflow dagang atau bisnis Anda tidak menjadi masalah. Asalkan ilmu mengelola keuangan (cashflow) Anda bagus. Usaha/dagang/bisnis yang hebat itu adalah yang mampu bertahan dekade demi dekade. Mampukah Anda mempertahankan dagang atau bisnis yang Anda miliki sekarang?. Masih adakah usaha Anda di 10 tahun kedepan?.





Add Your Comments

Disqus Comments