Tips Cara Membuat dan Membangun Personal Branding Bisnis ~ PLAZA ONLY
close

Tuesday, May 31, 2016

Tips cara membuat dan membangun personal branding bisnis. Apa sih personal branding itu?, dan bagaimana cara membuat personal branding. Definisi personal branding merupakan suatu upaya Kita memperkenalkan diri sendiri kepada khalayak. Mungkin Anda belum tahu apa itu personal branding, sehingga saat Anda membuka usaha atau bisnis, Anda tidak membangun personal branding  untuk bisnis atau usaha tersebut karena Anda menganggap personal branding itu tidak penting. Dari definisi personal branding, jelas bahwa ini adalah upaya Kita untuk memasarkan bisnis maupun usaha Kita kepada orang lain.

Tips Cara Membuat dan Membangun Personal Branding Bisnis

Personal branding sangat penting untuk dibangun, membangun personal branding bisnis bertujuan agar dikenal orang lain sehingga bisnis dapat berkembang. "Tak kenal maka tak sayang" begitulah kira-kira pentingnya Kita membangun personal branding  bisnis/usaha maupun pribadi Kita sendiri. Dalam berbisnis, jika bisnis Kita tak dikenal orang lain maka bisnis Kita tidak bisa sukses. Itulah sebabnya "penting membangun personal branding bisnis". Coba perhatikan, orang akan lebih cenderung percaya tehadap "seseorang" yang dikenalnya di bandingkan dengan orang lain yang belum mereka kenal sama sekali. Benar bukan?. Mengenal seseorang baik secara personal maupun hanya lewat karyanya, tentu Kita akan lebih percaya kepada yang Kita kenal.

Contoh personal branding bisnis, "kecap ABC". Tentu semua orang tahu bahwa kecap ABC salah satu kecap terbaik. Dan saat Saya membeli kecap di minimarket, disana bukan hanya kecap ABC yang dipajangkan. Tapi kenapa Saya lebih memilih kecap ABC?. Karena personal branding bisnis ini sudah berhasil memperkenalkannya kepada Saya betapa enaknya kecap ini. Apapun jenis bisnis atau usaha yang sedang Kita tekuni saat ini, tanpa diketahui dan dikenal oleh orang lain maka akan sulit untuk berkembang. Dari contoh personal branding yang Saya sebutkan tadi, jelas bahwa perusahaan kecap ABC telah berhasil membangun personal branding  bisnisnya.

Membangun personal branding  bisnis maupun nama besar Kita, agar berhasil maka kunci utamanya adalah "integritas". Membangun citra diri atau sering dikenal dengan "personal branding", merupakan suatu upaya Kita untuk memperkenal diri sendiri kepada khalayak. Sangat penting untuk Kita membangun ciri khas diri sendiri. Anda mau dikenal orang seperti apa?, berprofesi sebagai apa dan apa beda Kita dengan orang lain yang mungkin berprofesi sama dengan Kita. Maka bangunlah personal branding citra diri Anda tersendiri dengan lebih baik dibandingkan dengan citra diri orang lain. Begitu juga dengan bisnis Kita, maka buatlah personal branding bisnis yang berbeda dengan bisnis yang sudah ada walaupun jenis bisnisnya sama tapi harus ada pembeda antara bisnis Kita dengan bisnis yang sudah ada. Lalu bagimana cara membuat personal branding bisnis?.

Cara membuat personal branding bisnis. Tips cara membuat dan membangun personal branding bisnis akan Kita bahas pada artikel ini. Untuk membangun personal branding  citra diri, maka tak lain adalah integritas dari diri Kita sendiri terhadap apapun yang Kita lakukan. Bagaimana cara berbicara dan gaya kepemimpinan Kita. Begitu juga untuk membangun personal branding bisnis maupun usaha. Berikanlah karakter yang kuat yang sesuai dengan visi misi bisnis Kita. Jangan pernah meniru dan mengikuti karakter orang lain yang tidak sesuai dengan passion Kita, "jadilah diri sendiri". Percaya dan yakin terhadap diri sendiri dan apa yang sudah menjadi karakter dari diri Kita. Cara membuat personal branding bisnis yang sukses yang pertama dan yang utama adalah "integritas". Jujurlah terhadap produk bisnis Anda, sekalipun Anda menjual kecap yang sama dengan kecap ABC yang sudah terkenal. Namun jangan sekali-kali mengklaim kecap Anda no.1 di dunia. Lebih baik Anda mengenalkan kecap Anda seperti ini, "kecap dengan inovasi baru". Karena mungkin kecap Anda dicampur dengan cabe atau tomat atau apalah, sehingga punya ciri khas tersendiri.

Integritas dalam cara membuat personal branding memang sangat penting agar membangun personal branding  bisnis Kita lebih mudah. Pernahkah Anda melihat, ada sebuah toko yang ramai dengan pembeli tapi di toko lain yang  menjual produk yang sama sangat sepi dengan pembeli. Apa yang membuatnya berbeda?, jawabnya adalah "personal branding". Personal branding memberikan nilai tambah dan pembeda antara Kita dengan yang lainnya. Apalagi dalam bisnis atau usaha, akan sulit bagi Kita berkembang dan bersaing tanpa adanya personal branding bisnis. Disamping sudah banyak bisnis yang sama dan lebih dulu dari Kita tentu juga akan lebih banyak lagi yang akan membangun bisnis yang serupa dengan Kita. Dan mereka semua memiliki branding yang bagus. Jadi, sangat penting untuk membangun personal branding bisnis sebagai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan puluhan bahkan ratusan pemilik toko atau usaha yang sudah ada.

Lalu bagaimana membangun personal branding  bisnis?. Sekarang yang menjadi PR buat Kita adalah, bagaimana membangun personal branding bisnis Kita sehingga bisa menjadi pembeda antara bisnis Kita dengan bisnis yang sama pada yang lainnya. Setelah Kita berhasil membuat personal branding dengan cara membuat personal branding seperti ini "Bisnis Kita ingin dikenal seperti apa?" maka cara membangun personal branding  bisnis dapat Anda lakukan dengan cara berikut ini.
I. Integritas branding
Setelah membangun sebuah brand bisnis maka selanjutnya memasukkan karakter yang kuat terhadap brand bisnis yang Kita bangun. Sehingga dengan mengingat brand bisnis Kita maka orang lain akan mudah mengingat tentang apa bisnis Kita atau bagaimana rasanya produk Kita. Untuk mulai membangun personal branding, maka tak lain adalah menciptakan integritas dan mempertahankan integritas bisnis Kita. Jika Anda menjual kecap manis, maka katakan ini kecap manis jangan berbohong dengan mengatakan itu kecap asin. Jangan pernah berbohong tentang bisnis Anda!. Sekali Anda melakukannya maka selamanya Anda akan dikenal pembohong.
II. Produktivitas branding
Tunjukan produktivitas dari personal branding yang Kita miliki. Berbicara tanpa bukti maka tidak akan ada yang percaya. Jika Kita ingin membangun personal branding  bisnis maka tunjukanlah produktivitas dari personal branding tersebut. Setelah personal branding  bisnis Kita dikenal maka berusahalah menunjukan produk Kita dengan membuat kecap terbaik dengan kemasan dan rasa yang lebih baik. Karena Kita tahu, ada banyak kecap super yang sudah memiliki personal branding dari kecap Kita. Maka Anda harus bisa menunjukan sesuatu yang berbeda dari kecap yang sudah ada.

Tips cara membuat dan membangun personal branding bisnis. Setelah cara membuat personal branding berhasil, kemudian membangun personal branding  bisnis Anda untuk  perkembangan bisnis tersebut sukses dengan personal branding yang sudah Anda buat. Dan ternyata, pentingnya personal branding untuk bisnis memilik banyak manfaat. Berikut manfaat membuat dan membangun personal branding bisnis.
1. Mudah mendapatkan konsumen
Clien atau konsumen sangat penting untuk bisnis, karena apalah gunanya punya bisnis jika tidak punya client. Apalah gunanya punya toko jika tidak ada konsumen pembeli.  Memiliki personal branding bisnis yang kuat maka akan memudahkan Kita dalam mendapatkan konsumen ataupun client. Kenapa?, karena konsumen sudah mengenal bisnis atau usaha Kita lewat brand yang sudah Kita bangun.
2. Lebih mudah membangun network
Memiliki personal branding dan berhasil membangun personal branding bisnis yang kuat dan berkarakter namun tetap berkualitas, akan memudahkan Kita untuk menjalin kerjasama maupun melakukan transaksi dengan orang lain. Network, sangat Kita perlukan dalam membangun bisnis untuk berkembang. Karena dengan memiliki relasi dan jaringan yang kuat, Kita akan lebih mudah untuk mengembangkan usaha atau bisnis yang sedang Kita tekuni. Dengan memiliki personal branding yang kuat, maka Kita tidak perlu bersusah payah lagi untuk membangun network. Karena akan banyak bisnis lain yang akan senang hati bekerjasama dengan Kita bahkan, akan banyak orang lain yang bersedia membuka cabang bisnis Kita.
3. Lebih mudah mendapatkan keuntungan finansial
Personal branding yang kuat akan mendatangkan banyak konsumen. Dan survey membuktikan "sebagian besar transaksi terjadi karena pembeli menyukai penjualnya". Yes, ini benar!. Pernahkah Anda membeli sesuatu di toko kemudian menjumpai penjualnya yang judes?. Apa Anda jadi membeli?, kalau Saya "tidak!" bahkan tidak pernah lagi masuk ke toko itu. Dan seperti yang sudah Saya gambarkan di atas, meskipun Kita menjual produk yang sama dengan orang lain namun Kita memiliki branding yang lebih kuat maka tentu konsumen akan memilih membeli produk Kita. Itu berarti, Kita akan mendapatkan keuntungan financial yang lebh mudah.

Nah, itulah tips cara membuat dan membangun personal branding bisnis Anda beserta manfaat memiliki personal branding bisnis. Masih mau bilang "tidak penting personal branding bisnis?". Membangun sebuah branding adalah sebuah keharusan Jika kita mau sukses. Maka bangunlah branding pribadi Kita sendiri jika mau sukses dalam karir, dan bangunlah branding bisnis atau usaha sendiri jika mau sukses dalam bisnis. Karena dengan branding  pribadi Kita yang baik, Kita tidak perlu susah payah lagi untuk memperkenalkan diri Kita kepada orang lain. Begitu juga dengan branding usaha atau bisnis yang Kuat, maka tidak susah lagi untuk Kita memasarkan bisnis tersebut. Bahkan bisa jadi konsumen yang datang melakukan penawaran lebih dulu kepada Kita. Semoga tips cara membuat dan membangun personal branding bisnis ini dapat menginspirasi Anda membuat dan membangun personal branding bisnis sendiri.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs