Tips Cara Percaya Diri agar Bisa Tampil Berbicara di Depan Umum ~ PLAZA ONLY
close

Wednesday, May 25, 2016

Tips cara percaya diri agar bisa tampil berbicara di depan umum. Bagaimana cara berbicara di depan umum?. Tips tampil percaya diri di depan umum ini patut Anda simak jika Anda sering grogi dan deg-degan ketika harus bicara didepan umum. Pintar berbicara di depan umum atau public speaking, di era kompetisi global saat ini wajib dimiliki oleh siapapun. Semua orang normal bisa berbicara, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Namun, berbicara di depan umum atau orang banyak terkadang terasa sangat sulit dilakukan. Cara percaya diri berbicara di depan orang banyak merupakan salah satu teknik atau ketrampilan berbicara yang harus Kita miliki.

Tips Cara Percaya Diri agar Bisa Tampil Berbicara di Depan Umum

Tips percaya diri berbicara di depan umum, sebelum berbicara di depan orang banyak, ada beberapa pedoman berbicara di depan umum yang harus Anda terapkan. Apakah Anda mencari cara supaya bisa percaya diri?. Cara agar percaya diri di depan umum akan Saya berikan beberapa tips dan cara percaya diri berbicara di depan orang banyak agar Anda tidak gugup berbicara di depan umum. "Takut berbicara di depan umum adalah fobia yang umum". Kadang tidak semua orang bisa luwes dan pintar berbicara di depan umum. Belepotan, grogi dan deg-degan atau tidak lancar berbicara didepan umum itu sebenarnya penyebabnya banyak. Oleh karena itu Kita perlu pedoman untuk berbicara di depan umum.

Tips pede berbicara depan umum atau teknik public speaking saat ini ramai di cari orang banyak. Mengapa?, ternyata banyak sekali orang tidak bisa atau tidak pintar berbicara di depan umum. Sementara tuntutan jaman mengharuskan Kita pintar berbicara di depan umum. Misalnya, jika Anda bercita-cita menjadi pengusaha atau hanya ingin bekerja di perusahaan, maka dalam kegiatan rapat perusahaan pasti Kita dituntut bisa dan pintar berbicara di depan umum. Pernahkan Anda merasa takut atau grogi dan minder saat presentasi?. Jika status masih masih siswa/mahasiswa hal ini wajar. Tapi jika Anda sudah bersatus karyawan atau pengusaha berkata begini "Saya 'gk bisa berbicara depan orang banyak, soalnya saya susah berbicara di depan umum karena bingung mau ngomong apa. Suka 'ngeblank gitu dah... karena takut salah".

Tips tampil percaya diri di depan umum adalah dengan mencoba mengatasi rasa takut saat berbicara di depan umum. Cara berbicara di depan umum yang pertama harus Anda kuasai adalah "mengatasi rasa takut". Bagaimana cara mengatasi rasa takut berbicara di depan orang banyak?. Kenali audience, sebelum memulai untuk berbicara di depan umum maka Anda perlu mengenali dulu siapa audience. Kalau mereka bukan seorang juri yang sedang menilai Anda maka tidak perlu takut salah. Tips percaya diri berbicara di depan umum yang pertama ini, perlu selalu untuk menjadi pedoman Kita berbicara di depan umum. "Jangan takut!".

Tips pede berbicara depan umum selanjutnya adalah "percaya diri". Cara agar percaya diri di depan umum, Anda harus berpikir positif tentang diri Anda. Untuk menghilangkan rasa grogi dan deg-degan ketika harus bicara didepan umum cobalah untuk percaya diri. Bagaimana cara agar percaya diri berbicara di depan umum?. "Berpikir positiflah tentang diri Anda", jangan berpikir Anda jelek, gemuk, pendek, bodoh dan lain-lain. Selalu ingat dalam kepala Anda "audience tidak mengetahu itu", jadi  percaya dirilah!. Jika Anda merupakan salah satu orang yang merasa kurang percaya diri maka atasi hal tersebut dengan mencoba cuek dengan penampilan Anda. Saat Anda gugup saat tampil depan umum, atasi dengan cepat dengan pikiran positif, misalnya pikirkan mereka tidak tahu Anda jelek atau Anda bodoh atau Anda gugup karena mereka hanya ingin mendengar Saya. Sehingga rasa percaya diri Anda akan cepat kembali.

Jika tips tampil percaya diri di depan umum sudah bisa Anda kuasai, maka agar pintar berbicara di depan umum. Tips pede berbicara depan umum selanjutnya adalah "perbanyak wawasan". Cara berbicara di depan umum yang dilakukan oleh setiap orang, memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan isi pesan yang diberikan pun beraneka ragam. Kita sering beranggapan, bahwa para pembicara terkenal itu sudah dari kecil pandai berbicara di depan umum. Namun kenyataanya tidak!. Orang yang pintar berbicara di depan umum biasanya karena terbiasa. Terbiasa berbicara di depan orang banyak membuat wawasan Kita bertambah. Kita menjadi tahu bagaimana cara memulai atau mengawali pembicaraan yang baik, dan tahu bagaimana cara mengakhiri pembicaraan yang berkesan. Dan tentunya Kita juga harus tahu dan paham tema dari apa yang hendak Kita bicarakan di depan umum.

Tips cara percaya diri agar bisa tampil berbicara di depan umum, "Percaya diri dan menghibur", itulah kesan pertama yang harus Kita tunjukan saat Kita berbicara di depan umum. Bukan grogi dan deg-degan bahkan sampai keluar keringat dingin ketika harus bicara di depan umum. Saat Anda melakukan presentasi atau berbicara di depan umum seperti MC. Tingkatkan rasa percaya diri Anda, jangan sampai opini orang lain "Anda tidak percaya diri". Manfaat percaya diri berbicara di depan umum  itu sangat banyak. Cara supaya bisa percaya diri sudah Saya jelaskan tadi di atas, sekarang bagaimana cara Kita berbicara di depan umum?.

tips pede berbicara depan umum

Berikut beberapa tips tampil percaya diri berbicara di depan umum yang bisa Anda aplikasikan dalam melakukan presentasi, MC, rapat bisnis dan lain-lain.
1. Gunakan kata yang mudah di mengerti
Saat mau tampil berbicara di depan orang banyak, pastikan Anda tahu materi apa yang hendak mau Anda sampaikan kepada audience. Saat berbicara di depan umum usahakan menggunakan kata-kata yang mudah di mengerti. Jangan pernah menggunakan kata-kata yang sulit dicerna oleh audience. Selalu gunakan kata-kata sederhana yang mudah dimengerti, bahkan untuk anak sekolah menengah sekalipun. Dengan begitu audiens pun paham dengan apa yang Anda katakan. Misalnya, saat Anda presentasi bisnis atau produk. Daripada membicarakan fitur produk seperti mesage, yang mana audience belum tahu apa yang Anda bicarakan, lebih baik Anda fokus terhadap keuntungan atau manfaat dari produk yang hendak Anda jual. Sehingga Anda tampil berbicara di depan umum tidak membosankan karena Anda menggunakan bahasa atau kata-kata yang sederhana untuk menjelaskan produk Anda kepada target konsumen. Jika audience bisa mengerti dan tertarik maka pada akhirnya pasti akan membeli produk Anda.
2. Percaya dengan apa yang Anda katakan
Jika Anda tahu materi apa yang hendak mau Anda sampaikan kepada audience, tentu Anda percaya akan kata-kata yang Anda ucapkan. Penting untuk Kita mengusai apa yang mau Kita bicarakan, maka berbicaralah pada apa yang sudah Anda ketahui. Dan ini merupakan syarat utama cara agar percaya diri di depan umum. Karena kalau tidak tahu apa-apa, kemudian Kita berbicara, tentu akan membuat Kita tidak percaya diri. Jika Anda tahu betul tentang apa yang Anda bicarakan, maka memberikan ide-ide pun akan mudah. Dan Anda akan sangat percaya dengan ide tersebut karena Anda percaya dengan apa yang Anda katakan. Misalnya, saat Kita presentasi bisnis atau produk. Jika Kita tahu betul tentang produk tersebut maka saat menjelaskan kepada audience "kenapa produk tersebut yang terbaik jika dibandingkan produk yang sama milik perusahaan lain". Maka akan mudah bagi Kita menjelaskan keunggulan produk yang Kita miliki yang tidak dimiliki oleh kompetitor Kita.  Jika Kita tidak percaya terhadap apa yang Kita katakan, bagaimana mungkin orang lain bisa percaya kepada Kita. Maka berbicaralah pada apa yang Anda ketahui!.
3. Beri kesan yang menyenangkan dan menghibur
Cara berbicara di depan umum sangat penting memberikan kesan awal yang menyenangkan dan kesan akhir yang menghibur. Saat Kita mau berbicara di depan orang banyak, tunjukanlah kesan awal yang menyenangkan. Buatlah bagaimana audience mendengar Anda dan menjadikan diri Kita pusat perhatian mereka. "Berhentilah menjadi guru yang membosankan di sekolah", begitu kira-kira. Karena Kita semua tahu bagamana saat guru Kita dulu mengajar dengan cara yang membosankan. Sebelum berbicara di depan umum, coba tanya diri Anda sendiri lebih dulu, "Apa alasan dan tujuan Anda berbicara?", Apa Anda mau agar audience mendaftar atau membeli?. Dengan begitu Anda akan mendapatkan energi ekstra dan bersemangat berbicara di depan orang banyak. Kemudian berikan kesan akhir yang menghibur kepada audience, kesan yang tidak selalu serius dengan candaan di sela-sela akhir presentasi. Ini bertujuan agar audience tetap mengharapkan Anda berbicara di acara yang lain atau tempat yang lain karena kesannya Anda bukan tipe pembicara atau MC yang membosankan. Misalnya, buatlah lelucon atau candaan untuk kesalahan yang Anda lakukan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, dengan begitu Anda akan terlihat humoris dan orang akan semakin suka dengan Anda.
4. Berpenampilan dan bergaya yang berbeda dengan orang lain
Saat tampil berbicara di depan umum, ciptakan penampilan dan gaya presentasi yang berbeda dengan orang lain. Jangan suka meniru-niru gaya pembicara sukses atau cara orang lain berbicara saat tampil di depan orang banyak. Jadilah diri Anda sendiri, atau setidaknya ciptakan ciri khas diri Anda sendiri. Namun hindari tampil beda dengan kesan "kasar" tapi tampilah dengan kesan "elegan". Penampilan, bukan hanya soal pakaian dan aksesoris yang Kita gunakan saat tampil. Tapi penampilan juga tentang gaya Anda berbicara kepada audience.
5. Jangan monoton berdiri dibelakang mimbar dan membaca catatan
Pedoman berbicara di depan umum yang paling penting adalah, saat Anda melakukan presentasi, jangan monoton berdiri dibelakang mimbar dan membaca catatan presentasi Anda. Para pembicara sukses memang sering berbicara monoton dibelakang mimbar dan membaca catatan mereka. Tapi mereka tidak membiarkan itu berlangsung lama dan menjadikan itu kebiasaan mereka. Segera hentikan kebiasaan berbicara  di depan umum dengan membaca atau berdiri ditempat yang sama terlalu lama. Tapi cobalah berinteraksi dengan audiens. Salah satu teknik dan pedoman berbicara di depan umum adalah storytelling (bercerita). Cerita akan menghubungkan orang dengan tindakan yang menginspirasi. Jadi, buang jauh-jauh cara berbicara di depan umum dengan teks atau membaca. Sebaiknya, buatlah point-point penting yang hendak mau Anda bicarakan di depan orang banyak walaupun dalam bentuk cerita. Itu akan membuat Anda tampil lebih menarik saat berbicara di depan umum dan membuat audiens antusias.

Inilah beberapa tips cara percaya diri berbicara di depan umum yang bisa Anda terapkan agar selalu percaya diri saat tampil di depan orang banyak. "Tips membangun rasa percaya diri saat tampil di depan umum" lainnya. Jangan lupa melemparkan senyuman kepada audience!. Dengan memberikan senyuman yang indah, dapat membuat diri Anda merasa jauh lebih baik karena dapat menimbulkan kesan yang menyenangkan. Dan sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda saat berbicara di depan orang banyak. Berusahalah untuk mencoba bagaimana membuat diri Anda percaya diri berbicara di depan umum.

Semoga tips cara percaya diri agar bisa tampil berbicara di depan umum ini bisa Anda aplikasikan. Memang seringkali Kita merasa memiliki banyak kekurangan saat tampil berbicara di depan orang banyak. Seperti tidak pintar, tidak cantik, tidak menarik dan lain-lain. Tapi, jika Kita memiliki pedoman berbicara di depan umum ini maka cara berbicara di depan umum bisa Kita kuasai. Sekalipun perasaan negatif itu datang saat Kita tampil berbicara di depan umum. Sekali-kali cobalah minta seseorang untuk memberikan feedback saat Anda berbicara di depan umum, jika feedback positif berarti Anda sudah bisa dan pintar berbicara di depan umum.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs