Tips Menemukan PELUANG Bisnis Usaha Sendiri ~ PLAZA ONLY
close

Thursday, May 26, 2016

Tips menemukan peluang bisnis usaha sendiri. Bagaimana cara menghasilkan peluang usaha baru?. Cara melihat peluang bisnis adalah dengan berusaha aktif untuk mencari peluang usaha. Tips menemukan peluang bisnis usaha sendiri yang pertama "mencari". Suatu peluang tidak akan pernah datang kepada seseorang jika dia tidak berusaha aktif untuk mencari peluang bisnis atau usaha itu sendiri. Setelah mencari kemudian menciptakan peluang usaha berdasarkan kebutuhan yang diperlukan. Setiap orang yang ingin membuka usaha sendiri, atau ketika seseorang berpikir untuk memulai berwirausaha maka pertanyaan pertama yang muncul adalah "usaha apa yang menguntungkan?". Karena menciptakan peluang usaha sendiri itu pasti tujuannya adalah "ingin untung".

Tips Menemukan PELUANG Bisnis Usaha Sendiri

Lalu bagaimana cara melihat peluang bisnis yang baik dan menguntungkan?. Cara melihat peluang bisnis yang menguntungkan adalah dengan melakukan survei kecil-kecilan di sekitar tempat Kita tinggal. Untuk menjadi pebisnis yang sukses, Kita harus bisa melihat peluang usaha di sekitar Kita. Mencari peluang usaha atau bisnis memang terkadang sulit Kita dapatkan. Apalagi Kita bukan berasal dari keluarga seorang wirausaha atau pebisnis. Atau mungkin teman-teman Kita sendiri pun tidak ada yang berwirausaha. Sehingga berbagai alasan pun sering terpikirkan oleh Kita sehingga usaha pun tidak kunjung dimulai.

Cara melihat peluang bisnis bagi sebagian orang memang sedikit sulit. Untuk membaca peluang usaha bagi sebagian orang juga sering terkendala dengan masalah ketersediaan modal. Karena Kita tahu cara menciptakan peluang usaha itu pasti harus didukung dengan ketersediaan modal, sekalipun memang ada jenis usaha yang tidak membutuhkan modal tapi skill. Kendala yang lain saat hendak mau menciptakan peluang usaha berdasarkan kebutuhan dasar yang diperlukan adalah "takut gagal" juga kerapkali menjadi masalah saat mau menciptkan peluang usaha sendiri. Belum lagi karena tidak memiliki keterampilan sehingga bingung mau memilih usaha mana yang akan dijalankan.

Maka, tips menemukan peluang bisnis usaha sendiri ini patut Anda simak agar tahu cara menciptakan peluang usaha. Bagaimana cara menghasilkan peluang usaha baru?. Setiap orang yang mau memulai wirausaha atau bisnis, biasanya memiliki pertanyaan yang sama seperti ini "peluang usaha apa yang kira-kira menguntungkan?". Maka jawabannya untuk Anda dari seorang pengusaha sukses seperti om Bob adalah "peluang usaha yang dijalankan". Karena menurut beliau, "sebuah usaha yang belum dicoba atau dijalankan, hanya akan menjadi angan-angan". Jadi, jika Anda mau menciptkan peluang usaha sendiri, cobalah ubah pertanyaan tersebut seperti ini "peluang usaha apa yang ada di sekitar Kita?".

Lihat peluang usaha di sekitar Anda!. Cara melihat peluang usaha di sekitar Kita untuk menciptkan peluang usaha agar Kita sukses menciptakan peluang usaha sendiri maka lihat kebutuhan masyarakat sekitar Kita. Jika Anda merasa kesulitan memilih usaha apa yang akan dibuat, ada baiknya memulai mencari peluang usaha yang ada di sekitar Anda terlebih dahulu. Karena bukan tidak mungkin, kebutuhan mereka yang ada di sekitar Anda banyak yang bisa menjadi peluang usaha berdasarkan kebutuhan dasar yang mereka perlukan. Atau ada hal-hal yang bisa menciptakan peluang bisnis yang tidak Kita sadari. Maka Anda harus bisa membaca peluang usaha.

Tips menemukan peluang bisnis usaha sendiri adalah "belajar membaca peluang usaha" yang ada di sekitar Kita. Dan berikut cara melihat peluang usaha di sekitar Kita.
1. Lihat kebutuhan yang diperlukan masyarakat sekitar
Peluang usaha berdasarkan kebutuhan dasar yang diperlukan akan menjadi peluang usaha yang bakalan sukses dan menguntungkan. Maka, jika mau menjadi pengusaha sukses Anda harus pintar membaca peluang usaha berdasarkan kebutuhan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat sekitar tempat Anda tinggal. Dengan keseharian Anda berada di daerah tempat tinggal, tentunya tidak sulit menganalisa keperluan apa yang paling dibutuhkan masyarakat sekitar Anda. Misalnya, tempat tinggal Anda dekat dengan sekolah, maka menjual berbagai keperluan penunjang anak-anak sekolah pasti sangat dibutuhkan. Seperti membuka usaha toko buku dan alat tulis, atau membuka usaha photo copy, membuka warung makanan dan jajanan anak sekolah. Semua ini sangat pontensial untuk menjadi peluang usaha Anda. Contoh lain misalnya, daerah Anda berada di jalan lintas utama yang sering dilalui oleh kendaraan bermotor dan mobil maka akan sangat cocok jika Anda berjualan oleh-oleh yang menjadi ciri khas daerah Anda, atau membuka usaha rumah makan atau warung kopi sebagai tempat singgah pengendara yang melintas di tempat tinggal Anda. Dengan mengetahui kebutuhan yang paling diperlukan orang yang berada di sektar Anda, maka menciptakan peluang usaha akan menjadi mudah. Disamping itu, menjalankan usaha yang Anda kerjakan pun menjadi fokus kepada target konsumen, sehingga lebih mudah bagi Anda mengatur usaha tersebut untuk berjalan dan sukses dengan hanya menarik perhatian masyarakat sekitar Anda.
2. Lihat usaha yang paling berpotensi di sekitar Anda
Cara paling mudah menciptakan peluang usaha sendiri adalah dengan mengamati usaha atau bisnis apa yang paling sukses di daerah Anda. Misalnya, rumah makan yang sudah lama berdiri dan masih eksis sampai sekarang atau toko kelontong yang awalnya sederhana tapi saat ini menjadi toko besar, dan sebagainya. Anda bisa menciptakan usaha sendiri dangan usaha yang sudah ada di sekitar Anda. Tidak ada salahnya mengikuti jenis usaha atau bisnis yang sama, asalkan Anda bisa memodifikasinya menjadi lebih baik, lebih menarik, lebih enak dari usaha kompetitor Anda. Jika mau menciptakan peluang usaha yang sama dengan yang sudah ada, yang terpenting adalah, Anda tahu cara memodifikasinya menjadi lebih baik atau setidaknya ada sedikit perbedaan dan keunikan dengan usaha atau bisnis yang sudah ada di sekitar Anda.
3. Memanfaatkan usaha yang sudah ada di sekitar Anda
Melihat peluang usaha yang potensial di sekitar Kita juga dapat menciptakan peluang usaha Kita sendiri. Misal, jika Anda tinggal dekat dengan pabrik sepatu maka membuka usaha pemasaran sepatu di sekitar Anda atau lewat online sangat potensial menjadi peluang usaha Anda sendiri. Maka mencari usaha yang ada di sekitar Kita, juga bisa menciptakan peluang usaha sendiri. Dengan bekerja sama dengan usaha yang telah berjalan di sekitar Anda, maka Anda bisa menjadi suplier ataupun terlibat dalam kegiatan pemasaran produk mereka. Jika Anda punya produk sendiri, misalnya kue atau coklat, maka jika ada warung di dekat rumah Anda dan ramai pengunjungnya. Anda bisa mencoba untuk menitipkan kue atau barang produksi Anda sendiri untuk dijual di warung tersebut.

Itulah cara melihat peluang usaha atau bisnis di sekitar Kita. Asalkan pintar membaca peluang usaha saja, maka menciptakan peluang usaha berdasarkan kebutuhan dasar yang sangat diperlukan sangat mudah. Kelebihan jika Kita menjalankan usaha yang ada di sekitar Kita, disamping lebih praktis untuk dijalankan karena lokasi dekat dengan tempat tinggal Kita. Kelebihan lainnya, jika Kita masih pemula di dunia usaha maka akan lebih mudah bagi Kita untuk mengetahui seluk beluk usaha yang mau Kita jalankan. Dan ini sangat penting untuk kelanjutan usaha Kita kedepannya. Dengan memanfaatkan usaha yang sudah ada, juga punya kelebihan. Dimana Kita bisa dengan mudah berkonsultasi dengan orang yang Kita ajak bekerjasama. Karena mereka sudah mengenal Kita, tentu untuk bertukar informasi tentang usaha atau bisnis yang Kita jalankan tidak lagi sulit.

Semoga tips menemukan peluang bisnis usaha sendiri ini bisa membuka wawasan Anda untuk menciptakan peluang usaha sendiri. Memang ada banyak cara untuk menciptakan peluang usaha atau bisnis yang bisa dilakukan oleh semua orang. Tapi apakah Anda sudah menemukan bisnis atau usaha yang tepat?. Jika belum, semoga disini Anda bisa tahu cara menemukan ide bisnis dan peluang usaha. "Lihatlah peluang usaha di sekitar Anda sekarang!". Dan ciptakanlah peluang usaha berdasarkan kebutuhan dasar yang diperlukan mereka yang ada di sekitar Anda.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs