Cara Membangun dan Membentuk Mental Seorang Pengusaha Sukses ~ PLAZA ONLY
close

Friday, June 3, 2016

Cara membangun dan membentuk mental seorang pengusaha sukses. Membangun mental pebisnis & membentuk mental pengusaha. Mental pengusaha atau pebisnis memang sangat diperlukan, apalagi untuk anak muda sebagai calon pengusaha yang sukses. Untuk menghadapi kerasnya persaingan dalam bisnis, tentu membutuhkan mental yang kuat "mental menjadi seorang pengusaha yang baik dan sukses". Karena membangun bisnis, sama seperti membangun sebuah rumah. Rumah, butuh fondasi yang kuat supaya rumah bisa berdiri dengan kokoh. Begitu juga menjadi seorang pengusaha, maka perlu untuk membangun mental pebisnis.

Cara Membangun dan Membentuk Mental Seorang Pengusaha Sukses

Membangun & membentuk  mental pebisnis di era globalisasi seperti saat ini, diperlukan mental pengusaha yang siap berhasil dan siap gagal. Karena mental seorang pebisnis atau pengusaha sangat menentukan maju tidaknya usaha tersebut. Di era globalisasi seperti MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang sedang terjadi saat ini. Siap tidak siap, Kita harus siap!. Kita harus siap bersaing dengan produk luar, Kita juga harus siap berbisnis dengan orang luar. Dan Kita juga harus siap menjadi pengusaha atau pebisnis yang berhasil maupun gagal. Mental seorang pengusaha harus ada dalam diri setiap Kita yang mau menjadi pebisnis maupun pengusaha.

Apakah mental menjadi seorang pengusaha ada dalam diri Anda?. Menjadi seorang pebisnis atau pengusaha sukses banyak diimpikan oleh kaum muda, namun yang tua jangan mau kalah. Banyak cara yang dilakukan para colan pengusaha untuk terjun ke dunia bisnis. Tetapi sedikit yang mau membangun dan membentuk mental pebisnis. "Jangan pernah berpikir setiap usaha Anda akan berhasil". Seorang pengusaha harus selalu memiliki mental yang kuat dan tahan banting. Dalam menjalankan sebuah usaha, tidaklah cukup jika hanya hanya bermodalkan uang atau materi semata. Anda juga harus memiliki "mental seorang pengusaha sukses".

Bagaimana cara mengembangkan mental pengusaha?. Miliki mental pengusaha yang siap berhasil dan siap gagal. "Pengusaha harus selalu optimis dan berpikir positif dalam segala hal". Di dalam bisnis, Anda harus memiliki persiapan untuk gagal!. Saat gagal, jangan mudah menyerah. Saat membangun bisnis, satu-satunya penyebab gagal adalah "menyerah". Sering kali Kita tidak mempunyai mental yang kuat. Saat gagal, Kita mudah menolak kesempatan emas yang datang. Yang datangnya hanya sekali dalam kehidupan Kita. Bahkan parahnya, belum pernah mencoba tapi Kita menolak kesempatan emas itu. Mental menjadi seorang pengusaha belum terbentuk dalam diri Kita.

Mental pengusaha yang baik dan sukses di era globalisasi seperti saat ini diperlukan "mental seorang pengusaha sukses". Dibutuh mental baja untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, bukan mental yang suka mengeluh. Semakin banyak Anda mengeluh, semakin banyak energi yang terbuang sia-sia. Membangun bisnis itu, ibarat Kita latihan barbel. Ketika Anda mulai mengangkat barbel, tentulah muncul rasa tidak nyaman bahkan muncul rasa sakit. Tetapi ketika Anda sering melakukan hal ini, maka rasa sakit akan hilang bahkan akan muncul rasa nyaman. Begitu juga dengan bisnis, ketika Anda tidak pernah latihan atau mencoba, biasanya akan muncul penolakan alias mental block dalam diri Kita. “Saya kan gak bisa jualan”, “Saya kan bukan dari keturunan pengusaha” dan sebagainya. Mental block inilah yang harus Anda hilangkan.

Dalam membangun mental pebisnis, semua hal awalnya mungkin dipaksa lalu terpaksa sehingga Kita menjadi terbiasa kemudian terbentuklah mental pengusaha dalam diri Kita. Hal seperti ini hanya bisa terjadi ketika Kita memiliki masalah-masalah dalam bisnis. Memang benar bahwa kesulitan dan kemudahan itu selalu bersama-sama. Karena Tuhan tidak akan menguji umat-Nya melampaui batas kemampuan hamba-Nya. Mengapa memiliki mental pengusaha yang siap berhasil dan siap gagal begitu penting?. Karena di dalam berbisnis layaknya Kita seperti didalam medan perang. Sikap mental yang kuat dan pantang menyerah harus dimiliki oleh seorang calon pengusaha karena mereka akan mengahadapi kesulitan dan hambatan yang akan mengganggu kinerja bisnisnya.

Cara membangun dan membentuk mental seorang pengusaha sukses. Pebisnis sukses pasti mempunyai sikap mental yang mendukung kesuksesannya. Calon pengusaha harus siap mental, siap rugi bahkan bangkrut. Tapi juga harus siap mental untuk menjadi besar. Banyak anak muda berkeinginan menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur. Dan untuk membentuk mental berani, memang tidaklah mudah. Namun mental menjadi seorang pengusaha bisa dilatih. Misalnya, berani mencoba memulai bisnis, berani mengambil resiko dan keputusan dengan cepat. Selain itu, yang perlu dibangun dalam melatih mentalitas bisnis adalah trust (kepercayaan). Kepercayaan terhadap rekan bisnis, kepercayaan kepada clien. Bisa Anda bayangkan, ketika selama 3 tahun Anda memupuk kepercayaan terhadap masyarakat sekitar Anda, maka itulah sebenarnya modal bisnis Anda melatih mental menjadi pengusaha yang baik. Dengan kepercayaan maka Kita telah membangun mental pebisnis dalam diri Kita.

Cara membangun dan membentuk mental seorang pengusaha sukses, tak cukup hanya kesiapan diri saja. Mental seorang pengusaha harus diaplikasikan dalam dunia bisnis. Karena orang melihat apa yang Anda perbuat, bukan sekedar apa yang Anda ucapkan. Kesesuaian antara walk dan talk adalah modal Anda memupuk rasa trust. Kembangkanlah mental pengusaha yang sukses dalam diri Anda. Cara mengembangkan mental pengusaha adalah dengan langsung terjun ke dunia bisnis. Pasar akan menyeleksi sendiri mana produk Anda yang dapat bertahan dan mana yang tidak sesuai dengan permintaan pasar. Disinilah Anda membentuk mental pengusaha, gagal atau berhasil Anda harus siap. Ketika menjual produk, pilihlah pasar yang potensial untuk menjual produk Anda. Dan bersiaplah untuk berkompetisi di dunia bisnis untuk mendapatkan keuntungan dan kesuksesan. Semoga mental menjadi seorang pengusaha yang baik dan sukses sudah terbentuk dalam diri Anda, dan selamat mengembangkan mental pengusaha. Demikian cara membangun dan membentuk mental seorang pengusaha sukses.
Semoga Bermanfaat!.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

2 comments :

  1. Replies
    1. Mantap (@@)
      Kayaknya mental pengusahanya uda jadi ni. Hehee
      Semoga Kita semua memiliki mental seorang pengusaha sukses iya.

      Delete

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs