Tips Meningkatkan dan Membangun Loyalitas Karyawan Terhadap Perusahaan ~ PLAZA ONLY
close

Thursday, June 2, 2016

Tips meningkatkan dan membangun loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Membangun loyalitas karyawan ke perusahaan tidak tumbuh dengan sendirinya. Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan ke perusahaan. Ingin karyawan Anda loyal pada perusahaan?. Tips meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan ini wajib Anda simak agar tahu cara mempertahankan karyawan terbaik di perusahaan Anda. Sebagai pelaku usaha, Anda harus bisa mempertahankan karyawan. Bagaimana caranya?.

Tips Meningkatkan dan Membangun Loyalitas Karyawan Terhadap Perusahaan

Cara mempertahankan karyawan terbaik tidak terjadi begitu saja, Anda harus memiliki strategi mempertahankan karyawan. Karena ada banyak alasan karyawan, kenapa mereka berhenti dari pekerjaannya. Misalnya, karena karyawan mendapat tawaran pekerjaan yang lebih baik. Tentu alasan karyawan yang seperti ini sangat sulit untu Kita pertahankan jika Kita tidak memiliki strategi mempertahankan karyawan. Atau alasan karyawan berhenti dari pekerjaannya karena memiliki masalah pribadi atau konflik dengan manajemen perusahaan. Lalu apakah memiliki karyawan yang loyal ke perusahaan baik untuk perusahaan?.

Loyalitas karyawan terhadap perusahaan tentu sangat baik bagi perkembangan perusahaan. Karena memiliki karyawan yang loyal ke perusahaan, bukan saja baik tapi sangat menguntungkan perusahaan. Karena itulah sebagai pelaku usaha, Anda harus bisa meningkatkan loyalitas karyawan. Bagaimana cara meningkatkan loyalitas karyawan?. Untuk menciptakan loyalitas karyawan, perusahaan bisa melakukan beberapa hal berikut ini.
1. Kompensasi dan manfaat
Gaji yang besar itulah yang dicari karyawan pada umumnya, dan karyawan yang terbaik itulah yang dicari perusahaan. Keinginan yang bertolak belakang memang, tapi itulah yang dicari dan dibutuhan karyawan dan perusahaan. Maka untuk membangun loyalitas karyawan, tidak ada salahnya memberikan tingkatan gaji kepada karyawan. Tidak bisa dipungkiri, gaji memang merupakan komponen penting untuk mempertahankan karyawan agar tak beralih pekerjaan. Berikanlah tingkatan gaji kepada karyawan yang baru dan karyawan yang lama. Jika mampu, berikanlah gaji disertai dengan tunjangan juga. Karena diluar sana, mungkin banyak perusahaan yang tidak tanggung-tanggung menawarkan fasilitas tambahan untuk membuat karyawannya betah dan menggaet karyawan Kita juga. Jangan pernah berpikir "diluar sana juga banyak karyawan yang antri". Secara teknis, Anda gagal mendapatkan karyawan yang loyal ke perusahaan. Tentu hal ini akan sedikit berdampak pada pekerjaan karena dengan merekrut karyawan baru lagi, berarti Anda memulainya dari nol lagi. Karena belum tentu karyawan yang baru paham cara kerja usaha Anda.
2. Jenjang Karir
Untuk meningkatkan loyalitas karyawan, tidak ada salahnya menyediakan jenjang karir di perusahaan Anda. Terkadang, ada karyawan yang memutuskan untuk pindah kerja dengan alasan di perusahaan tidak ada jenjang karir. Bila seorang karyawan memiliki kecerdasan dan ketrampilan dan dia merasa perusahaannya tidak memberi kesempatan untuk berkembang maka dia akan memutuskan untuk pindah kerja. Oleh sebab itu, perusahaan Anda perlu memastikan adanya jenjang karir bagi karyawan. Berikanlah promosi kepada karyawan yang bekerja prestatif untuk meningkatkan loyalitas karyawan Anda.
3. Memberi hadiah
Ya, hadiah tentu sangatlah penting untuk membangun loyalitas karyawan. Tetaplah memberi hadiah kepada karyawan Anda, entah itu hadiah yang paling sederhana sekalipun. Memberi hadiah kepada karyawan bisa dilakukan diakhir tahu atau saat karyawan mencapai target pekerjaannya.  Karena memberikan hadiah dapat membangun loyalitas karyawan Anda ke perusahaan.

Ini adalah strategi mempertahankan karyawan. Dalam membangun loyalitas karyawan, selain hal di atas "Lingkungan kerja yang nyaman" juga dapat meningkatkan loyalitas karyawan. Sebagai pelaku usaha, Anda harus bisa menyediakan lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Lingkungan kerja juga salah satu aset jangka panjang Anda guna meningkatkan produktivitas dan investasi karyawan untuk ke depannya. Jika perusahaan Anda jauh dari pemukiman masyaratkat, katakanlah berada di pinggir kota. Tidak ada salahnya memfasilitasi karyawan dengan mobil transfortasi umum untuk karyawan perusahaan Anda. Atau jika perusahaan Anda tidak dilengkapi dengan fasilitas AC, tidak ada salahnya memberi kipas angin di meja kerja perusahaan. Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman pada karyawan untuk meningkatkan loyalitas karyawan ke perusahaan.

Itulah beberapa strategi mempertahankan karyawan. Lalu bagaimana cara mempertahankan karyawan terbaik?. Sebenarnya perusahaan memiliki beberapa alasan utama yang bisa mempertahankan karyawannya. Namun karyawan juga memiliki beberapa alasan untuk berhenti dari pekerjaannya. Seperti, memiliki masalah pribadi dengan salah satu karyawan sehingga tidak bisa bekerja dengan tim. Atau karyawan ada konflik dengan manajemen serta karyawan yang merasa kurang nyaman dengan kondisi kantor. Maka cara mempertahankan karyawan terbaik dengan semua alasan-alasan tadi adalah dengan "menjaga hubungan yang baik dengan karyawan". Untuk menjaga karyawan tetap betah di perusahaan, usahakan menjalin hubungan pertemanan yang baik dengna karyawan. Menjalin hubungan pertemanan sangat penting untuk mengetahui situasi lingkungan kantor dan keadaan karyawan Anda. Hubungan interpersonal yang positif di tempat kerja, juga dapat menghasilkan kepuasan dan kesejahteraan pribadi pada karyawan.

Loyalitas karyawan terhadap perusahaan juga bisa terjadi jika ada "keseimbangan", keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan. Menjadi karyawan yang loyal memang harus ada pada diri setiap karyawan. Namun loyalitas karyawan tidak datang begitu saja. Sikap loyalitas ini harus diciptakan. Mendapatkan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan yang baik, tidak hanya membuat karyawan bisa tetap loyal ke perusahaan, tapi hal ini juga bisa menaikan motivasi mereka dalam bekerja. Jika Anda tidak bisa meminta salah satu motivator datang ke perusahaan Anda untuk memberikan motivasi kepada karyawan, Anda juga bisa mengundang salah satu pemuka agama untuk memberikan siraman rohani. Atau minimal Anda yang memberikannya sendiri, jadilah pemimpin yang menginspirasi.

Demikian tips meningkatkan dan membangun loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Loyalitas karyawan tidak datang begitu saja, Andalah yang harus menciptakan rasa loyalitas itu pada karyawan. Pemimpin yang memiliki kemampuan untuk menginspirasi, dapat membangun loyalitas karyawan. Karena kepemimpinan yang menginspirasi dapat  membuat orang-orang di bawahnya termotivasi, sehingga karyawan dapat bekerja lebih keras, dan mencintai pekerjaan mereka. Ingin karyawan loyal pada perusahaan Anda?, Jadilah pemimpin yang loyal terlebih dahulu kepada karyawan dan usahakan bisa memotivasi karyawan Anda. Sebab hubungan timbal balik itu pasti ada, antara kepemimpinan Anda yang menginspirasi dan loyalitas karyawan. Keduanya memiliki dampak besar pada keterlibatan dan komitmen karyawan loyal ke perusahaan. Semoga dengan tips meningkatkan dan membangun loyalitas karyawan terhadap perusahaan ini, Anda dapat mempertahankan karyawan terbaik Anda di perusahaan.
Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs