Tips Cara Menyembuhkan Sakit Leher Belakang dan Pundak ~ PLAZA ONLY
close

Sunday, August 21, 2016

Sakit Leher. Pernah sakit leher dan pundak sebelah kanan atau kiri?. Tips cara menyembuhkan sakit leher bagian belakang ini patut Anda coba. Sakit leher dan pundak adalah gangguan yang umum dialami banyak orang dalam berbagai usia. Dan penyebab sakit leher dan cara mengatasinya pun beragam. Jadi coba ingat-ingat dulu, mulai kapan sakit leher itu muncul dan seperti apa gejalanya, hal ini penting untuk Anda mudah menyembuhkannya. Sakit leher dan pundak sebelah kanan atau kiri, biasanya muncul akibat adanya ketegangan antara otot-otot bagian leher dan pundak yang diakibatkan karena tekanan emosional dan penggunaan otot-otot leher secara berlebihan atau posisi leher yang salah.

tips cara menyembuhkan sakit leher

Yang paling sering dialami orang adalah sakit leher sebelah kiri. Leher sebelah kiri sampai pundak sering terasa nyeri jika menunduk. Sakit leher sebelah kiri seperti ini lebih sering timbul akibat otot leher meradang atau tegang. Hal ini terjadi akibat penggunaan otot-otot leher secara berlebihan atau posisi leher yang salah dan berlangsung cukup lama. Seperti terlalu lama menyetir, terlalu lama mengetik di depan komputer, mengangkat benda berat di leher, menyentak leher selama olah raga, tidur dengan posisi kepal dan leher yang buruk dan sebagainya. Dan posisi tubuh yang tidak tepat merupakan salah satu faktor penyebab sakit leher sebelah kiri.

Sakit leher sebelah kiri merupakan gejala leher kaku, sehingga menimbulkan sakit leher dan pundak sebelah kiri atau kanan. Sakit leher sebelah kiri ini bisa menyebabkan sakit hingga sampai bagian kepala sebelah kiri juga. Dan gangguan ini bisa berlangsung sampai beberapa jam bahkan bisa sampai beberapa hari. Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami sakit leher sebelah kiri atau nyeri leher. Ada beberapa tips sederhana cara menyembuhkan sakit leher yang patut Anda coba, namun coba cek penyebabnya dulu. Bagi Anda yang suka sakit leher dan pundak, berikuti beberapa penyebab sakit leher sebelah kiri dan pundak sebelah kanan.

Penyebab sakit leher dan pundak sebelah kiri-kanan.
1. Ketegangan otot leher
Otot leher yang tegangan  bisa terjadi akibat penggunaan otot-otot leher secara berlebihan atau posisi leher yang salah. Penggunaan otot-otot leher secara berlebihan dan berlangsung lama seperti menyetir, mengetik dapat menyebabkan sakit leher sebelah kiri. Dan posisi leher yang salah juga bisa menyebabkan sakit leher sebelah kiri seperti  salah gerak dan tidur dengan posisi kepal dan leher yang buruk.
2. Cedera leher
Cedera leher bisa terjadi akibat olahraga. Leher sangat rentan terhadap cedera, bisa karena terjatuh, kecelakaan lalu lintas, dan olahraga. Dimana otot-otot leher dipaksa untuk bergerak  secara normalnya sehingga jika leher terkilir atau patah, maka sumsum tulang belakang juga dapat rusak. Cedera leher yang disebabkan oleh sentakan kepala yang tiba-tiba disebut "whiplash" yang terasa sangat menyakitkan.
3. Kerusakan sendi
Penyebab sakit leher dan pundak bisa karena kerusakan sendi. Sama seperti semua sendi lainnya, sendi-sendi leher juga dapat mengalami kehausan dengan bertambahnya usia yang dapat menyebabkan osteoarthritis di leher. Maka tak jarang kerusakan sendi ini menjadi penyebab sakit leher juga.
4. Saraf terjepit
Saraf terjepit atau tertekan juga bisa menjadi pencetus  sakit leher. Herniated disc (taji tulang) di tulang belakang leher dapat menekan cabang saraf yang berasal dari sumsum tulang belakang di leher. Sebagai akibatnya timbullah rasa sakit di leher yang biasanya menjalar sampai ke bahu hingga tangan.
5. Radang selaput otak
Meningitis atau radang selaput otak adalah peradangan pada jaringan tipis yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Radang selaput otak bisa juga menjadi penyebab sakit leher. Ciri khas dari gejala radang selaput otak adalah leher kaku dan terasa sakit, dan biasanya disertai dengan demam dan sakit kepala parah. Radang selaput otak (Meningitis) ini dapat mematikan dan merupakan keadaan darurat medis. Oleh karena itu, cermatilah gejala meningitis. Jika dicurigai segeralah periksakan ke dokter.

Nah, dari beberapa penyebab sakit leher dan pundak atau punggung yang sudah dijelaskan. Coba ingat-ingat lagi, mulai kapan sakit leher Anda itu muncul dan gejala apa yang menyertainya. Sakit leher memang masalah umum yang sering kita alami, dan biasanya akan membaik dalam beberapa hari jika penyebabnya adalah karena ketegangan otot leher. Pernahkah leher Anda terasa kaku sehingga sulit digerakkan?, bisa jadi penyebabnya karena Anda baru saja mengalami cedera leher saat terjatuh atau saat melakukan olahraga. Lalu bagaimana cara mudah mengatasi nyeri pada leher dan pundak seperti ini?.

Tips cara menyembuhkan sakit leher belakang dan pundak atau punggung. Jika sakit leher yang Anda alami karenan penyebab ketegangan otot leher dan cedera leher. Maka cara mengatasi sakit leher atau kaku leher yang ringan seperti ini, dapat diatasi dengan cara-cara sederhana. Berikut tips cara menyembuhkan sakit leher :
1. Pertama, kompres dengan air dingin (air es) pada leher yang sakit selama 3-4 kali sehari. Besoknya gunakan kompres air hangat atau mandi dengan air hangat.
2. Minum obat penghilang rasa sakit (analgetik) yang dijual bebas seperti ibuprofen atau acetaminophen. Atau bisa juga mengoleskan obat oles seperti neo rheumacyl.
3. Istirahatkan leher Anda. Jangan olahraga dulu, mengangkat yang berat-berat, atau melakukan gerakan leher. Jagalah posisi leher yang tidak membuat leher tambah sakit.
4. Pijat lembut pada leher Anda, tapi jangan memijatnya kuat-kuat karena malah akan membuat sakit leher Anda makin parah sehingga tak kunjung sembuh.
5. Jika sudah mendingan, lanjutkan aktivitas normal secara perlahan, tapi jangan langsung dipaksa untuk latihan leher setiap hari. Perlahan-lahan meregangkan kepala dengan gerakan ke kiri-kanan dan atas-bawah. Atur posisi yang baik, jangan biarkan leher dalam posisi buruk atau posisi monoton dalam jangka waktu yang lama.

Tapi, jika sakit leher yang Anda alami karena kerusakan sendi, saraf terjepit dan radang selaput otak. Saya menyerankan Anda segera mengunjungi dokter agar mendapat penangan yang tepat dari penyebab sakit leher yang ditimbulkan. Tips cara menyembuhkan sakit leher belakang dan pundak atau punggung yang sudah dijelaskan pada artikel ini adalah cara untuk mengatasi nyeri leher sebelah kiri-kanan yang tidak berbahaya. Sakit leher yang disebabkan ketegangan otot leher dan cedera memang tidak berbahaya, namun sakit leher ini sangat mengganggu aktivitas si penderita. Sakit leher sebelah kiri lebih sering timbul akibat dari ketegangan otot leher dan cedera karena otot leher meradang atau tegang.

Jika sakit leher belakang sampai kepala, besar kemungkinan sakit leher yang Anda alami karena salah satu penyebab ini, yaitu kerusakan sendi, saraf terjepit  atau radang selaput otak. Segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Namun jika sakit leher yang Anda rasakan masih kategori ringan, maka cara menghilangkan sakit leher seperti yang sudah dijelas di atas dapat Anda coba. Pada umumnya rasa nyeri sakit leher muncul di area pundak atau punggung dan tengkung. Nyeri ringan bisa berlangsung beberapa menit atau beberapa jam saja sedangkan nyeri akut bisa berlangsung selama beberapa jam bahkan bisa sampai beberapa hari. Dan semoga tips cara menyembuhkan sakit leher belakang dan pundak ini dapat membantu Anda mengatasinya.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs