Cara Bijak Mengatasi PENJUALAN yang Menurun ~ PLAZA ONLY
close

Wednesday, September 21, 2016

Cara mengatasi penjualan yang menurun. Bagaimana strategi kita mengatasi penurunan penjualan  pada usaha atau bisnis?. Cara mengatasi penurunan penjualan ketika bisnis mulai menurun, ada banyak hal yang bisa Anda coba lakukan ketika bisnis atau usaha sedang mengalami penurunan omset atau pendapatan. Kita ketahui, bahwa dalam menjalani usaha apa pun pasti ada kalanya naik dan ada kalanya turun. Dan ketika bisnis mulai menurun, kita harus punya strategi untuk mengatasi penurunan penjualan  dalam usaha kita.

cara mengatasi penjualan yang menurun

Nah, bagaimana cara mengatasi penurunan penjualan tersebut ?. Disni saya akan berikan kepada Anda strategi mengatasi penurunan penjualan  bagi yang sedang mengalami penjualan yang menurun pada usahanya. Tapi strategi untuk mengatasi penurunan penjualan  ini, boleh juga untuk Anda yang sedang merintis atau sedang memulai bisnis. Agar nanti, saat mengalami penjualan yang menurun Anda bisa mengatasi nya dengan mudah. Namun sebelum saya bahas strategi nya, kita cari tahu dulu faktor penyebab penjualan yang menurun pada usaha kita.

Apa kira kira faktor penyebab penurunan penjualan pada usaha Anda?. Memang banyak sekali faktor yang penyebab kan naik turun nya sebuah usaha atau bisnis. Salah satu penyebab nya bisa karena situasi atau kondisi ekonomi masyarakat yang sedang menurun. Dan bisa juga karena cuaca yang buruk atau lokasi bisnis yang kurang strategis. Dan masih banyak lagi faktor penyebab penjualan yang menurun pada sebuah bisnis. Bahkan banyak pula hal yang tidak bisa kita perhitungkan secara akurat, sehingga menurun nya penjualan atau omset dalam sebuah bisnis menjadi hal yang wajar.

Namun jika kondisi ini terjadi, tentu kita harus mengatur strategi untuk mengatasi penurunan penjualan pada usaha kita. Salah satu trik cara mengatasi penjualan yang menurun paling jitu adalah "mencari tahu penyebab apa yang membuat usaha atau bisnis Anda menurun". Karena penjualan yang menurun berarti ada hal atau masalah yang harus diselesaikan. Anda harus benar benar tahu dulu mengapa terjadi penurunan penjualan pada usaha Anda. Apakah karena produk Anda sudah tidak berkualitas lagi?, apa karena produk Anda sudah kuno?, atau karena adanya kompetitor lain yang mulai menggeser produk Anda?. Untuk kembali memulihkan bisnis Anda, maka Anda harus tahu cara mengatasi penjualan yang menurun.

Cara bijak untuk mengatasi penjualan yang menurun adalah dengan menerapkan strategi dalam mengatasi penurunan penjualan  pada usaha kita. Strategi berikut ini, bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi penurunan penjualan pada usaha Anda.
1. Refreshment
Segera segarkan kembali tampilan atau kemasan bisnis Anda. Bisa jadi pelanggan sudah mulai bosan dengan tampilan produk usaha Anda. Cara menyegarkan kembali tampilan bisnis, bisa dengan mengubah tampilan pada laman media online atau situs bisnis Anda (jika sudah punya), atau memberikan sedikit sentuhan pada posisi toko Anda. Atau segera lakukan renovasi kecil-kecilan pada lokasi usaha Anda agar terlihat lebih segar.
2. Ubah strategi marketing
Marketing lama mungkin sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang ini, maka segera ubah ke marketing baru. Karena zaman terus berkembang, perubahan pun terus terjadi maka ubah strategi promosi Anda yang lama ke yang baru. Sebagai seorang pengusaha, jangan pernah berhenti mengenali cara marketing terbaru. Seperti sekarang ini media promosi dari surat kabar bisa Anda ubah ke media online. Gunakan media online seperti media sosial facebook atau google dan sarana lainnya. Jangkau lebih banyak target konsumen usaha atau bisnis Anda  melalui marketing baru ini.
3. Cari mitra atau networking
Mitra dapat membantu kita memulihkan bisnis yang sedang menurun. Salah satu cara mengatasi penurunan penjualan pada usaha kita adalah "mencari mitra maupun networking". Mungkin saat ini Anda belum memiliki mitra usaha, sehingga saat mengalami masalah, Anda sendiri yang mengatasinya. Mitra bisnis itu bisa saudara, teman, rekan pebisnis lain atau bank. Namun dalam memilih mitra dalam usaha jangan gegabah, pastikan dulu apakah mereka memang benar-benar bisa membantu Anda nantinya. Maka cari orang terdekat Anda dulu jangan mencari orang jauh, karena mungkin relasi dekat Anda lebih bisa membantu. Setelah menemukan mitra yang pas, lakukanlah kerjasama dengan mereka di atas hitam atau putih, dengan perjanjian tertentu yang tidak saling merugikan.

Jika strategi mengatasi penurunan penjualan  di atas belum bisa mengatasi penjualan yang menurun pada usaha Anda. Mungkin Anda harus bermitra dengan pihak bank, untuk mengajukan kredit sebagai solusinya. Namun Anda juga harus memperhitungan cara pembayaran kredit usaha Anda setiap bulannya. Cara lain untuk mengatasi penjualan yang mulai menurun adalah "dengan memaksimalkan kinerja kita".

Jika sudah melakukan penyegaran, sudah mengubah strategi promosi dan sudah memiliki mitra, namun penurunan penjualan pada usaha tetap dirasakan. Maka cobalah untuk memaksimalkan kinerja Anda. Mungkin saat bisnis lancar, Anda lebih suka mengandalkan karyawan untuk menjalankan usaha Anda. Namun ketika Anda sedang berada di zona tidak nyaman karena omset menurun, maka cobalah turun langsung ke lapangan. Mungkin dengan demikian, Anda akan mengetahui apa permasalahan yang terjadi dalam bisnis Anda.

Jika sudah tahu permasalahan utama nya, maka cara bijak mengatasi penjualan yang menurun pun dapat segera Anda lakukan. Jika usaha Anda masih bisa kembali di pulihkan, menjual sebagian aset usaha bisa Anda coba untuk memulihan kembali roda perekonomian bisnis Anda. Aset usaha bisa kendaraan, benda seni, tanah, dan lain-lain. Anda bisa menjual sebagian aset tersebut untuk mendapatkan modal. 

Namun, jika Anda rasa cara mengatasi penjualan yang menurun pada usaha Anda cukup butuh waktu lama untuk memulihan nya kembali. Anda bisa memulai bisnis sampingan dulu, atau fokus pada usaha sampingan Anda saja dulu. Tujuan nya adalah, untuk mendapatkan keuntungan yang bisa digunakan untuk memulihkan bisnis utama Anda. Dan semoga strategi untuk mengatasi penurunan penjualan usaha atau bisnis Anda berhasil.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs