Faktor Penyebab Menurunnya OMZET Penjualan Toko ~ PLAZA ONLY
close

Friday, September 23, 2016

Faktor yang menyebabkan penjualan menurun. Apa penyebab penurunan omzet penjualan ?. Tahukah Anda penyebab sales toko Anda turun ?. Sebagai pengusaha, wajib tahu penyebab menurunnya penjualan di usaha atau bisnis yang dijalankannya. Agar solusi untuk omset penjualan menurun dapat diatasi dengan bijak. Disini saya ingin share beberapa faktor menurunnya penjualan yang sering dialami para pengusaha. Saya berharap, nantinya Anda bisa menganalisa penyebab menurunnya penjualan toko usaha Anda.

faktor yang menyebabkan penjualan menurun

Ada banyak faktor penyebab penurunan penjualan toko usaha maupun bisnis seseorang. Dalam menjalani sebuah usaha atau bisnis, pasti akan mengalami naik-turun nya omzet penjualan. Ada kalanya naik dan ada kalanya turun omzet penjualan seseorang dalam bisnis. Faktor yang menyebabkan penjualan menurun pun sangat banyak, mulai dari faktor internal maupun faktor eksternal. Dan ada banyak pula hal-hal yang tidak bisa kita perhitungkan secara akurat, sehingga menurunnya omset atau sales toko turun menjadi sebuah hal yang wajar dialami seorang pengusaha.

Jika situasi dimana omzet penjualan menurun atau sales toko turun, Anda lami saat ini. Maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, mencari tahu penyebab menurunnya omzet penjualan toko Anda. Sebagai pengusaha Anda harus tahu beberapa faktor menurunnya penjualan pada sebuah usaha atau bisnis. Berikut beberapa faktor internal yang menyebabkan penjualan menurun, yang wajib Anda tahu.
1. Kualiatas produk mungkin sudah mulai menurun.
2. Produk Anda mungkin sudah kuno (tidak relevan lagi dengan zaman sekarang).
3. Produk Anda mungkin kurang inovasi, sehingga orang sudah mulai jenuh.
4. Strategi marketing Anda kurang bahkan kuno.
5. Pelayanan kurang terhadap konsumen.

Segera cari tahu apa penyebab menurunnya penjualan Anda. Salah satu cara paling jitu untuk mengatasi omzet penjualan menurun adalah "mengetahui  penyebab menurunnya penjualan". Jika Anda ingin kembali memulihkan usaha atau bisnis, yang omzet penjualan nya menurun, maka cari tahu dulu penyebab menurunnya penjualan tersebut. Omset menurun berarti ada masalah yang harus diselesaikan!.  Lihat dulu dari segi faktor internal yang menyebabkan penjualan menurun. Apakah karena kualitas produk Anda?, atau karena kurangnya promosi, atau bisa jadi pelayanan yang kurang. Anda harus benar-benar tahu mengapa sales toko turun, kenapa omzet penjualan menurun dan kenapa bisa demikian.

Untuk menganalisa penyebab menurunnya penjualan, selain dari faktor internal Anda juga harus tahu beberapa faktor eksternal penyebab penurunan penjualan. Dan berikut beberapa faktor eksternal yang menyebabkan penjualan menurun, yang wajib Anda tahu.
1. Lokasi bisnis atau usaha Anda kurang strategis.
Lokasi sangat menentukan lancar tidaknya usaha. Apalagi usaha tersebut berhubungan langsung dengan konsumen. Memilih lokasi yang tepat dan strategis haruslah menjadi pertimbangan utama saat menjalankan usaha.
2. Kondisi ekonomi masyarakat yang kurang baik.
Situasi dimana perekonomi suatu negara atau daerah tidak baik, sudah sangat tentu berdampak pada omzet penjualan apapun di daerah tersebut.
3. Cuaca buruk.
Tidak bisa dipungkiri, cuaca juga salah satu faktor penyebab penurunan penjualan. Cuaca buruk, tentu akan sangat mempengaruhi aktifitas masyarakat sekitar.
4. Ada kompetitor lain yang mulai menggeser bisnis Anda.
Kompetitor bisa membuat usaha seseorang maju tapi bisa juga mengakibatkan bisnis turun. Ketika ada kompetitor lain maka persaingan pun terjadi, bisa persaingan harga, kualitas, pelayanan dan sebagainya.

Nah, inilah beberapa faktor yang menyebabkan penjualan menurun. Sebagai pengusaha, seharusnya lah Anda mengetahu apa penyebab menurunnya penjualan. Sehingga saat sales toko turun, omzet penjualan menurun, Anda tahu penyebab nya. Banyak faktor yang turut berperan dalam ke sukses-an usaha yang Anda jalankan selama ini. Dan banyak pula faktor yang turut berperan dalam menurunnya omzet penjualan bisnis yang Anda jalankan. Semua orang yang ingin berbisnis, pasti mengingkan usaha yang didirikannya bisa menguntungkan bahkan bisa sampai berkembang. Namun kenyataannya, setiap usaha pasti akan ada hambatan yang dilalui, ada kalanya lancar namun ada kalanya turun.

Itulah penting nya kita mengetahu faktor faktor apa saja penyebab menurunnya omzet penjualan toko, usaha maupun bisnis. Sekarang, sudahkah Anda mengetahu penyebab menurunnya penjualan toko Anda?. Lalu bagaimana seharusnya Anda menyikapi usaha  yang omzet penjualan nya menurun. Dalam menjalani sebuah usaha atau bisnis, Anda harus punya strategi dan cara mengatasi penjualan yang menurun. Karena tanpa strategi, Anda tidak akan bisa menyelamatkan usaha Anda untuk kembali stabil seperti sedia kala.

Dan apapun faktor penyebab menurunnya omzet penjualan toko Anda. Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah  berdoa dan teruslah berupaya. Sebuah keyakinan bahwa "setiap rezeki ada yang mengatur, dan rezeki tidak akan pernah tertukar!", harus selalu ada dalam diri kita.  Yakinlah, usaha atau bisnis Anda yang sedang mengalami omzet penjualan menurun akan kembali stabil. Asalkan Anda berusaha mengatasi penyebab penurunan omzet penjualan toko usaha tersebut.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs