Faktor Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

Apa faktor yang menyebabkan penuaan dini?, dan bagaimana cara mencegah penuaan dini secara alami. Mencegah penuan dini memang tidak mudah, dan disini saya akan membahas cara mencegah penuaan dini pada wajah secara alami. Penuaan dini disebabkan oleh banyak faktor, penuaan juga tidak dapat kita hentikan tapi penuaan dini pada kulit dapat kita tunda dan cegah. Penuaan pada kulit wajah kita pasti akan terjadi cepat atau lambat. Namun apa yang harus kita lakukan untuk mencegah penuan dini terjadi pada wajah kita?.

faktor yang menyebabkan penuaan dini

Mencegah penuan dini, itulah yang harus kita lakukan. Karena penuaan dini pada kulit wajah dapat kita cegah. Penuaan memang merupakan hal yang mutlak yang tidak dapat kita hentikan terjadi pada diri setiap manusia. Penuaan juga merupakan hal yang pasti akan dialami oleh setiap manusia, tetapi penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari usia sebenarnya. Pada artikel ini, kita akan membahas cara mencegah penuaan dini pada wajah secara alami. Namun sebelumnya, kita akan mencari tahu dulu apa saja faktor yang menyebabkan penuaan dini itu terjadi.

Faktor yang menyebabkan penuaan dini terjadi menurut para medis sangatlah banyak. Jadi, mari kita cari tahu beberapa faktor penyebab penuaan dini dan cara mencegah penuaan dini itu terjadi pada kulit wajah kita. Untuk mencegah penuan dini terjadi, ketahuilah beberapa faktor umum yang menyebabkan penuaan dini itu terjadi. Berikut beberapa faktor penyebab penuaan dini terjadi, yang wajib Anda ketahui.
1. Pola makan tidak sehat
Hindari pola makan tidak sehat!. Sebisa mungkin, mulailah menerapakan pola makan sehat. Karena penuaan dini disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat.
2. Stres
Hindari stres!. Seberat apapun masalah yang Anda hadapi, usahakan untuk tidak larut dalam stres. Karena penuaan dini disebabkan oleh stres yang berkepanjangan. Kelolah stres Anda dengan bijak dan usahakan untuk bisa membahagiakan diri Anda sendiri agar tidak terjadi penuaan dini pada kulit wajah Anda.
3. Kecanduan kafein dan alkohol
Hindari kecanduan kafein dan alkohol!. Kecanduan mengkonsumsi kafein atau alkohol dapat menyebabkan penuaan dini pada wajah. Karena penuaan dini disebabkan oleh kafein dan alkohol yang berlebihan. Mengkonsumsi kafein memang ada manfaatnya tapi kecanduan dapat berbahaya bagi kesehatan dan juga penuaan.
4. Bermalas-malasan
Hindari sifat "malas" karena penuaan dini disebabkan oleh kebiasan dan sifat bermalas-malasan. Penuaan dini pada kulit wajah terjadi karna Anda malas membersihkan wajah, malas menjaga pola makan, malas berolah raga, dan malas-malas yang lainnya.
5. Tidur cukup
Mengistrahatkan tubuh dan pikiran sangatlah penting bagi kesehatan. Untuk itu ada baiknya Anda mengusahakan tidur minimal 6 jam sehari. Karena penuaan dini disebabkan oleh kurang tidur, dan lebih bagus lagi jika Anda bisa tidur 8 jam perhari sesuai anjuran dokter.

Itulah beberapa penyebab penuaan dini terjadi pada wanita dan pria. Jika kita sudah tahu bagaimana penyebab penuaan dini itu terjadi, maka tentu akan tahu cara mencegah penuaan dini secara alami. Tidak hanya wanita, pria pun akan menjadi resah ketika mulai melihat wajahnya berkeriput dan garis-garis halus ada di sekitar wajahnya. Setiap orang tentu tidak mau mengalami penuaan dini terjadi pada wajahnya, meskipun proses penuaan terjadi secara alami, dengan bertambahnya umur seseorang maka penuaan pun akan datang juga. Namun mengalami penuaan dini yang merupakan proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya, pasti tidak diinginkan oleh siapa pun.

Jika Anda tidak mau mengalami penuaan dini pada kulit, maka cegahlah semua faktor yang menyebabkan penuaan dini itu terjadi. Mencegah penuan dini lebih baik daripada mengobati!. Walaupun bertambahnya usia tidak dapat kita cegah, tapi mencegah penuan dini terjadi bisa kita cegah. Cara mencegah penuaan dini secara alami yang bisa kita usahakan setiap hari adalah "tidurlah secara teratur 6-8 jam sehari". Dan mulailah menerapkan pola hidup sehat dengan teratur makan dan berolahraga. Serta hindari pemakaian kosmetik yang salah dan berlebihan, karena penggunaan kosmetik yang salah dan berlebihan juga bisa menjadi penyebab penuaan dini pada kulit wajah Anda.

Cara lain untuk mencegah penuaan dini secara alami yang bisa kita lakukan adalah usahakan rutin mengkonsumsi teh hijau atau mengkonsumsi jamu kunyit setiap hari untuk mencegah penuan dini terjadi pada kulit wajah. Jika Anda tidak bisa mengkonsumsi teh hijau atau jamu kunyit setiap hari, cukup minum air putih saja 8 gelas perhari. Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari sebagai cara mengembalikan penuaan dini itu terjadi. Karena air putih dapat mengembalikan kerusakan pada kulit dan mencegah penuaan dini terjadi.

Cara mencegah penuaan dini secara alami yang paling mudah adalah rutin mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit. Air putih juga bisa mencegah terjadinya obesitas karena penuaan dini bisa disebabkan oleh obesitas. Seseorang yang memiliki tubuh besar atau gendut biasanya akan terlihat lebih tua dari mereka yang memiliki tubuh ideal. Jadi, salah satu cara mencegah penuaan dini terjadi adalah "hindari obesitas" agar penuaan dini pada kulit wajah Anda pun tidak terjadi. Sebenarnya, bukan masalah tua atau tidak, tetapi menjadi tua sebelum waktunya yang menjadi masalah. Jangan sampai Anda yang berumur 17 tahun tapi dikira orang sudah 25 tahun.

Dan faktor lain yang menyebabkan penuaan dini terjadi pada kulit wajah adalah memiliki riwayat jenis kulit kering. Karena pada dasarnya, penuaan dini terjadi pada kulit wajah disebabkan oleh "kulit kering". Seseorang yang memiliki jenis kulit kering akan lebih mudah mengalami penuaan dini pada kulit wajahnya. Seiring pertambahan usia seseorang, maka jaringan kolagen dan elastin pada kulit wajah akan melemah. Hal inilah yang membuat elastisitas kulit berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah. Jika Anda memilik jenis kulit kering maka cara mencegah penuan dini terjadi pada kulit wajah, cukup oleskan madu minimal 1xsehari pada kulit wajah Anda. Madu dipercaya dapat mencegah penuan dini pada kulit wajah.

Semua penyebab penuaan dini, wajib kita tahu agar kita dapat mencegah penuan dini tidak terjadi pada diri kita. Penuaan dini pada dasarnya bisa dicegah dan diobati secara alami. Jika Anda tahu apa saja faktor penyebab penuaan dini itu terjadi. Anda pasti tidak mau kan mengalami penuaan dini?, maka Anda harus mengetahui apa saja faktor yang menjadi penyebabnya. Sebisa mungkin faktor penyebab penuaan dini dapat Anda cegah agar penuaan dini pada kulit wajah Anda tidak terjadi. Demikian ulasan saya mengenai faktor penyebab penuaan dini terjadi dan cara mencegahnya.





Add Your Comments

Disqus Comments