Ini Alasan Kenapa OMSET Penjualan Turun dan Solusi nya ~ PLAZA ONLY
close

Tuesday, September 27, 2016

Alasan sales/penjualan menurun,kenapa omset turun? dan apa solusi nya untuk penjualan menurun. Penyebab sales turun dan alasan penjualan menurun, ini lah beberapa penyebab omset turun dan solusi nya. Kenapa omset saya turun ?. Penyebab turunnya omset penjualan - pada artikel ini kita akan bahas beberapa penyebab omset turun dan alasan penjualan menurun. Sebenarnya penyebab penjualan menurun ada banyak faktor yang menyebabkan penjualan menurun pada sebuah usaha atau bisnis.

alasan penjualan menurun

Karena dalam bisnis, sudah pasti ada masa-masa, dimana penjualan bisa turun dan bisa juga meningkat. Yang terpenting, dalam menjalankan usaha, kita sudah memiliki strategi untuk mengatasi penurunan penjualan dalam usaha kita. Sebagai pengusaha, apakah Anda sudah memiliki strategi untuk mengatasi penurunan penjualan/omset menurun?. Karena memiliki beberapa cara untuk mengatasi penurunan penjualan, sangatlah penting.

Namun pada artikel ini, saya tidak akan membahas strategi mengatasi penurunan penjualan tetapi saya akan share beberapa alasan penjualan menurun/alasan sales turun dan solusi nya, untuk mengatasi penurunan penjualan dalam usaha atau bisnis Anda. Ketika omset turun karena penjualan menurun, pernahkah Anda bertanya "kenapa omset saya turun?", apa penyebab turunnya omset penjualan saya.

Untuk mengetahu penyebab penjualan menurun maka Anda harus mencari tahu, "apa penyebab turunnya omset penjualan dalam bisnis Anda". Omset menurun berarti ada masalah dalam usaha Anda, ada kendala yang harus segera diatasi. Maka Anda harus tahu dulu alasan sales turun/alasan penjualan menurun, dan kenapa bisa sampai menurun. Setiap orang yang ingin membuka usaha atau bisnis, pasti berharap usaha yang didirikannya suatu saat nanti berkembang dan menguntungkan. Tapi sebagai pengusaha, kita jangan pernah lupa bahwa dalam menjalankan usaha/bisnis, sudah pasti akan menemukan kendala dan masalah yang harus siap kita lalui.

Jadi, beberapa alasan penjualan menurun di bawah ini wajib Anda tahu. Ini lah alasan sales turun - penjualan menurun - omset turun yang lajim terjadi dalam sebuah usaha atau bisnis.
1. Kualitas produk
Alasan penjualan menurun/alasan sales turun adalah karena faktor kualitas produk Anda kurang atau menurun bahkan mungkin kualitas produk Anda bermasalah. Atau bisa jadi karena produk Anda sudah kuno dan kurang inovasi.

2. Pelayanan tidak maksimal
Salah satu alasan penjualan menurun yang tidak kalah penting adalah karena faktor pelayanan. Semua pelanggan ingin mendapatkan pelayanan yang baik, sopan, dan ramah. Ketika pelayanan Anda kurang maksimal maka biasanya pelanggan malas dan enggan untuk datang kembali.

3. Marketing kurang efektif dan efisien
Mungkin cara Anda mempromosikan usaha atau bisnis Anda sudah ketinggalan jaman seperti, sebarin brosur di jalan atau mungkin cuman memasang papan merek di jalan-jalan. Padahal zaman terus berkembang dan perubahan pun terus terjadi. Jadi, gantilah cara promosi Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Gunakan banyak media dan sarana yang tersedia saat ini untuk mempromosikan usaha Anda seperti media sosial dan aplikasi online lainnya.

4. Lokasi usaha kurang strategis
Lokasi bisa menjadi alasan penjualan menurun, apalagi usaha atau bisnis Anda bergerak dalam jual beli. Dimana konsumen harus datang ke tempat lokasi usaha Anda, namun jika lokasi usaha  Anda kurang strategis bagi calon konsumen maka akan membuat penjualan menurun dari waktu ke waktu.

5. Cuaca buruk
Selain lokasi, cuaca juga bisa menjadi alasan kenapa penjualan turun. Cuaca buruk seperti hujan, tentu akan membuat konsumen malas keluar dan mengakibatkan penjualan penurun.

6. Kondisi ekonomi masyarakat
Yang tidak kala penting dari alasan kenapa penjualan/omset turun adalah karena kondisi ekonomi masyarakat. Mau produk sebagus apapun jika konsumen tidak ada uang maka tidak akan terjadi penjualan.

7.  Persaingan usaha
Alasan lain penjualan menurun adalah karena adanya kompetitor lain yang menggeser produk atau usaha Anda. Hal ini juga  bisa menjadi alasan sales Anda turun. Tidak bisa dipungkiri, dalam dunia usaha pasti selalu ada kompetitor yang berusaha menggeser usaha kita.

Ini lah alasan kenapa omset penjualan turun dan alasan sales turun. Lalu bagaimana solusi nya jika penjualan menurun?. Ketika Anda sudah mengetahui apa penyebab utama penjualan Anda menurun maka solusi nya adalah:
1. Tingkatkan kualitas produk Anda
2. Segarkan kembali tampilan produk  dan posisi toko Anda. Mungkin saja orang sudah mulai bosan dan jenuh melihat tampilan luar produk Anda. Atau bisa jadi pelanggan bosan dengan ruangan toko usaha Anda. Lakukan perubahan pada posisi toko Anda atau ganti warna kemasan produk, bila perlu ganti juga tampilan pada laman media online yang Anda miliki. Melakukan renovasi kecil-kecilan bisa menjadi solusi untuk mengatasi penjualan yang menurun.

3. Kerja lebih maksimal
Apa pun yang menjadi alasan penjualan kita menurun. Satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah, "usaha tidak akan pernah menghianati hasil". Artinya kita harus kerja lebih maksimal untuk hasil yang maksimal. Memang saat kita sedang berada di zona nyaman, kita lebih suka mengandalkan kinerja orang lain (karyawan). Namun saat omset turun kita harus segera bisa keluar dari zona nyaman untuk bisa menyelamatkan usaha kita. Penjualan menurun, maka pasti ada yang kurang beres, Anda pun harus berpikir mencari solusi nya.  Dan saatnya Anda untuk kerja lebih maksimal dengan memantau langsung usaha Anda.

Selain Anda harus berusaha dan bekerja lebih maksimal untuk mengatasi penurunan penjualan, solusi lain nya yang tidak kalah penting adalah berdoa, ketuk pintu rezeki untuk mengatasi penjualan yang menurun dalam usaha Anda. Yakinlah, bahwa rezeki kita itu ada yang mengatur dan rezeki kita tidak pernah tertukar dengan orang lain!. Banyak faktor yang menyebabkan penjualan Anda menurun namun jangan lupa, bahwa banyak faktor juga yang membuat omset Anda meningkat. Maka teruslah berusaha dan berdoa karena usaha dan doa turut berperan dalam kesuksesan usaha  yang Anda jalankan. Ini lah beberapa alasan kenapa omset penjualan turun, dan solusi nya yang dapat saya bagikan.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs