Batu Permata dan Batu Akik Memiliki Nilai Jual

Batu Permata dan Batu Akik Memiliki Nilai Jual - Batu akik atau batu permata kini makin diminati karena nilainya yang sangat tinggi, selain keindahan dan sisi mistis. Batu akik atau batu mulia ini sesungguhnya adalah mineral dan bebatuan yang terbentuk dari hasil geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia.

Batu Permata dan Batu Akik Memiliki Nilai Jual

Batu permata dan batu Akik harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan. Tidak semua tempat mengandung batu permata. Di Indonesia, hanya beberapa tempat yang mengandung batu permata, antara lain propinsi Banten (Kalimaya), Lampung (jenis anggur dan cempaka), Pulau Kalimantan (Kecubung/ Amethys dan Intan/ Berlian). 

Batu permata mempunyai nama dari mulai huruf a sampai huruf z, yang diklasifikasikan menurut kekerasan (Skala Mohs 1-10). Permata berkristal paling diminati, selain batu mulia seperti berlian, Zamrud, Ruby, dan Safir, batu-batu akik jenis anggur seperti biru langit, bungur atau kecubung. Tidak mudah mengidentifikasi batu permata. Dibutuhkan ilmu gemologi, yaitu cabang disiplin ilmu gemologi yang mempelajari teknik identifikasi, klasifikasi, dan penilaian terhadap kualitas batu permata. Ahli permata disebut gemologist. Gemologi mempelajari sifat-sifat dasar (optik dan fisik) batu permata menggunakan perlatan dasar seperti mikroskop, polariskop, diksroskop, spektroskop, refraktometer, timbangan SG, UV Flourescence, loupe, pinset, kain pembersih, alkohol, liquid, lampu neon, lampu senter, dan lain-lain. 

Belajar batu permata tidak semudah yang kita bayangkan. Dibutuhkan skill, knowledge, dan attitude yang benar-benar mumpuni.

Semua jenis batu sebenarnya memiliki nilai jual. Bukan hanya batu permata atau batu akik saja, batu bata pun punya nilai jual. Tapi tahukah anda, bahwa ternyata ada jenis batu akik yang berbahaya?. Lihat ulasannya di artikel ini "Jenis Batu Akik Yang Berbahaya". Namun ada juga batu permata yang memiliki nilai termahal jika bentuk dan jenisnya berkualitas tinggi. Batu termahal di dunia ini bahkan dihargai dengan harga fantastis.

Sumber : Master G




Add Your Comments

Disqus Comments