Waspadai Broker Ketika Trading ~ PLAZA ONLY
close

Sunday, May 31, 2015

Waspadai Broker ketika Trading-Tips Trading buat pemula. Anda harus waspada terhadap Broker Anda  ketika Trading. Kenapa?. Karena broker nakal, broker curang bahkan ada juga broker penipu. Cerita tentang banyaknya penipuan di online yang sering diceritakan orang di media sosial itu benar adanya. Dan salah satunya adalah "Broker".
 
Waspadai Broker Ketika Trading
 
Mengapa kita harus mengwaspadai Broker ketika Trading?. Broker nakal, broker curang bahkan ada juga broker penipu. Bagi seorang tader hal ini bukan hal asing lagi. Tapi bagi pemula mungkin hal ini sedikit asing bagi mereka, karena yang mereka tahu itu trading, iya trading... sama halnya Saya dulu saat jadi newbie di dunia trading. Dan ternyata kecurangan ini bukan hanya terjadi di dunia online para tader. Di dunia offline "bank" ternyata kecurangan untuk trading juga terjadi. 
 
Baru-baru ini lima bank besar didenda gara-gara mencurangi pasar mata uang. Tak tanggung-tanggung, denda yang dijatuhkan oleh otoritas finansial Amerika Serikat dan Inggris tersebut disebut sebagai yang terbesar dalam sejarah. Nilainya mencapai US$ 5,7 miliar. Pertanyaannya bagaimanakah bank-bank besar tersebut mencurangi pasar valuta asing (valas)?. Sebab, sejatinya, pasar valas sangat susah untuk dimanipulasi namun bukan berarti tidak mungkin. 
 
Mari kita berkenalan dengan pasar valas sejenak. Pasar valas adalah tempat terjadinya transaksi jual-beli mata uang. Mayoritas dilakukan secara virtual. Cukup dengan "klik" Anda sudah mampu bertransaksi. Transaksi valas ini berlangsung selama 24 jam.  Nilai transaksi valas cukup menggiurkan. Data Bank for International Settlements menunjukkan, nilai transaksi valas mencapai US$ 5,3 triliun per hari pada 2013 lalu. Ini kira-kira dua kali GDP Inggris yang sebesar US$ 2,5 triliun. 
 
Seperti layaknya pasar tradisional, perubahan harga suatu mata uang dalam pasar valas juga bergantung pasokan dan permintaan. Contohnya, jika dollar Amerika Serikat lebih popular ketimbang euro dalam periode tertentu maka The Greenback akan menguat terhadap euro. Begitu juga sebaliknya. Yang perlu dicatat adalah perubahan harga mata uang dalam pasar valas sangat cepat. Perubahannya bisa detik per detik tergantung mata uang itu merespon perubahan ekonomi.
 
Kecurangan terjadi menjelang penetapan harga mata uang yakni 30 detik sebelum dan 30 detik sesudah pukul 16.00 waktu London. Para pedagang bisa memanipulasi harga mata uang dengan memasukkan order sebelum kurs ditetapkan (fix). Jika ordernya sangat besar maka para pedagang bisa mempengaruhi kurs dan mengambil keuntungan. Inilah yang dilakukan lima bank tersebut. Pada November 2014 lalu, otoritas Amerika Serikat dan Inggris menemukan, pemain valas di kelima bank besar tersebut berkolusi untuk mempengaruhi kurs tersebut. Para traders berkolusi lewat chat room yang diberinama seperti The Bandit Club, The Cartel dan The Mafia. Lewat chatroom itu, mereka berkolusi untuk menetapkan order apakah buy atau sell terhadap kurs suatu mata uang.
 
Para traders ini bisa berkolusi dengan banyak traders dari beberapa bank atau perusahaan untuk mempengaruhi harga patokan. Contohnya, traders di HSBC bisa berkolusi dengan traders sedikitnya tiga perusahaan. Mereka berbagi informasi rahasia mengenai order dari nasabah. Lalu, mereka memakai informasi itu untuk memanipulasi harga poundsterling-dollar. Akibatnya harga poundsterling-dollar turun dari £1,6044 menjadi £1,6009. HSBC pun menangguk keuntungan US$ 162.000.
 
Praktik curang ini sudah berlangsung beberapa tahun. Untuk menambal celah tersebut, Financial Stability Board telah membentuk lembaga satuan tugas. Salah satu hasilnya adalah jeda waktu untuk menghitung kurs diperpanjang dari satu menit menjadi lima menit. Dengan waktu yang panjang ini, tim tersebut berharap pasar semakin susah dimanipulasi. 
Semoga Bermanfaat!.
 
 
   
Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs