Cara Menghapus Default Search Engine Mozilla

Cara menghapus default search engine Mozilla-Menghapus default mesin pencarian di browser Mozilla yang otomatis telah berubah ke Ask.com, Yahoo.com, Bing.com, dll. Setiap mau berselancar di dunia maya dan mencoba search di browser mozilla selalu muncul Ask.com, Yahoo.com, Bing.com. Google nya kemana?. Kalau sudah begini pusingkan?, dan pasti kesel juga karena setiap search apupun ga ketemu karena searchnya nga di Google she..., (@:^). Sementara dukunnya dunia maya itu kan iya mbah Google.com bukan yang lain. Jadi kalau mau search tanya mbah aja.

Cara Menghapus Default Search Engine Mozilla

Cara menjadikan default search engine browser Mozilla Anda Google.com bukan Ask, Yahoo, atau Bing sangat mudah. Perubahan ini bisa disengaja atau tidak, tapi kebanyakannya tidak disengaja. Default browser search engine Anda telah berubah menjadi Bing,  Ask, Yahoo, dll. Biasanya ini terjadi karena kita menginstal toolbar atau aplikasi freeware yang ada keterkaitan dengan Bing, Ask, Yahoo, dll-nya sehingga default mesin pencarian web Anda  otomatis berubah.

Cara menghapus search engine Yahoo, Ask, Bing pada browser Mozilla dan menggantinya dengan default Google di browser Mozilla Anda akan kita bahas disini. Kalau Anda merasa terganggu dengan keberadaan default search engine tersebut, seperti yang Saya rasakan karena sudah terbiasa dengan search Google, ya sebaiknya dihilangkan saja dan diganti kembali dengan search google.com.

Bagaimana cara mengganti search browser Mozilla menjadi Google?. Search Ask dan Yahoo serta Bing biasanya datang tidak diundang tahu-tahu search browser Mozilla Anda telah berubah dari default Google menjadi search Ask, Yahoo dan Bing. Untuk menghilangkannya dan mengembalikannya atau merubah default search engine browser Mozilla Anda ke google.com ikuti beberapa langkah mudah berikut ini :

1. Buka browser Mozilla Firefox Anda. Pada address bar ketikkan about:config maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Cara Menghapus Default Search Engine Mozilla

2. Klik "I'll be careful, I promise".

3. Pada kolom "Filter" ketik keyword.url (Pada Mozilla versi terbaru keyword.url sudah tidak ada tapi anda bisa ketik browser.search saja).

4. Kemudian dobel klik keyword.URL atau browser.search lalu ganti "String Value"nya. Berikut adalah beberapa search engine yang bisa diisikan :
  • Google:http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=utf-8&q=
  • Bing:http://www.bing.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q=
  • Yahoo: http://search.yahoo.com/search?p=
  • Ask: http://www.ask.com/web?q=
  • DuckDuckGo: https://duckduckgo.com/?q=

5. Jika sudah di ganti klik "OK". Kini default search engine Mozilla Firefox Anda sudah berubah kembali.

Mengembalikan default search engine pada Mozila Firefox selesai. Cara mengembalikan Google sebagai default search engine di Mozilla Firefox Anda mudah kan?.

Mungkin Anda pernah mengalami perubahan layanan search engine atau mesin pencari default pada browser Mozilla Firefox ini. Search engine default browser berubah menjadi AVG, BING,  Ask, Yahoo. Untuk menghapus search engine dari list silahkan ikuti cara di atas. Jika search default di Mozilla Anda mati atau tidak aktif Anda bisa mengatifkannya. Cara mengatifkannya bisa Anda lihat diartikel Saya selanjutnya "Cara Mengaktifkan Search Pada Mozilla". 

Nah, demikianlah cara menghapus dan menghilangkan search AVG, BING, Ask, Yahoo, dll dari default search engine Mozilla Firefox Anda semoga artikel ini bermanfaat.
Selamat Mencoba!.


 


Add Your Comments

Disqus Comments