Penyebab Loading Blog Lambat dan Cara Mengatasinya

Penyebab Loading Blog Lambat dan Cara Mengatasi Loading Blog Menjadi Lambat-Ada banyak penyebab loading blog lambat sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk membukanya. Blog yang loadingnya berat tidak disuakai visitor yang menginginkan akses informasi serba instan serba cepat tanpa harus menunggu lama-lama. Pemilik blog pun tentu ingin memiliki blog yang indah tetapi loading cepat, namun masalahnya terkadang keindahan sering mengorbankan performa.

Penyebab Loading Blog Lambat dan Cara Mengatasinya

Kalau begitu bagaimana cara mengatasi loading blog yang lambat?. Pertama kita harus tahu dulu penyebab blog itu menjadi lambat dan berat. Kecepatan loading page sangat vital dan penting dalam optimasi. Karena itu kita coba cari permasalahannya agar ditemukan solusi terbaik yang bisa diterapkan untuk blog kita terutama blog berbasis blogspot. Pertama kita harus tahu dulu penyebab blog itu menjadi lambat dan berat, dari sini kita akan tahu solusi apa yang layak kita ambil untuk kepentingan optimasi.

Solusinya untuk mengatasi masalah loading blog yang lambat terletak pada penyebab atau masalahnya. Mungkin Anda sedang mengalami tiba-tiba blog/website Anda lambat atau susah sekali diakses. Atau mungkin Anda pernah menjumpai saat membuka blog atau situs web yang sangat lambat saat Anda buka. Blog lambat atau bahkan sulit dibuka ada banyak faktor penyebabnya. Berikut beberapa penyebab loading blog lambat

1. Server atau layanan hosting buruk sangat berpengaruh secara langsung terhadap performa blog.

2. Banyak gambar atau image yang ditampilkan apalagi URL-nya atau filenya di hosting di server berbeda sehingga menyebabkan browser banyak melakukan request ke banyak alamat berbeda hanya untuk menampilkan satu halaman.

3. Penggunaan javascript yang berlebihan. Biasanya javascript digunakan untuk menampilkan ads, konten yang dinamis dan interaktif seperti menu navigasi, recent post, recent comment, popular post, tab, pencarian, dan berbagai antar muka lain yang seperti tooltip, slide, feature dan seterusnya.

4. Ukuran konten yang besar. Hal ini sangat masuk akal karena semakin besar file yang akan di download maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh file pada kecepatan yang sama. Bagaimana jika file yang harus di unduh itu jumlahnya banyak?. Ukuran konten tersebut bisa berupa : CSS, Javascript, File image dan sejenisnya.

5. Menampilkan banyak widget. Penggunaan widget yang banyak juga berpengaruh terhadap kecepatan loading halaman. Di wordpress pun penggunaan widget dan plugin yang berlebihan sangat terasa memperlambat eksekusi.

6. Browser tidak mendukung akses konten blog, ditemukan bug dan error serta kompatibilitasnya tidak sesuai.

7. Template blog juga bisa menyebabkan loading blog menjadi lambat.

Itulah beberapa penyebab loading blog lambat. Karena loading blog Anda berat bisa menyebabkan pengguna malas membukanya. Maka dari itu cari solusi paling mudah untuk mengatasi loading blog Anda yang lambat. Dari beberapa penyebab loading blog lambat di atas, kira-kira yang mana yang menyebabkan loading blog Anda menjadi lambat?. Setalah Anda tahu yang mana, cari solusinya. Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi blog yang lambat dan berat saat loading:

1. Kurangi gambar apalagi dengan ukuran besar, sebaiknya dikompress atau dikecilkan sampai ukuran yang optimal. Tetap terlihat berkualitas tapi tidak memberatkan.

2. Kurangi menampilkan video dari youtube dan layanan video lainnya, gunakan seperlunya saja.

3. Minimalisir penggunaan javascript, jika memungkinkan simpanlah di server yang sama. Perkecil ukurannya, buanglah yang tidak perlu termasuk baris kosong.

4. Kurangi juga pemasangan iklan yang membabi buta apalagi script codenya besar.

5. Minimalisir penggunaan animasi flash karena memberatkan dan juga tidak semua browser mendukungnya.

6. Gunakan CSS yang kompak dan sebaiknya pisahkan berdasarkan konten halaman. Misalnya ketika halaman tidak menampilkan kotak komentar, ada baiknya CSS untuk pengaturan komentar tidak dimasukan, begitupun halaman lain.

7. Kurangi widget. Semakin banyak widget, semakin banyak kode yang dimuat dalam halaman web dan mengakibatkan ukuran membengkak.

8. Kecilkan ukuran template dengan cara membuang baris kosong dan tidak perlu, jika memungkinkan buanglah karakter 'enter' sehingga source code halaman hanya akan berisi satu baris. Jangan khawatir browser tidak bisa merender dengan baik, karena browser merender dan memformat konten berdasarkan tag HTML didalamnya.

9. Pilih server dengan performa bagus termasuk bandwidth dan space yang digunakan. Ada baiknya jika target visitornya khusus sebuah negara tertentu, pilihlah server yang berada di daerah atau sekitar area tersebut.

10. Pilih template yang mendukung SEO. Optimasi blog itu identik dengan kebijaksanaan dalam memilih dan menggunakan template blog yang fair antara keindahan dan performa. Jangan sampai mengorbankan performa hanya demi mengejar keindahan.

Semoga blog/website Anda tidak lagi mengalami masalah sulit dibuka atau loading lambat setelah Anda mengetahui apa penyebab loading Blog Anda menjadi lambat dalam artikel ini. Karena Anda sudah tahu cara mengatasinya agar pengunjung tidak malas membuka blog/webiste Anda yang sulit dibuka.
Selamat Mencoba!.





Add Your Comments

Disqus Comments