Cara Paling Mudah Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus ~ PLAZA ONLY
close

Thursday, September 3, 2015

Cara paling mudah menghapus file yang tidak bisa dihapus-Menghapus file atau folder yang susah/tidak bisa dihapus di hard disk atau yang di flashdisk. Mungkin Anda pernah mengalami dimana saat menghapus sebuah file atau folder di komputer, file tersebut tidak bisa dihapus karena windows memproteksi file tersebut sedang digunakan. Entah itu digunakan oleh Anda ataupun digunakan oeh virus/aplikasi lain yang ada dalam komputer.

Cara Paling Mudah Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus

Ketika Anda menemukan file/folder yang susah atau tidak bisa dihapus maka cari tahu penyebab file tersebut susah atau tidak bisa dihapus. Sudah banyak yang mengalami masalah ini, yaitu tidak bisa menghapus suatu folder/file karena aplikasi lain tidak membolehkan file tersebut dihapus. Selama file digunakan, maka file tersebut tidak dapat kita hapus. Sebenarnya cara untuk menghapus file atau folder yang nakal itu sangat mudah, bisa dengan software dan bisa juga dengan cara manual.

Bagaimana cara menghapus file yang tidak bisa atau susah dihapus?. Selama kita menggunakan PC atau laptop, tak jarang kita menemukan file atau folder yang susah untuk dihapus. Anda pernah 'g punya file yang susah banget dihapus? atau malah sekarang mengalaminya. Nah, biasanya file ini 'g bisa dihapus karena sedang terpakai oleh aplikasi lain. Saya sendiri pernah mengalami kejadian yang aneh ini yaitu pada saat menghapus file susah bangat untuk dihapus. Dan kali ini Saya ingin share pengalaman pribadi Saya cara menghapus file yang susah dihapus seperti gambar di bawah ini.

Cara Paling Mudah Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara paling mudah menghapus file yang tidak bisa atau susah dihapus dengan mencari tahu penyebab file tersebut tidak bisa dihapus. Mulai dari hal yang sepele seperti file sedang dalam kondisi terbuka namun kita buru-buru menghapusnya tanpa close dulu, hingga masalah berat seperti file terkunci, file digunakan aplikasi lain atau terkena virus. Dari semua penyebab file tidak bisa dihapus akan Saya berikan cara mengatasinya. Berikut bebarapa penyebab file tidak bisa dihapus dan cara mengatasinya

1. File atau folder masih terbuka.
Jika penyebab file tidak bisa dihapus karena hal sepele ini, yaitu aplikasi file atau folder masih terbuka atau di jalankan hingga tidak bisa di delete. Ini bisa dilihat ketika kita mendelete file atau folder tersebut, windows explorer akan selalu minta izin terlebih dahulu untuk menghapus file, jika gagal karena aplikasi sedang terbuka atau file sedang di jalankan akan muncul sebuah notifikasi tertentu yang menyatakan file tersebut tidak dapat dihapus.
Cara mengatasinya:
Jika pada saat Anda menghapus sebuah file dan muncul sebuah notifikasi dengan judul "Window File In Use" berarti folder/file yang ingin dihapus sedang terbuka. Coba cek di taskbar, bisa saja file/folder yang ingin Anda hapus masih terbuka dan masih terminimize. Jika sudah ketemu, coba close window tersebut dan coba kembali menghapus file tadi. Namun jika file tersebut tidak ada pada bagian taskbar dan tidak terminimize, coba menutup file tersebut dengan menggunakan Task Manager. Anda bisa membuka task manager dengan menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC lalu cari file tersebut, jika sudah ketemu klik pada nama program tersebut dan klik pada "End task". Kemudian coba lagi untuk menghapus file yang tadi. Ini sering terjadi pada saat kita baru membuka program tersebut lalu menutupnya dan mendeletenya, terkadang program tersebut masih berjalan tanpa kita sadari.

2. File atau folder terkena virus.
Jika cara pertama di atas tidak berhasil, ada kemungkinan file/folder tersebut tidak dapat dihapus karena sebuah virus di komputer Anda. Sudah banyak yang mengalami masalah ini, yaitu tidak bisa menghapus suatu folder/file karena virus tidak membolehkan file tersebut dihapus disebabkan oleh virus telah mengunci file tersebut. Saya juga pernah mengalami hal ini saat menghapus sisa uninstal pada folder program file.
Cara mengatasinya:
Segera lakukan scan dengan antivirus yang paling update, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan antivirus gratis terbaik seperti Smadav, antivirus lokal yang satu ini mungkin bisa mengatasi masalah virus yang ada dalam komputer Anda. Namun jika antivirus ini tidak bisa mengatasi masalah Anda atau tidak berhasil menghapus file, mungkin memang akibat virus yang sangat parah ada di komputer Anda, coba gunakan antivirus lainnya.

3. File atau folder digunakan aplikasi lain.
File yang tidak mau dihapus atau susah dihapus pada komputer yang disebabkan karena windows memproteksi file tersebut sedang digunakan aplikasi lain. Pernah menemukan file atau folder salah satu aplikasi yang baru Anda uninstal, kemudian setelah  folder-nya Anda hapus dari drive C: file atau folder tersebut tidak bisa dihapus atau sangat sulit untuk dihapus dan muncul notifikasi bahwa folder tersebut tidak bisa dihapus.  Itu karena sebagian file digunakan oleh aplikasi lain.
Cara mengatasinya:
Jika file/folder tidak terhapus semuanya, maka ada beberapa file di dalamnya yang tidak dapat dihapus. File yang tidak dapat dihapus tersebut biasanya berekstensi .dll. Silahkan ubah nama file yang tidak dapat dihapus tersebut dengan nama apa saja dan ubah ekestensi-nya menjadi .txt. Setelah nama file diubah, cara menghapusnya yaitu masuk ke folder tersebut dan hapus semua isi di dalamnya terlebih dahulu, jika sudah terhapus Anda dapat menghapus folder tersebut tanpa notifikasi apapun. Cara ini telah berhasil Saya lakukan untuk menghapus file yang susah dihapus. File yang tidak bisa dihapus akhirnya bisa terhapus dengan mudah.

Terkadang ada file atau folder yang susah di hapus bahkan tidak bisa dihapus, padahal file atau folder tersebut sudah tidak digunakan lagi. Tapi saat kita menghapusnya tidak bisa malah dapat notifikasi bahwa folder tersebut tidak bisa dihapus. Hal ini bisa buat jengkel, namun artikel ini sudah membahas penyebab dan cara mengatasi kejengkelan Anda uppss...,maksuknya mengatasi file atau folder yang susah di hapus tadi. Demikian cara paling mudah menghapus file yang tidak bisa atau susah dihapus. Selamat mencoba dan semoga Anda berhasil.
Sumber : Master Komputer



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

1 comment :

  1. makasih gan infonya :)


    Gabung Sekarang Juga di www.serbabayar.com selain untung menjadi member dapatkan juga kuntungan setiap bulannya. Lebih Mudah Isi Voucher Ulang Secara Online di www.serbabayar.com , Harga Murah Layanan Berkualitas.

    ReplyDelete

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs