Apa Perbedaan Antara OTAK Pria dan Wanita ~ PLAZA ONLY
close

Wednesday, March 9, 2016

Apa perbedaan antara otak pria dan wanita?. Perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan. Beda otak pria dan wanita itu jauh bangat. Sudah tahu perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan?. Secara fisik, biologis, dan psikologis, wanita dan pria sudah diketahui berbeda. Namun apakah otak pria dan wanita memiliki perbedaan?. Selain jenis kelamin, otak laki-laki dan otak perempuan ternyata juga berbeda. Perbedaan ini wajib untuk Kita ketahui untuk menghindari pertengkaran dan perselisihan dalam keluarga maupun dalam lingkungan masyarakat.

Apa Perbedaan Antara OTAK Pria dan Wanita

Apa perbedaan otak pria dan wanita?. Perbedaan antara laki-laki dan perempuan dari segi fisik sudah sangat jelas. Namun apakah terlintas di benak Anda, jika otak memiliki perbedaan yang sangat jelas juga, di mana otak wanita dan otak pria sangat berbeda?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak laki-laki dan perempuan memang berbeda. Tak cuma soal berat dan volume, namun lebih kompleks dari itu. Penelitian baru mengenai otak, menyebutkan ada dua perbedaan fisik yang sifatnya prinsipil antara cara kerja otak di anak perempuan dengan anak laki-laki.

Beda otak pria dan wanita-Lalu apa perbedaan antara otak pria dan wanita. Perbedaan otak pria dan wanita menurut para ilmuwan telah menemukan perbedaan besar antara otak laki-laki dan perempuan. Perbedaan anak kaki-laki dan perempuan bersumber dari otak, benarkah?. Ya benar!. Coba sodorkan aneka mainan kepada sejumlah anak dengan gender berbeda, maka jelas mereka akan memilih jenis mainan yang berbeda. Sebelum Kita lanjut ke pembahasan "apa perbedaan antara otak pria dan wanita" ada baiknya Anda tahu perbedaan antara otak kiri dan otak kanan. Otak kiri : Mengatur bagian tubuh sebelah kanan, bekerja untuk mengingat kata-kata, matematika, verbal, logis, fakta, analisa, syair, nyanyian, lineal, detail dan lebih teratur. Sedang otak kanan : Cenderung kepada kreatif, warna, artistik, visualisasi, intuisi, gagasan, khayalan, holistik, music, bentuk dan ruang.

Lebih lanjut mengenai "apa perbedaan antara otak pria dan wanita". Maka perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan akan kita bahas lebih lanjut mengenai beda otak pria dan wanita ini. Inilah perbedaan otak perempuan dan pria yang harus Anda ketahui agar saling menghargai. Karena perbedaan itu untuk saling menghargai.
1. Otak kiri pada perempuan berkembang lebih cepat daripada laki-laki
Pada usia 0-6 tahun otak kanan dan kiri perempuan tumbuh dengan kecepatan yang berimbang. Sedangkan pada laki-laki otak kanan berkembang lebih cepat daripada perempuan. Meski demikian, otak kanan laki-laki berkembang lebih cepat daripada otak kiri perempuan. Tak heran jika pada usia sekolah banyak perempuan mendapat ranking di kelasnya, lebih cepat kemampuan membaca dan menulis. Anak laki-laki yang mungkin merasa kurang dalam lisan, kesenian dan matematika merasa terintimidasi dan akhirnya lebih senang membuat kekacauan dan keributan. Semoga dengan mengetahui fakta ini bunda lebih bisa memahami anak laki-lakinya dan tidak membedakan dengan saudara perempuannya.

2. Pada usia 6-12 tahun otak kanan dan kiri laki-laki akan mulai berkembang dan baru berkembang beriringan menginjak usia 18 tahun
Pada usia itulah laki-laki akan menduduki posisi penting semisal ketua senat, ketua BEM, memimpin orasi dan lain sebagainya. Sedang perempuan akan kembali ke fitrah yakni menjadi seksi konsumsi, bendahara, sekretaris, dan sebagainya. Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa di beberapa negara di luar negeri anak laki-laki dan perempuan belajar di tempat terpisah. Anak laki-laki akan belajar dengan praktik secara langsung menggunakan komputer, robotic, dll. Sedang anak perempuan akan cukup belajar hanya dengan kertas dan buku.

3. Otak perempuan terhubung lebih baik dan otak pria dibuat untuk pekerjaan khusus
DR. Rober Groski, ahli neurologi dari Universitas California, Los Angeles menemukan bahwa corpus collosum pada otak perempuan lebih tebal daripada laki-laki sehingga perempuan mampu mengerjakan berbagai pekerjaan yang tidak saling berhubungan dalam satu waktu. Kita sering menyebutnya multitasking. Maka wajar jika seorang Ibu bisa saja menggoreng tempe sambil menyuapi si kecil dan menemani kakak belajar sembali sesekali melirik smart phonenya. Berbeda dengan laki-laki yang hanya bisa menekuni satu hal. Dan ketika ia sedang berkonsentrasi, tanpa disadari pendengaranya akan menurun. Menurun ya.., bukan berkurang!. Jika anak laki-laki atau suami bunda tak menyahut panggilan ketika ia sedang serius maka saatnya bunda bilang, “Wow…laki banget!” hehe..,. Stop memanggil berulang-ulang karena hanya akan menghabiskan energi. Datangi dan colek bahunya saja mungkin lebih efektif. Mungkin hal ini berkaitan pula dengan sudut pandang. Perempuan memliki sudut pandang yang lebar sedang laki-laki bersudut pandang lurus namun panjang.

4. Letak emosi
Pada laki-laki umumnya terletak di sebelah kanan yang berarti perasaan dapat bekerja secara terpisah dari fungsi-fungsi otak yang lain. Contoh: Laki-laki berdebat dengan kata-kata di otak kiri tanpa emosional. Pada perempuan, titik emosi tersebar pada kedua belahan otak. Perasaannya menjadi lebih aktif serempak bersama dengan fungsi otak lain. Contoh: Perempuan bisa menangis ketika mengganti ban yang kempes.

5. Otak kanan perempuan tersusun untuk bereaksi dengan orang dan wajah-wajah sedangkan otak laki-laki pada benda dan bentuknya
Jika suami lebih senang mengotak-atik laptopnya ketimbang melihat wajah istrinya, bukan berarti wajah istrinya tidak cantik!.

6. Cara menyimak laki-laki dan perempuan
Di sepuluh menit pertama, perempuan bisa berkali-kali berubah ekspresi. Contoh: Ketika secara tak sengaja bertemu dengan teman sekolahnya di pusat perbelanjaan. Pasti sangat hebring dengan ucapan semisal “Ehh Apa kabar??”, “Ah Masa sih??”, ” Iya gitu??” “Hihi bisa aja jeng” dan ucapan yang senada diikuti dengan mimik serta gestur yang berubah-ubah pula. Laki-laki cenderung datar dan kurang ekspresif. Maka lebih bijak bagi para bunda untuk menunggu selama 10 menit sebelum mengajak suami mengobrol sepulang kerja.

7. Perempuan menginginkan hubungan dan kerjasama sedangkan laki-laki menginginkan kekuasaaan, kedudukan dan bersaing
Pernahkan Anda melihat seorang laki-laki dalam suatu seminar berkata pada temannya, “Ke kamar mandi yuk..!”. Pasti tidak ya!. Laki-laki akan fokus ke kamar mandi ya ke kamar mandi. Perempuan yang memang menyukai hubungan biasanya mengajak temannya pergi ke toilet. Belum kalau sedang mengantri, melihat teman sebaya yang juga sedang mengantri di sebelah pasti tak tahan untuk bilang, “dari mana mbak?”.

8. Wanita menghargai hubungan dan laki-laki menghargai pekerjaan
Jika wanita tidak bahagia dalam hubungan keluarga maka ia tak dapat berkonsentrasi pada pekerjaannya, sebaliknya laki-laki tidak dapat memusatkan perhatiannya pada keluarganya jika ia tak bahagia dalam pekerjaannya.

Maka kesimpulan dari "apa perbedaan antara otak pria dan wanita" bisa Kita simpulkan bahwa beda otak pria dan wanita memang sangat jauh berbeda walaupun dalam beberapa hal ada kesamaan. Kebanyakan Kita mengira tidak ada perbedaan yang signifikan antara otak laki-laki dan perempuan. Namun ternyata ahli Neuro Science mengatakan bahwa struktur otak anak laki-laki dengan perempuan itu berbeda. Jadi kesimpulannya, pria dan wanita berbeda!. Berikut kesimpulan beberapa perbedaan antara  laki-laki dan perempuan:
Laki-laki lebih suka berterus terang sedang perempuan tidak. Contoh: “Bunda marah ya?” “Enggak!”.
Laki-laki bicara apa adanya sedangkan perempuan bicara menggunakan perasaan.
Laki-laki lebih banyak berpikir masalah seks setiap hari sedangkan perempuan tidak.
Bila curhat, perempuan hanya ingin didengar, laki-laki menawarkan solusi.
Perempuan mungkin kesulitan membaca peta atau petunjuk jalan, laki-laki tahu arah dengan pasti.
Berbelanja adalah kegembiraan bagi wanita namun sebuah teror bagi laki-laki.
Perempuan butuh bicara jika tertekan sedang laki-laki tidak.
Inilah perbedaan mendasar antara laki-laki dan perempuan.

Apa perbedaan antara otak pria dan wanita?. Fakta yang menunjukkan perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan yang sudah dijelaskan di atas jelas bahwa beda otak pria dan wanita memang berbeda. Bahwa sekurang-kurangnya ada 100 perbedaan pada otak pria dan wanita. Jadi, bila seorang wanita kurang pandai membaca peta, itu bukan salahnya loh...,. Pada masa pertumbuhan, otak kanan pria berkembang lebih pesat dibandingkan wanita. Otak perempuan lebih terprogram daripada laki-laki. Tapi karena jalan pemikiran wanita berbeda dengan laki-laki. Seringkali hormon, pola asuh dan stereotip kuno disalahkan atas perbedaan  ini. Perbedaan bukan untuk di permasalahkan tapi perbedaan itu untuk saling menghargai.
Semoga Bermanfaat!.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs