Cara Memasang Meta Tag Keyword atau Kata Kunci di Blog ~ PLAZA ONLY
close

Sunday, March 13, 2016

Cara memasang meta tag keyword atau kata kunci di Blog-Cara memasang meta tag atau keyword atau kata kunci di Blog sebenarnya cukup mudah. Dan saat ini telah banyak sekali artikel yang menjelaskan tentang "meta tag" atau "kata kunci" untuk sebuah situs. Meta tag atau kata kunci untuk blog/website perlu dipasang agar situs Anda mudah ditemukan di mesin pencari. Namun ada sebagian blogger mengatakan demikian "Sebenernya mesin pencari sudah tidak lagi menggunakan meta keywords sebagai salah satu faktor penentu rangking". Saya bingung dengan pernyataan tersebut, bukankah Kita harus memasang meta tag keywords atau kata kunci di Blog?. Mungkin bahasanya kali yang kurang tepat iya,

Cara Memasang Meta Tag Keyword atau Kata Kunci di Blog

Memasang meta tag keyword atau kata kunci di Blog sangat penting. Meta tag atau kata kunci/keywords merupakan sebuah elemen penting yang harus dimiliki oleh sebuah website atau blog agar dapat di indeks oleh mesin pencarian. Sehingga nantinya situs tersebut akan muncul dihalaman situs mesin pencarian. Membuat kata kunci (keyword) yang sering disebut meta tag ini adalah salah satu teknik SEO, dengan memasang meta tag di blog maka situs Anda akan menjadi lebih SEO friendly. Banyak sekali artikel yang menjelaskan tentang "meta tag" hingga memunculkan banyak spekulasi yang berbeda-beda sehingga akan membingungkan bagi seorang pemula yang sama sekali belum mengetahui "meta tag" atau "kata kunci", maka pada tulisan ini Saya tidak ingin menambah kebingungan Anda.

Meta tag sama dengan meta keyword atau kata kunci. Jadi kalau ada yang bilang meta keywords bukan sebagai salah satu faktor penentu rangking mungkin maksudnya meta deskripsi kali iya. Kita tahu ada 3 meta di blog, diataranya adalah meta tag atau sama dengan meta keyword, kemudian ada meta deskripsi blog dan ada meta deskripsi postingan. Disini Saya bukan mau memberikan defenisi tentang "meta tag" atau "kata kunci" yang baik untuk sebuah situs website atau blog. Karena maksud dan tujuan Saya menulis artikel ini hanya untuk menjelaskan bagaimana "cara memasang meta tag" tersebut disitus website atau blog Anda, sehingga nantinya situs yang Anda kelola mampu bersaing dengan situs-situs lain dan akan muncul dihalaman depan situs mesin pencarian baik itu mesin pencarian Google maupun yang lainya.

Lalu bagaimana cara memasang Meta Tag di Blog?. Membuat atau menempatkan kata kunci (keyword) meskipun terlihat sederhana, tetapi sebenarnya pemilihan "kata kunci" untuk sebuah situs website atau blog akan menjadi penentu apakah situs tersebut mampu menjaring banyak kunjungan yang datang dari mesin pencarian atau tidak. Dan menurut Saya menentukan kata kunci yang baik untuk sebuah situs sepertinya gampang-gampang susah, pasalnya kata kunci tersebut harus merupakan sebuah kata yang memang saat ini menjadi trend dan banyak dicari oleh para pengguna internet, selain itu kata kunci ini tentunya harus sesuai dengan konten yang ada pada situs tersebut sehingga dianggap relevan oleh mesin penelusuran.

Sesuai dengan judul tulisan ini yaitu "cara memasang meta tag keyword atau kata kunci di Blog", maka Saya hanya menjelaskan bagaimana cara untuk memasang meta tag atau kata kunci yang bisa diterapkan di situs website atau blog bukan membuat meta tag karena cara membuat meta tag sudah Saya bahas pada artikel sebelumnya. Berikut cara memasang meta tag di blogger :
1. Silahkan Anda login ke akun blogger milik Anda dengan menggunakan email serta password akun Anda.
2. Setelah masuk, selanjutnya silahkan Anda klik menu "Template" lalu "Edit HTML" sehingga nantinya Anda akan menemukan halaman penulisan kode-kode yang ada diblog milik Anda.
3. Kemudian cari kode ini : <head>. Agar lebih memudahkan Anda saat mencari kode tersebut, bisa dilakukan dengan cara menekan tombol CTRL+F secara bersamaan pada keyboard laptop atau komputer Anda, kemudian pastekan kode tersebut kemudian "Enter".
4. Letakan kode di bawah ini tepat di bawah kode <head>.

<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'><meta expr:content='data:blog.title' name='keywords'/></b:if>  
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><meta expr:content='data:blog.pageName' name='keywords'/></b:if>

5. Jika sudah, klik “Simpan template”. Maka kata kunci pada meta keywords akan otomatis mengambil dari judul blog dan juga judul postingan. Jika Anda ingin memasang meta keywords secara manual artinya Anda harus memasukan kata kunci secara manual pada kode meta keywords. Maka kode yang Anda harus pasanga adalah:

<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
 <meta content='Katakunci1, Katakunci1, Katakunci1' name='keywords'/>
</b:if>  
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
 <meta content='Katakunci2, Katakunci2, Katakunci2' name='keywords'/>
</b:if>
Keterangan:
  • ~ Ganti Katakunci1 dengan kata kunci untuk halaman depan blog Anda.
  • ~ Ganti Katakunci2 dengan kata kunci untuk halaman postingan blog Anda. 
Begitulah cara memasang meta tag keyword atau kata kunci di Blog. Untuk menampilkan deskripsi di setiap artikel bisa dilakukan dengan cara. Klik menu "Setelan" lalu pilih "Preferensi penelusuran" setelah itu klik "Edit" lalu pilih "Ya" dan masukan deskripsi untuk halaman utama blog Anda, lalu klik "simpan". Sedangkan untuk memberikan deskripsi untuk menampilkan disetiap artikel yang dibuat bisa dilakukan dengan cara, pada saat menulis artikel, coba perhatikan menu yang ada di samping kanan halaman, maka di menu tersebut terdapat menu "Deskripsi Penelusuran" silahkan klik menu tersebut, lalu masukan deskripsi yang relevan dengan isi artikel tulisan yang Anda tulis, lalu klik "Selesai". Sehingga artikel yang Anda buat kini siap untuk di publikasikan dan telah memiliki "meta tag" atau "kata kunci" dan meta tag deskripsi yang dapat di baca oleh robot.txt mesin pencarian. Semoga saja tulisan kali ini bisa bermanfaat dan menjadi sebuah bacaan yang menarik untuk dibaca, serta bisa dipahami dan diterapkan dengan mudah. Tapi saran Saya, pasanglah meta tag sebelum membuat postingan.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

5 comments :

  1. Nice Gan apakah Agan juga Menggunakan Meta Tag Keyword yang agan Buat Sendiri?? yang pasti Top dehhh ane Liat di Search Google udh di Page one aja gan bARU 2 hari Hhehe Boleh dong Di ajarin

    ReplyDelete
  2. iya gan, trimakasih gan pujiannya. Jadi malu saya kalau minta diajarin...soalnya saya juga lagi belajar ini gan.
    Saya buat artikel ini sebenarnya buat diri Saya. Tapi gk enak disimpan di buku diary. Jadi saya posting aja di blog gado-gado ku ini, siapa tahu berguna juga buat yg lain gitu gan... bukan berarti saya uda pintar.
    Saya menerapkan ini utk blog saya yang berkategori. Dan sepertinya masih oke.

    ReplyDelete
  3. makasi infonya gan, kebetulan blog saya baru. jadi masih membangun meta tag. klo boleh tau maksimal keyword yang di masukkan berapa biji ya?

    ReplyDelete
  4. makasi infonya gan, kebetulan blog saya baru. jadi masih membangun meta tag. klo boleh tau maksimal keyword yang di masukkan berapa biji ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksimal keyword 'gk dibatisin gan..., selama keyword turunannya relevan dengan situs agan aja.

      Delete

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs