Cara Menentukan Kata Kunci dengan Melakukan RISET Keyword ~ PLAZA ONLY
close

Saturday, March 12, 2016

Cara menentukan kata kunci dengan melakukan riset keyword-Keyword atau kata kunci yang paling banyak dicari di Google itu yang disebut menentukan kata kunci dengan melakukan riset keyword. Keyword/kata kunci perlu dipilih agar kata kunci yang ditentukan tepat untuk situs Anda. Keyword atau kata kunci merupakan urat nadi trafik blog/website. Memilih kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog merupakan hal yang sangat penting. Jika Anda memilih keyword yang salah maka pengunjung ke blog Anda akan sedikit sekali. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, gimana caranya melakukan riset keyword?.

Cara Menentukan Kata Kunci dengan Melakukan RISET Keyword

Cara riset keyword untuk menentukan kata kunci topik blog atau artikel sebelum membuat blog/website dengan memanfaatkan dua buah tools gratis bernama "Ubersuggest" dan juga "Google Adwords (Keyword Planner)". Sebenarnya bisa saja hanya menggunakan Google AdWords (Keyword Planner), namun keyword yang dihasilkan kurang bervariasi. Oleh karena itu Kita memerlukan bantuan dari Ubersuggest. Fungsi dari Ubersuggest disini adalah untuk menemukan keyword variasi dari keyword utama yang kita target. Tujuannya tentu saja untuk menemukan long tail keyword. Sedangkan tugas dari Google Adwords (Keyword Planner) sendiri sudah pasti untuk menganalisis jumlah pencarian dan juga tingkat persaingan pengiklan AdWords (ini cocok untuk blog yang ingin menghasilkan uang dari Google AdSense). Selain Ubbersuggest dan Google AdWords masih ada beberapa tools lain yang serupa yang tidak kalah bagus, seperti:
1. http://keywordshitter.com
2. http://keywordtool.io.

Oke, langsung saja. Bagaimana cara melakukan riset keyword untuk menentukan kata kunci?.  Langkah pertama adalah mencari benih keyword. Mencari benih keyword yang berhubungan dengan topik blog Anda. Benih keyword adalah keyword yang akan Kita gunakan untuk menemukan keyword-keyword yang lain atau sering disebut sebagai keyword turunan. Umumnya benih keyword terdiri dari satu atau dua kata saja, jadi termasuk dalam kategori short tail keyword. Untuk mencari benih keyword Anda bisa menggunakan insting. Pikirkan kira-kira kata kunci apa saja yang berhubungan dengan topik blog atau website Anda. Misalnya jika blog Anda membahas Teknologi, maka benih keyword-nya bisa seperti: Komputer, Software, Internet, Gadget, dll.

Jika Anda sudah menemukan daftar benih keyword, sekarang saatnya menggunakan benih-benih keyword tersebut untuk menemukan keyword turunan berupa long tail keyword. Caranya, pergi ke http://ubersuggest.org. Masukan kata kunci apa saja yang menurut Anda berhubungan dengan topik blog Anda. Setelah itu akan muncul daftar keyword yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda masukkan tadi. Silahkan klik daftar keyword yang tampil, nanti ubersuggest akan otomatis mencari daftar keyword turunan yang lain. Jika sudah, klik aja “Select All Keywords”.

Langkah selanjutnya, sebelum menentukan kata kunci adalah menganalisis jumah pencarian di mesin pencari dari keyword-keyword yang sudah Kita dapatkan dari Ubersuggest. Bagaimana cara menganalisa keyword?. Hal yang paling mudah yang bisa Kita lakukan adalah dengan memanfaatkan Google AdWords (Keyword Planner). Caranya, login ke Google Adwords dan masukkan kata kunci yang sudah Anda pilih, kemudian klik “Get search volume data and trends“ untuk melihat jumlah pencarian atas keyword yang sudah Anda pilih. Ingat, bahwa data-data yang ditampilkan dari Google Keywords Planner tidaklah 100% akurat. Jika disana tertulis jumlah pencarian perbulan 1000, maka bukan jaminan blog Anda akan mendapatkan 1000 visitor perbulan jika berada di posisi 1 Google. Bisa lebih banyak dan juga bisa lebih sedikit.

Sesuai dengan judul tulisan ini "Cara menentukan kata kunci dengan melakukan riset keyword", maka Saya hanya menjelaskan bagaimana cara untuk menentukan kata kunci dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu. Setelah Anda melakukan riset keyword, berikut Saya berikan tips memilih keyword untuk menentukan kata kunci untuk blog atau website.
  • ~ Jangan pilih keyword yang memiliki jumlah hasil pencarian di atas satu juta.
  • ~ Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web otoriatas, contohnya: Wikipedia.
  • ~ Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web dengan pagerank di atas 5.
  • ~ Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web dengan page authority dan domain authority di atas 50 (gunakan Extensi MozBar).
Jika Anda sudah menemukan keyword atau kata kunci yang tepat untuk blog atau website Anda maka langkah selanjutnya adalah mengoptimasi keyword tersebut. Tidak bisa dipungkiri saat ini kualitas konten memang menjadi faktor penting dalam SEO. Walaupun keyword atau kata kunci yang Anda pilih sudah tepat jika konten Anda tidak mendukung maka keyword yang sudah susah-susah dicari dengan melakukan riset keyword akan percuma jika tidak didukung dengan kualitas konten. Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas?. 

Cara menentukan kata kunci dengan melakukan riset keyword sangat penting, namun tidak kalah penting membuat konten yang berkualitas agar kata kunci yang sudah ditentukan bisa mendapatkan peringkat yang bagus. Di bawah ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat artikel di blog Anda lebih berkualitas atau SEO friendly dan mendapatkan peringkat yang bagus untuk kata kunci yang sudah Anda tentukan.
1. Letakan keyword pada judul artikel
Hal paling dasar yang Saya rasa kebanyakan dari Anda sudah mengetahuinya, yaitu dengan meletakan keyword pada judul artikel. Usahakan untuk meletakan keyword pada bagian depan atau kata pertama pada judul.
2. Letakan keyword pada URL
Salah satu yang juga tidak kalah penting adalah dengan meletakan keyword pada URL. Untuk hal ini Anda tidak perlu terlalu pusing karena kebanyakan platform blog, URL artikel akan menyesuaikan dengan judul artikel secara otomatis.
3. Letakan keyword pada meta description
Mungkin untuk hal ini tidak akan berpengaruh banyak tapi meletakan keyword pada meta description dapat membantu meningkatkan CTR atau rasio klik-tayang blog Anda pada mesin pencari.
4. Letakan keyword pada 100 kata pertama dalam artikel
Jumlah kata kunci atau keyword density menurut Saya tidak begitu penting, yang paling penting adalah keyword harus muncul setidaknya pada 100 kata pertama dalam artikel. Semakin awal semakin bagus.
5. Artikel lebih panjang lebih bagus
Panjang artikel sebaiknya mencapai 600 kata atau lebih banyak. Google menyukai artikel yang panjang dan diulas secara mendetail.
6. Pasang gambar yang relavan
Apapun topik artikel yang Anda bahas sebisa mungkin untuk memasang gambar yang relavan. Satu gambar saja cukup, tapi lebih dari satu lebih bagus. Hal paling penting yang tidak boleh dilupakan saat memasang gambar adalah memasang ALT Atribut.
7. Pasang video yang relavan
Bukan sebuah keharusan, tapi jika memungkinkan pasang juga video yang relavan pada artikel blog Anda agar dapat memberikan nilai tambah.
8. Gunakan bullet point atau tabel
Jika artikel Anda menampilkan daftar sesuatu maka lebih baik untuk menggunakan bullet point atau tabel ketimbang menggunakan text biasa atau gambar.
9. Pasang internal link
Memasang link ke artikel lain yang relavan di blog kita merupakan hal yang cukup penting karena dapat membantu mesin pencari dan juga pembaca menjelajahi isi blog kita.
10. Jangan lupa external link
Banyak yang berpendapat memasang link keluar hanya akan mengurangi kualitas artikel, padahal kenyatannya adalah sebaliknya. Memasang link keluar dapat memberi nilai tambah artikel di blog Anda, asal: memasang link keluar yang relavan, menggunakan atribut nofollow, jangan menggunakan keyword target sebagai anchor text, memasang link ke blog/situs otoritas (contoh: Wikipedia).

Demikian cara menentukan kata kunci dengan melakukan riset keyword untuk memenangkan persaingan kata kunci/keyword di search engine. Kesimpulannya adalah riset keyword yang Anda lakukan untuk menentukan kata kunci. Kata kunci (keyword) memang sangat penting, namun jangan melupakan kualitas konten yang diinginkan oleh google agar blog Anda mampu nangkring di halaman satu mesin pencari google dengan kata kunci yang Anda pilih. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat buat Anda semua khususnya yang sedang belajar ngeblog sambil menghasilkan uang dari blog.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

4 comments :

  1. Harus langsung dicoba ni tipsnya.

    bagi yang ingin belajar mengenai SEO bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/belajar-seo.html

    ReplyDelete
  2. terima kasih yha kak
    artikelnya sangat bermanfaat dan jangan lupa update terus yha mas
    numpang comment yha kak
    nontom film
    http://www.cinemaindo9.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan..., makasih juga buat penyemangatnya.

      Delete

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs