Faktor Penyebab Kegagalan dan Keberhasilan Bisnis atau Usaha ~ PLAZA ONLY
close

Friday, March 25, 2016

Penyebab keberhasilan usaha, tapi sebelumnya Kita bahas dulu penyebab terjadinya kegagalan bisnis atau usaha yang sering dialami pelaku wirausaha sebelum berhasil menjalankan usahanya. Ada banyak faktor penyebab kegagalan dan keberhasilan bisnis atau usaha. Faktor penyebab kegagalan usaha bisa terjadi dari faktor internal dan eksternal begitu juga dengan faktor penyebab keberhasilan bisnis. Semua orang termasuk Kita pasti tak mau mengalami nasib yang buruk, yakni menderita kegagalan. Bahkan setiap orang cenderung menghindari kegagalan. Setiap orang jika ditanya, apakah Anda ingin sukses?. Saya yakin jawabannya adalah: "YA, INGIN!". Tapi pertanyaanya adalah, apakah setiap orang pasti sukses?.

Faktor Penyebab Kegagalan dan Keberhasilan Bisnis atau Usaha

Penyebab terjadinya kegagalan bisnis atau usaha adalah faktor internal dan eksternal begitu juga sebaliknya penyebab keberhasilan usaha atau bisnis. Tuhan menciptakan manusia dengan membekali segala potensi yang memungkinkan agar setiap orang bisa mencapai sukses. Ya, setiap orang pasti bisa sukses, tapi tidak setiap orang menjadi sukses. Kenapa?. Karena setiap orang memiliki tindakan yang berbeda dalam mewujudkan apa yang menjadi keinginannya tersebut. Secara sengaja atau tidak sengaja, banyak orang yang menunda kesuksesannya, bahkan tidak sedikit yang membatalkan kesuksesan dirinya sendiri dengan cara menunda.

Banyak orang menunda sukses, salah satu faktor penyebab terjadinya kegagalan adalah "menunda". Penyebab keberhasilan usaha atau bisnis adalah "jangan menunda". Ada orang yang ingin usaha kuliner, tapi tidak segera bergerak. Yang dilakukannya adalah memikirkan terus apa yang harus dipersiapkan, bagaimana permodalannya, bagaimana strategi pemasarannya, bagaimana manajemennya, bagaimana kalau ada pesaing, bagaimana kalau produk tidak diterima konsumen, bagaimana kalau ada karyawan yang keluar kemudian malah bikin usaha kuliner sendiri dan jadi pesaing, dan masih banyak lagi pertimbang-pertimbang lainnya.

Semua hal dipelajari, berharap kalau sudah tahu segalanya tentang dunia kuliner maka usahanya nanti akan sukses. Apakah orang seperti ini akan sukses?. Jelas tidak!, kenapa?. Karena dia terus belajar, sampai lupa untuk action. Kalau misal Anda mau usaha kuliner, bingung mulainya dari mana, langsung saja tanya-tanya sama orang yang sudah bisnis di usaha kuliner dan 'gak usah kebanyakan kalau bertanya, langsung segera buka. Sehingga Kita sempurna sambil menjalankan usaha kuliner versi Kita sendiri. "belajar sambil praktek". Apa yang perlu dipersiapkan dulu, ya lakukan segera. Butuhnya apa, langsung segera lakukan. Kalau enggak punya?. Langsung cari alternatif lainnya.

Jadi, penyebab terjadinya kegagalan wirausaha atau bisnis hanya karena menunda action. Banyak orang karena merasa tidak memiliki pengetahuan, tidak memiliki pengalaman, tidak memiliki keahlian dibidang yang akan digarapnya maka menunda untuk membuka usaha atau bisnis apapun. Sebuah mobil di kegelapan malam, sorot lampunya tidak mampu menjangkau ribuan kilometer, tapi kenapa mobil tidak menabrak ketika melaju ribuan kilometer, padahal lampunya hanya menjangkau beberapa puluh meter saja?. "Karena mobilnya bergerak". Begitu juga dengan bisnis, tahu sedikit, segera melangkah, nanti Anda akan menemukan pengetahuan baru lagi, dan praktekkan lagi, dapat baru lagi, praktek lagi, dan seterusnya.

Kemudian faktor penyebab kegagalan bisnis atau usaha lainnya adalah "merasa tidak punya modal". Penyebab keberhasilan sebuah usaha atau bisnis tidak selalu dengan punya modal. Banyak juga bisnis atau usaha yang berhasil tanpa modal. Ada sebagian orang yang beralasan seperti ini "Saya tidak action bukan karena belum punya pengetahuan, tapi karena Saya nggak punya modal", jangan-jangan Anda salah satunya yang selalu menggunakan alasan ini. Tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha atau bisnis memang merupaka faktor penyebab utama yang membuat kegagalan itu terjadi. Jadi, faktor penyebab kegagalan usaha atau bisnis lebih sering terjadi karena faktor internal. Kemampuan Anda memahami apa penyebab kegagalan Anda akan menjadikan diri Anda semakin cerdas dan bijak mengelola usaha atau bisnis.

Sebagai pemilik usaha atau bisnis, Anda harus mengetahui apa penyebab kegagalan dalam bisnis yang sedang atau pernah Anda jalani. Sehingga dikemudian hari Kita bisa mengantisipasinya dan menjadikan bisnis atau usaha Kita terhindar dari kegagalan yang berulang-ulang. Sukses dalam bisnis dan usaha bukan hanya masalah keberuntungan. Namun ada berbagai strategi atau perencanaan yang dapat Anda lakukan. Kunci keberhasilan ini sebenarnya nampak sederhana, tetapi tidak semua orang yang mampu memilikinya. Tentu saja, ada harga yang harus Anda bayar untuk meraih sebuah keberhasilan.

Penyebab keberhasilan usaha atau bisnis tidak pernah jauh dari "strategi", tapi yang pertama adalah "action!". "Berani Mencoba". Jadi action dulu, barulah membuat strategi sehingga sukses atau berhasil bisa diraih. Tantangan terbesar dalam perjalanan menuju kesuksesan adalah menguasai diri sendiri. Intinya, jika Anda menunda apa yang seharusnya ingin Anda lakukan, maka Anda sedang menunda kesuksesan Anda. Jika Anda sedang jatuh dan menunda untuk bangkit, maka Anda juga sedang menunda kesuksesan Anda. "Just take action, and get success!".  Kunci sukses itu ada di dalam diri kita sendiri, Kitalah yang menuntun kesuksesan Kita dalam mencapai sesuatu. Namun apabila kesuksesan juga tak kunjung diraih, kenali lagi diri Anda. Temukan faktor penyebab kegagalan dan keberhasilan bisnis atau usaha Anda.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs