Tips Cara agar Menjadi PRIBADI yang Bertanggung jawab ~ PLAZA ONLY
close

Tuesday, May 24, 2016

Tips cara agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Bagaimana cara menjadi orang bertanggung jawab?. Cara agar lebih bertanggung jawab akan Kita bahas pada artikel "Tips cara agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab" ini. Namun sebelumnya, Saya akan menjelaskan dulu apa pengertian bertanggung jawab ini. Bertanggung jawab kata dasarnya adalah "tanggung jawab" artinya kesadaran Kita akan tingkah laku dan perbuatan Kita, baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja. Bagaimana supaya Kita lebih bertanggung jawab?. Sikap agar lebih bertanggung jawab tidak datang sejak Kita lahir. Sikap ini adalah sesuatu yang harus diusahankan agar bisa menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam menjalani kehidupan ini.

Tips Cara agar Menjadi PRIBADI yang Bertanggung jawab

Cara agar Kita lebih bertanggung jawab, "beranilah menerima kesalahan dan kekurangan diri Kita". Lalu apa untungnya jadi orang yang bertanggung jawab?. Setiap orang ingin hidup bahagia, dengan sikap bertanggung jawab akan membuat hidup Anda lebih bahagia. Tanggung jawab merupakan skill atau pengetahuan, dan orang yang berpengetahuan hidupnya akan lebih baik. Tentu saja, karena orang yang berpendidikan dan berpengetahuan tinggi tahu apa dampak dari setiap tingkah laku dan perbuatannya. Tentu Kita semua ingin menjadi orang yang berpendidikan dan berpengetahuan tinggi. Namun, sikap bertanggung jawab ini tidak bisa didapatkan di sekolah maupun lembaga formal. Sikap tanggung jawab di bentuk dari pendidikan formal dan nonformal, artinya Anda harus belajar berkomitmen terhadap sesuatu hal.

Cara menjadi pribadi yang bertanggung jawab sebenarnya mudah, semudah dari pengertian bertanggung jawab itu sendiri. Bertanggung jawab merupakan perpaduan perkataan Kita terhadap sikap dan perbuatan Kita sendiri. Perkataan serta sikap dan perbuatan Anda membentuk tanggung jawab. Sebagai contoh bertanggung jawab, Anda bisa memilih bangun lebih awal atau bangun kesiangan atau Anda berhak memilih menabung atau membelanjakan uang Anda. Dan sebenarnya dari kecil Kita juga sudah diajarkan bagaimana cara menjadi orang yang bertanggung jawab, seperti mengerjakan PR atau tugas sekolah Kita setiap hari. Orang tua dan guru ingin memberi tanggung jawab kepada Kita sehingga membuat tugas rutin yang membantu Anda menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

cara menjadi pribadi yang bertanggung jawab

Bagaimana menjadikan diri Anda sebagai orang yang bertanggung jawab sekarang?. Tips cara agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab di bawah ini, dapat membantu Anda menjadi pribadi yang bertanggung jawab.
1. Berani menerima kesalahan
Dibutuhkan pikiran yang jernih untuk memilah mana yang harus Anda lakukan atau tidak. Jika salah, berhentilah memberikan alasan untuk diri Anda sendiri, jika Anda melakukan suatu kesalahan, "akui saja!". Jangan malah menyalahkan orang lain. Jika Anda menyalahkan orang lain untuk kesalahan diri Anda sendiri, itu membuktikan bahwa Anda memang gagal untuk melakukan sesuatu hal atau pekerjaan. Dengan demikian, Anda telah memberikan kesempatan pada diri Anda sendiri untuk menjadi orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Berhenti mengeluh
Mengeluh, adalah cara orang bodoh dalam memandang suatu masalah. Orang yang suka mengeluh merupakan cerminan orang yang banyak berbicara tanpa adanya tindakan nyata. Jadi, cobalah untuk berhenti mengeluh jika terjadi masalah atau apupun dalam kedupan Anda, dan mulai bertanggung jawab terhadap diri Anda sendiri. Jika Anda kesulitan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan kepada Anda atau kesulitan memecahkan masalah,  cobalah untuk tidak mengeluh. Caranya adalah mudah, coba cari solusi, misalnya diskusi atau sharing dengan rekan kerja yang lebih mengetahui mengenai pekerjaan tersebut.

3. Belajar mengelola keuangan
Jika Anda ingin hidup lebih bahagia atau hidup seperti orang normal pada umumnya, mulailah belajar mengelola keuangan Anda dengan bijak. Biasanya, orang menghabiskan gaji atau penghasilannya sebelum akhir bulan. Bahkan terkadang mereka sengaja mengabaikan tagihan bulanan yang wajib harus mereka bayar. Ini adalah contoh tindakan yang tidak bertanggung jawab. Seharusnya Kita harus memprioritaskan tagihan lebih dahulu ketimbang kepentingan yang lain pada saat Anda gajian. Caranya, rencanakan pengeluaran Anda dengan seksama sebelum gajian. Dan jangan lupa sisihkan uang Anda untuk menabung atau berinvestasi. Ini lebih baik dibandingkan dengan membelanjakan semua penghasilan Anda untuk barang-barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan hanya untuk memuaskan keinginan saja.

4. Konsisten pada jadwal
Jika Anda bekerja, usahakan bangun lebih awal di jam yang sama bahkan ketika akhir pekan pun tiba. "Ini yang namanya konsistensi". Anda harus memiliki jadwal, sehingga tahu mana yang menjadi waktu bagi pekerjaan dan kapan waktunya Anda berperan sebagai suami/istri di rumah. "Memiliki kebiasaan itu bagus". Kebiasaan atau rutinitas ini artinya kewajiban yang harus Anda lakukan setiap harinya dan ini menandakan Anda pribadi yang bertanggung jawab kepada pekerjaan dan keluarga.

5. Hindari kebiasaan menunda
Suka menunda nunda pekerjaan ternyata punya dampak yang tidak baik bagi pekerjaan dan kesuksesan. Ketika Anda memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan dalam beberapa hari, tetapi apa yang Anda lakukan?. Menunda pekerjaan dengan browsing, update satus di media sosial atau bersantai kongkow bersama sahabat. Ini adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Jika punya kebiasaan ini, cara menghilangkan kebiasaan menunda nunda pekerjaan ini perlu Anda baca. Agar ketika datang tugas pekerjaan kepada Anda, maka selesaikanlah pekerjaan itu sesuai waktunya!. Anda harus fokus terhadap pekerjaan Anda terlebih dahulu. Setelah pekerjaan selesai, barulah sesekali refreshing membaca buku atau membuka media sosial Anda agar tidak bosan dan Anda tetap bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Itulah beberapa tips cara agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab artinya Anda harus bisa mengatur semua kegiatan yang Anda lakukan. Dan tidak menyalahkan kesalahan Anda kepada orang lain. Menjadi seseorang yang bertanggung jawab juga harus bisa menghindari rasa malas pada saat bekerja. Dan menghilangkan kebiasaan suka menunda nunda. Selesaikanlah apa yang menjadi tugas dan pekerjaan Anda terlebih dahulu. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab adalah sebuah proses yang harus terus dibentuk dalam diri Kita. Semoga artikel "Tips cara agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab" ini, dapat membantu Anda menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab untuk diri sendiri, pekerjaan dan keluarga. Bertanggung jawab berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban Anda.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs