Cara MUDAH Menghilangkan Footer Credit Link di Blog

Cara menghilangkan footer di blog. Cara mudah menghilangkan footer credit link yang biasa diawali dengan kata Copyright, Design by dibagian bawah halaman blog. Hampir semua template blogger selalu dilengkapi dengan footer link. Footer yang berisi credit link ini biasanya untuk mengapresiasi hasil kerja dari designer template tersebut. Dan memang setiap designer mesti mengapresiasikan hasil kerjanya, dan mereka berhak melakukan itu di setiap template blogger yang sudah dibuatnya.

cara menghilangkan footer di blog

Kali ini saya akan membahas tentang cara menghilangkan footer credit link di blog, bukan menghapus tapi menyembunyikan credit link yang ada di template blog. Karena 'ngeblog yang asik itu.., adalah 'ngeblog yang sesuai dengan keinginan kita sendiri. Namun hampir semua blogger, bahkan newbie sekalipun tidak suka adanya link credit di template blog nya. Bukannya tidak menghargai hasil kerja designer template tersebut tapi kelihatannya blog kita 'ngk profesional.


Jadi buat para designer template blog yang bilang begini, "Blogger yang suka hapus credit link footer itu menjijikkan!". Tolong donk jangan jijik gitu..😂, kami juga ingin mengapresiasikan hasil kerja kami. Apalagi hasil designer template blog yang kelian buat 'gk sempurna alias butuh campur tangan kami juga untuk membetulkannya. Apalagi credit link di template blog yang kalian buat sangat tidak relevan dengan isi konten blog kami. Buat para designer template blog, harusnya sebelum memberikan credit link di template blog. Harus tahu larangan jual beli link oleh mesin pencari ini.


Dan hal yang mesti dipahami bahwa tutorial, cara mudah menghilangkan footer credit link di template blog ini bukan bermaksud untuk menghapus  credit link dari para designer. Postingan ini bukan pula bermaksud untuk membudayakan perilaku tidak menghargai hasil karya para designer, namun lebih pada upaya mengapresiasikan keinginan para blogger sesuai keinginannya. Saya sendiri menyarankan kepada para blogger untuk tetap memasang link kredit para designer jika link kredit nya relevan dengan konten blognya. Namun postingan ini juga bisa sebagai seruan moral kepada para designer template untuk lebih bijaksana dalam hal memberi credit link.


Jika credit link yang diberikan di template nyaman dengan para blogger, dan berhubungan dengan konten blog nya. Pastilah mereka mau memasang credit link yang ada di template blog tersebut. Jadi, jangan memaksakan credit link nya untuk tidak di hapus, lebih baik berikan pilihan link dari situs-situs kalian seperti kesehatan, berita, dll untuk dipilih untuk dipasang di bagian footer template blog sebagai link credit (sponsor link). Ini akan jauh lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak.


Jadi, disini saya akan share cara mudah dan terbaru menghilangkan footer credit link di template blog buatan siapa saja. Kita dapat menghapus design by (Footer credit link) pada blog yang kita kelolah. Maka cara menghapus link copyright, design by, dll nya itu, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini untuk menghilangkan footer credit link pada blog Anda.

1. Buka blog kalian yang ingin footer credit link nya di hapus. Pilih "Template" klik Edit HTML.

2. Cari footer credit yang terdapat di dalam blog. Caranya tekan CTRL+F secara bersamaan, kemudian ketik "design by" atau "copyright" (tergantung kata apa yang ada di footer blog kalian).

3. Jika sudah ketemu, tambahkan kode di bawah ini.

style="visibility: hidden"

taro kode di atas sebelum kode ">design by<a>".

Contoh kodenya :
Designed By<a href='plazaonly.blogspot.com' id='mycredit'>Plazaonly</a>

Ubah menjadi:
Designed By<a href='plazaonly.blogspot.com' id='mycredit' style="visibility: hidden">Plazaonly</a>

*Nb: Saat mau menambahkan kode : 

style="visibility: hidden"

Berikan spasi dulu. Dalam contah di atas :

mycredit'>Plazaonly

maka mycredit' spasi (kode)>Plazaonly

menjadi :
mycredit' style="visibility: hidden">Plazaonly


Sekarang kata copyright atau design by dapat kalian hapus dengan aman tanpa redirect ke situs yang membuat template. Dan kata link credit footer akan menghilangkan karna kita sudah menyembunyikan nya dengan kode style="visibility: hidden" tadi. Design By atau yang sering disebut link credit footer  template blog, sudah aman dihapus. Dan link credit nya kita sembunyikan agar blog kita terlihat profesional. Namun ada juga designer template, yang ngotot link credit nya harus kita pasang di blog kita. Walaupun designer template nya tidak sempurna alias asal, sehingga butuh service dari pemakainya. Mereka mencari segala cara agar link credit nya abadi, sehingga kita tidak dapat melakukan cara di atas (link credit susah sekali di hapus).


Nah, bagaimana kalau cara di atas tidak berhasil?. Karna link credit nya susah sekali di hapus. Maka cara menghapus footer link credit di template blogger yang susah dihapus ini, dapat kalian baca di postingan selanjutnya. Di artikel cara menghapus credit link yang susah dihapus di template blog ini, akan saya bahas tentang masalah yang credit link nya susah sekali di hapus. Dan buat kalian para designer template blog, berhentilah memaksa  para blogger yang menggunakan template yang kalian buat harus memasang credit link kalian. Kecuali template yang kalian buat sudah bagus maka kami juga akan memasang credit link kalian di template blog. Karna akan selalu ada cara mudah untuk menghilangkan footer credit link kalian di blog kami.





Add Your Comments

Disqus Comments