Cara Menghapus Credit Link yang Susah Dihapus di Template Blog

Link credit copyright, design by susah sekali di hapus. Cara menghapus credit link yang susah dihapus di template blog akan kita bahas disini. Cara menghapus credit link di blog tidak semuanya susah, tidak semua sulit, banyak ko cara mudah menghilangkan footer credit link  di template blog. Dan cara menghilangkan footer di blog ini sudah saya bahas di postingan saya sebelumnya. Namun jika kalian mendapat kesulitan menghapus credit link di template blog maka artikel ini akan membahas cara menghapus credit link yang susah dihapus itu.

cara menghapus credit link template

Bagi penikmat template gratisan, mungkin pernah mengalami susah nya menghapus design by (Footer Credit Link) pada blog nya. Setelah mencoba cara paling mudah menghilangkan footer credit link yang saya buat di postingan sebelumnya tidak berhasil. Memang 'ngeblog yang asik itu ngeblog yang sesuai dengan keinginan kita sendiri. Benar 'gk? 😋, artikel sesuai minat sendiri, SEO hasil jerih payah sendiri, template hasil editan sendiri. Namun apa jadinya jika link credit template yang tertanam di template blog kita, susah sekali untuk dihapus.


Menghapus copyright atau design by atau yang sering disebut footer credit link pada blog. Sebenarnya bukannya tidak menghargai orang yang sudah membuat template, walaupun hasil designernya tidak rapi 😉. Tapi dengan alasan banyak hal dan kadang-kadang kita sebagai penikmat template gratisan, juga ingin mencoba mendesign template blog kita sendiri. Namun saat kita mencoba menghapus credit link tersebut, efek dari menghapus atau mengganti link credit template tadi. Beberapa saat setelah kita membuka blog kita sendiri, maka akan langsung di redirect secara otomatis ke situs pembuat template. Menjengkelkan memang, padahal kita benar-benar menginginkan template tersebut.


Para designer template blogger, seolah berlomba-lomba membuat design template dengan berbagai pilihan yang menarik minat para blogger untuk menggunakan template buatan mereka. Dan ini memunculkan peluang bisnis baru untuk menjajakan link di dalam template yang ada. Karena memberikan link sponsor di bagian footer template yang dibuatnya, sepertinya bisa membantu bisnis designer nya. Bahkan konon katanya, hal ini bisa membantu serp blog dia di mesin pencari. Sehingga mereka melakukan enkripsi terhadap kode link footer tersebut agar kita tidak mudah menghapus link credit di template yang mereka buat. Hal ini dikenal sebagai "encrypted sponsored footer link", mungkin kalian sering mendapati hal seperti ini.


Jika kalian menggunakan template dengan footer credit link yang susah di hapus dan credit link nya juga tidak relevan dengan konten blog. Maka tentu akan jadi masalah, baik bagi ke profesional kita sebagai blogger maupun akan keselamatan blog kita. Blog kita bisa mendapat peringatan (red flag) atau bahkan bisa di hapus (banned) dari database mesin pencari. Karena hal ini bisa dianggap oleh mesin pencari sebagai praktek jual beli link. Ini adalah sesuatu hal yang sangat dilarang oleh sebagian besar mesin pencari seperti, google, yahoo dan bing. Tidak percaya?, silahkan baca disini.


Nah, saya punya sedikit trik cara menghapus credit link yang susah dihapus di template blog. Untuk menghilangkan credit link di template blog yang susah dihapus. Maka lakukan cara yang sudah saya siapkan di bawah ini.

1. Pertama login ke akun blogger kalian.

2. Klik "Template" pilih Edit HTML. Lalu cari kode script seperti di bawah ini:

<script type='text/javascript'>

Di dalam template kalian pasti ada banyak yang mirip seperti script tersebut. Namun kita fokus mencarinya sebelum kode </head> atau </body> saja. Karna biasanya, posisinya ada di antara kode ini. Namun mereka memakai java script yang tertanam di dalam source code di dalam template kita. (biasanya memang 'gk percis ada di atas kode itu, tapi cari aja yang kode akhir nya seperti ini.

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[

3. Jika sudah ketemu, coba hapus kode yang mencurigakan.
(kayak pencuri aja iya gan..hheeee..😅).

4. Nah, saya ketemu yang mencurigakan seperti gambar di bawah ini.

cara menghapus credit link template

5. Hapus saja kode tersebut. Selesai!.
*Tips menghapus kode script template blog biar aman. Hapus kode yang kira-kira mencurigakan, kemudian save tapi template blog nya jangan langsung ditutup dulu. Lihat dulu perubahan pada blog kalian, jika berhasil berarti kode yang kalian hapus benar tapi jika eror kalian tinggal tekan CTRL+Z saja di template blog tadi. Dan coba ulangi terus sampai kode yang mencurigan tadi ketemu.


Demikian cara menghapus link credit template di footer blogger yang susah dihapus. 
Inilah langkah-langkah yang harus kalian tempuh untuk menghapus sponsor link di footer template gratisan maupun premium. 
Saat kalian berhasil menghapus credit link di template blog maka ketika blog dibuka tidak lagi ter-redirect ke blog nya designer template.


Cara menghapus link credit footer template blog sangat mudah bukan?. Link credit template di footer blogger yang susah dihapus pun tetap bisa dihapus. Jadi, blogger yang suka hapus credit link footer itu tidak menjijikkan!, yang menjijikkan itu adalah hasil designer template yang tidak rapi tapi maksa link credit nya dipasang 😝. Designer template berhak membuat footer credit link di template blog yang didesignnya (jika ingin credit link nya tetap dipasang, berikanlah template blog yang rapi.). Tapi blogger juga berhak membuat blognya tampil secara profesional. Maka cara menghapus credit link yang susah dihapus di template blog bisa kalian scol lagi ke atas, dan selamat mencoba.





Add Your Comments

Disqus Comments