Manajemen Keuangan Yang Baik Itu Bagaimana? ~ PLAZA ONLY
close

Wednesday, April 1, 2015

Management uang. Manajemen keuangan yang baik itu bagaimana?. Cara mengatur keuangan pribadi. Mengapa kita perlu mengatur keuangan kita dengan baik?, dan bagaimana cara mengatur keuangan pribadi yang benar?. Menurut wikipedia manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan dan penganggaran uang yang kita terima dari berbagai sumber dana. Namun seringkali problem dasar keuangan sering menjadi permasalah utama kita didalam mejalani roda kehidupan ini. Tidak mau mendapat masalah maka kita wajib mengetahu cara mengatur keuangan pribadi kita. Itulah sebabnya perlu manajemen keuangan pribadi yang baik.

Manajemen keuangan yang baik itu bagaimana?

Disini saya akan berbagi tips bagaimana menerapkan manajemen keuangan pribadi yang baik itu. "Manajemen keuangan yang baik akan memberikan banyak manfaat". Apakah Anda kesulitan mengatur uang saat tanggal gajian tiba? atau pernah mengalami tanggal gajian masih jauh tapi kondisi keuangan Anda sudah sekarat?. Tidak peduli seberapa baik atau buruk manajemen keuangan Anda sekarang. Namun sangat penting untuk kita mengecek manajemen keuangan kita, apakah sudah baik atau belum. Setiap orang memiliki standar yang berbeda dalam mengelola management uang. Karena management uang ini kembali ke konsep pikiran kita masing-masing. Bagaiman kita menilai "uang" itu sendiri untuk pengaturan keuangan pribadi.

Manajemen keuangan pribadi atau management uang gaji ini, sangat perlu untuk kita tahu jika tidak ingin terus terperosok dalam mengatur keuangan. Maka langkah pertama yang harus kita lakukan agar dapat mengatur keuangan dengan baik adalah, dengan mengetahui berapa uang yang kita terima setiap bulan dan berapa uang yang harus kita keluarkan. Itulah mengapa kita perlu mengatur keuangan kita dengan baik. Agar kita tahu berapa uang yang kita terima dan keluarkan setiap bulannya. Anda mungkin merasa kurang dengan gaji atau penghasilan bulanan walaupun gaji (penghasilan) sudah meningkat dari tahun atau bulan yang lalu. Maka mengecek manajemen keuangan pribadi harus Anda lakukan sekarang.

Tips cara jitu bagaimana mengatur keuangan pribadi dalam manajemen keuangan yang baik, agar gaji atau penghasilan Anda cukup maka gunakan rumus manajemen keuangan pribadi ini "hanya 40% yang bisa slalu Anda belanjakan dan habiskan setiap bulannya dari gaji atau penghasilan Anda". Jadi misalkan income Anda 10 juta per bulan, maka 4 juta adalah uang yang bebas Anda gunakan untuk membeli kebutuh apapun. Karena rumus manajemen keuangan yang baik itu adalah seperti ini.
10%: zakat 2,5%, sedekah 2,5%, kasih keluarga 5%
20%: bayar kredit, cicilan, jika ada
30%: tabung & investasi
40%: belanjakan dan habiskan
Jadi, jika gaji atau penghasilan Anda 10 juta per bulan, maka :
► 1 juta berikan ke keluarga Anda atau yang membutuhkan, zakat maupun sedekah.
► 2 juta bayar kredit jika ada
► 3 juta tabung/investasikan
► 4 juta sisanya belanjakan dan habiskan saja. Dan harus habis...!. Mengapa?. Supaya Anda bisa menikmati hidup, jadi setiap bulan itu Anda senang. Karena tidak ada lagi perasaan harus menyisakan uang untuk ini dan itu. Maka belilah apa yang Anda mau sesuai kemampuan Anda pada posisi 40% dari gaji atau penghasilan Anda.

Manajemen keuangan yang baik seperti di atas merupakan cara kita mengelola keuangan pribadi dan investasi. Management uang gaji atau penghasian seperti ini sangat baik untuk kita terapkan. Rumus Manajemen keuangan yang baik ini sangat membantu Anda yang belum bisa mengelolah keuangan dengan baik. Inilah rumus yang bisa saya bagikan dalam mengelolah keuangan pribadi yang baik. Masih bingungkah Anda bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dengan baik?. Gunakan saja cara cerdas ini, yang bisa Anda ditiru tentang pengelolaan keuangan pribadi Anda.

Beberapa orang ada yang mengalami masalah dalam hal pengaturan keuangan pribadi. Mereka yang masih sulit mengatur management uang gaji atau penghasilan, mayoritas karena mereka tidak tahu rumus manajemen keuangan pribadi ini. Masalah keuangan adalah hal yang umum dialami oleh setiap orang. Baik yang masih singel maupun yang sudah berkeluarga. Dan hal ini paling sering dialami keluarga muda, apalagi di tahun-tahun pertama menjalani kehidupan berumahtangga. Jika Anda termasuk orang yang mengalami kesulitan dalam hal pengaturan keuangan pribadi, dan tidak ingin terus terperosok dalam mengatur keuangan. Maka gunakan dan ditiru saja cara cerdas ini dalam mengelolah keuangan pribadi Anda.

Mengapa kita perlu mengatur keuangan kita dengan baik?, terjawab sudah dengan penjelasan saya dalam artikel manajemen keuangan yang baik itu bagaimana?. Jadi, mulai sekarang ubahlah manajemen keuangan pribadi Anda menjadi lebih baik. Mulailah sekarang mengatur keuangan pribadi Anda dengan baik karena akan memberikan banyak manfaat. Seperti tidak lagi kesulitan mengatur uang saat tanggal gajian tiba atau bahkan tanggal gajian masih jauh tapi kondisi keuangan Anda sudah sekarat. Dengan menerapkan tips cerdas mengelolah manajemen keuangan pribadi ini, Anda akan lebih bisa menikmati hidup menjadi lebih hidup.

Sekarang Anda sudah tahu manajemen keuangan yang baik itu seperti apa dan bagaimana. Tentu dalam pengaturan keuangan pribadi tidak lagi menjadi masalah. Namun setelah Anda memiliki manajemen keuangan yang baik, ada baiknya Anda memiliki juga prinsip hidup yang baik supaya hidup kita selaras dalam menikmati gaji atau penghasilan kita setiap bulannya. Hidup Anda bisa lebih hidup dan lebih baik jika memiliki manajemen keuangan dan prinsip hidup yang baik. Mengatur keuangan pribadi memang gampang gampang susah. Kita harus bisa disiplin dalam mengelolanya. Jika kita berpikir "ah, ntar juga kekumpul lagi duitnya". Maka perencanaan keuangan akan percuma kalau Anda tidak disiplin mengelola management uang pribadi Anda.

Demikianlah tips mengelola keuangan pribadi. Semoga artikel manajemen keuangan yang baik itu bagaimana?, dapat membantu Anda yang kesulitan dalam hal pengaturan keuangan pribadi. Jika ternyata Anda belum bisa mengelolah keuangan dengan baik. Ikuti dan tiru tips cerdas ini, maka Anda akan mudah mengatur keuangan pribadi Anda. Karena cara ini efektif mengelola gaji atau penghasilan bulanan. Cara mengatur keuangan dengan baik adalah dengan memiliki manajemen keuangan yang baik. Sudahkah Anda mengecek manajemen keuangan pribadi Anda?. Sudah tahu manajemen keuangan yang baik itu bagaimana?. Inilah cara mengatur keuangan secara cerdas.
Semoga Bermanfaat!.



Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs