Cara Berjualan di Ebay Bagi Pemula ~ PLAZA ONLY
close

Sunday, April 26, 2015

Cara berjualan di Ebay sama seperti toko online. Namun berjualan di Ebay tak semudah yang kita kira. Seller di Ebay harus memiliki banyak Feedback Positif dari sesama penjual. Selamat buat Anda apabila sudah memutuskan untuk menjual barang di Ebay.

Cara Berjualan di Ebay Bagi Pemula

Bagaimana cara berjualan di Ebay ?. Tiap orang dapat berjualan di Ebay. Karena EBay termasuk salah satu situs lelang sekaligus jual-beli terbesar di internet. Jika Anda sudah mahir dan paham tentang bagaimana cara membeli barang di Ebay, sekarang saatnya Anda juga harus tahu cara berjualan di Ebay.

Siapapun Anda, pebisnis besar atau orang biasa yang ingin menjual barang tak terpakai di sekitar rumah, Ebay adalah cara yang baik untuk menggaet pembeli dari seluruh dunia di rumah Anda. Dengan ratusan juta orang pembeli potensial yang mengaksesnya, maka setelah Anda memasang iklan di Ebay segera barang Anda akan terjual.

Salah satu cara penting yang diterapkan Ebay untuk menjaga kepercayaan pengguna adalah dengan mendorong penjual serta pembeli meninggalkan umpan-balik atau feedback satu sama lain. Pembeli akan melihat umpan-balik tentang penjual. Jadi jika Anda ingin berjualan di Ebay, membeli beberapa barang adalah cara tercepat untuk menambah reputasi positif pada profil akun Ebay Anda. Untuk cara mengumpulkan Feedback Positif di Ebay bisa lihat di artikel Saya sebelumnya. 

Ebay memberi kemudahan bagi seluruh pengguna internet untuk menjual barang dagangannya melalui Ebay dengan biaya jasa murah (fee). Namun untuk Anda sukses berjualan di Ebay ada hal-hal yang harus Anda perhatikan. Berikut beberapa tips untuk memulai berjualan di Ebay :

~ Bangun reputasi Anda dengan cara membeli beberapa barang kecil terlebih dahulu. 

~ Cobalah membeli beberapa barang kecil yang Anda inginkan atau butuhkan, dan bayarlah langsung untuk mendapat umpan-balik yang baik sebagai pembeli.

~ Jangan dulu berpikir untuk membeli barang yang dapat dijual kembali. Intinya, Anda melakukan hal ini untuk membangun citra diri Anda sebagai anggota yang terpercaya di komunitas Ebay.  Karena pembeli potensial yang melihat penjual baru tanpa catatan umpan-balik mungkin akan mencurigai Anda sebagai penipu dan akan ragu-ragu membeli barang jualan Anda. 

~ Juallah barang murah dulu untuk mendapat umpan balik positif. Skor umpan-balik Anda adalah skor yang banyak dilihat dalam aktivitas jual-beli di Ebay. Pembeli yang memilih barang antara dua iklan yang identik biasanya akan memilih membeli dari penjual yang memiliki skor umpan-balik lebih tinggi. Karenanya, menaikkan skor umpan-balik sangatlah penting. Untuk tips berjualan sukses di Ebay lainnya bisa Anda lihat di artikel Saya selanjutnya.

Setelah semua tips dan trik berjualan di Ebay sudah Anda tahu dan pahami sebagai pedoman awal Anda untuk memulai berjualan di Ebay. Saya akan membantu Anda mulai menjual barang di Ebay. Langsung saja ikuti cara berjualan di Ebay di bawah ini.

1. Login ke akun Ebay Anda dan klik "Sell", baik melalui "My eBay" atau bagian atas laman utama Ebay. 

2. Masukkan judul iklan Anda.
Memberi judul adalah langkah utama agar iklan Anda dibaca orang banyak. Judul yang baik akan membuat calon pembeli tahu bahwa iklan Anda layak dilihat. Selain itu, judul yang baik pun bisa menarik perhatian orang yang mencari barang Anda. 
Tips membuat judul iklan:
  • Masukkan kata-kata yang relevan dengan barang Anda dan eja dengan benar. Informasi yang tidak lengkap pada judul akan mengurangi jumlah pembeli/penawar potensial karenanya, barang yang diiklankan dengan judul yang tidak lengkap tidak akan laku atau laku terjual dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasaran.
  • Hanya gunakan kata-kata yang terkait dengan barang Anda. Jangan gunakan kata-kata gombal seperti "keren", "sempurna", dsb. Jumlah karakter yang tersedia untuk judul Anda terbatas, jadi gunakanlah jatah tersebut untuk kata kunci yang memang dicari orang. (Tidak ada orang yang mencari barang berjudul "K3R3N" atau "MaSiH mULuS" di eBay).
  • Gunakan nama atau ejaan alternatif jika masih ada sisa karakter untuk judul. Misalnya, jika Anda menjual iPod, tulis juga "MP3 player" pada judul Anda. Namun demikian, mesin pencari Ebay juga akan memperhitungkan ejaan alternatif, dan mesin pencari tersebut juga kadang-kadang akan mencari berdasarkan nama kategori selain judul iklan. Lakukan pencarian atas barang tertentu dan lihat judul dari hasil pencarian.
3. Ambil foto barang yang baik.
Foto yang mencerminkan kondisi barang dengan baik dapat menarik pembeli, sebaliknya, foto yang buruk dapat membatalkan niat pembeli menawar barang Anda. Belilah kamera digital yang murah atau ponsel berkamera jika Anda belum memilikinya, karena Anda diharuskan mengunggah minimal satu foto untuk iklan Anda, dan mengunggah lebih dari satu foto akan meningkatkan kepercayaan pembeli.
Tips membuat foto iklan:
  • Gunakan pencahayaan yang baik. Jika memungkinkan, matikan lampu kilat pada kamera Anda dan gunakan cahaya alami. Potretlah barang di luar ruangan atau di dekat jendela.
  • Putar atau potong foto jika diperlukan. Gunakan pengolah gambar di komputer Anda atau pengolah gambar Ebay untuk memperbaiki kualitas gambar.
  • Buatlah foto sejumlah yang dibutuhkan pembeli, dan buat beberapa cadangan. Ambil foto barang Anda dari berbagai sudut yang mungkin diperlukan calon pembeli.
  • Fotolah bagian barang yang cacat, rusak, dan sebagainya. Calon pembeli akan lebih percaya penjual yang menampilkan cacat barangnya, jadi tentunya memotret bagian yang cacat ini sangat berguna (kecuali jika Anda menjual barang murahan). Beberapa jenis barang hanya memerlukan satu foto, karenanya pikirkan baik-baik jumlah foto yang akan dibuat.
  • Jangan menggunakan latar yang kotor, dan singkirkan benda-benda tidak diperlukan di sekitar barang. Latar belakang putih dapat digunakan sebagai latar belakang netral untuk barang-barang kecil.
  • Jangan pernah menggunakan foto dari iklan lain atau dari internet. Selain karena hal ini menunjukkan ketidakjujuran dan indikasi penipuan, hal ini juga termasuk pelanggaran hak cipta. Hampir semua hal di Internet dan dimana saja dilindungi hak cipta, meskipun tidak diberi keterangan.
4. Masukkan penjelasan soal barang Anda. 
Sebutkan seluruh informasi yang relevan tentang barang, seperti pembuat barang, kompatibilitas (untuk barang yang didesain untuk dapat/harus digunakan dengan barang lainnya, seperti perangkat komputer), ukuran, berat, warna, kondisi, dsb.
Tips membuat penjelasan/deskripsi iklan:
  • Menambah terlalu banyak informasi lebih baik daripada memberi informasi yang kurang soal barang. Pembeli dapat melewati deskripsi barang yang tidak mereka butuhkan, tapi pasti menekan tombol "kembali" saat mereka tidak menemukan informasi tentang barang Anda yang mereka cari. Informasi lebih juga dapat membantu mesin pencari menemukan iklan Anda.
  • Tempatkan informasi terpenting tentang barang pada bagian awal iklan.
  • Jika Anda merasa perlu membuat desain iklan, buatlah desain yang sederhana. Beberapa penjual memenuhi iklan mereka dengan elemen-elemen yang tidak diperlukan sehingga informasi penting dalam iklan tersebut menjadi susah dibaca. Cukup gunakan gambar dan teks untuk mendeskripsikan barang Anda.
  • Gunakan font yang cukup besar dan mudah dibaca untuk iklan Anda, dan jangan terlalu banyak memasang animasi, menggunakan warna yang bertabrakan, atau memasang hal lain yang tidak berhubungan dengan iklan. Ingatlah bahwa beberapa pembeli memiliki penglihatan buruk dan membutuhkan huruf berukuran besar. Gunakan ukuran font seperti buku cetak besar sebagai patokan.
  • Jelaskan kerusakan apapun yang ada pada barang. Pembeli pasti akan menemukan cacat pada barang Anda, dan merekalah yang memutuskan mana cacat yang signifikan atau tidak. Menjelaskan cacat secara jelas akan membuat pembeli percaya pada Anda dan meyakinkan mereka untuk membeli barang Anda.

5. Pilih metode penjualan.
Anda bisa memilih jenis yang sesuai kondisi Anda dan barang Anda.
~ Lelang Daring. Lelang berlangsung antara 1-10 hari, dan terkadang dapat menaikkan harga barang Anda karena pembeli dianjurkan berkompetisi untuk menawar harga tertinggi. Pembeli menyukai sensasi memenangkan lelang seperti mereka menyukai barang yang Anda jual.
  • Cara penjualan ini cocok jika Anda memiliki barang yang banyak dicari orang dan diperebutkan penggemarnya, seperti cinderamata langka terkait olahraga tertentu.
  • Cara ini juga cocok jika Anda tidak tahu berapa harga barang yang akan Anda jual, dan bisa membantu Anda memasang harga untuk barang sejenis di kemudian hari.
~ Buy it Now adalah barang yang dijual dengan harga tetap. Metode penjualan ini memungkinkan pembeli menyelesaikan proses pembelian barang secara langsung dan barang yang dibeli akan langsung dikirim.
  • Metode ini cocok untuk barang yang umumnya dibeli secara rutin atau karena impuls, atau barang yang telah banyak tersedia, dan jika Anda ingin memasang harga yang bersaing.
  • Barang yang banyak diperlukan orang biasanya tidak menarik banyak penawaran jika dilelang.
6. Pasang harga untuk barang Anda
Dengan memperhitungkan berapa modal Anda untuk barang tersebut, berapa waktu yang Anda habiskan untuk menjual, biaya-biaya Ebay, dan berapa biaya pengiriman untuk barang tersebut. Ingatlah bahwa jika Anda sudah setuju untuk menjual atau jika lelang sudah selesai, ada kontrak penjualan yang terjadi dan penjualan tidak bisa dibatalkan kecuali kedua belah pihak setuju untuk membatalkannya.
Tips membuat harga barang di iklan:
  • Perubahan harga dimungkinkan untuk barang dengan harga tetap, atau jika dilakukan sebelum adanya tawaran pada barang yang dilelang.
  • Tawaran awal yang rendah akan menarik penawar dan peminat pada barang Anda, dan mungkin membuat barang Anda terjual lebih mahal, tapi jika barang Anda tidak terlalu terekspos atau tidak menarik, Anda bisa saja mendapat harga yang sangat rendah. Sebenarnya ada cara untuk mengatur harga minimal untuk sebuah barang meskipun Anda memasang tawaran awal yang rendah, namun Ebay mengenakan biaya tambahan untuk layanan ini dan pembeli pun tidak menyukainya.
  • Jangan memasang ongkos kirim terlalu mahal. Meskipun kadang-kadang biaya kirim yang mahal bisa membuat Anda dapat menawarkan barang dengan harga lebih murah, dan memperhitungkan juga biaya penanganan terkait barang, namun pembeli tentunya tidak tertarik pada barang yang ongkos kirimnya sengaja dinaikkan.
  • Jangan lupa untuk melihat tagihan yang dikirim oleh Ebay dan bayarlah tepat waktu. Anda akan dikenai biaya komisi dan biaya pemasangan iklan lainnya, dan Anda harus membayarnya jika Anda ingin tetap memasang iklan di Ebay. Meskipun biaya ini awalnya mengagetkan, anggap saja biaya tersebut sebagai pengeluaran bisnis. Niscaya, Anda akan ingat untuk memperhitungkan biaya tersebut terhadap harga barang/jasa Anda.
  • Masukkan biaya kirim dalam harga total atau harga tawar terendah. Banyak pembeli mencari barang yang bebas ongkos kirim atau memiliki ongkos kirim yang murah, dan mereka lebih tertarik membelinya. Jika Anda menawarkan ongkos kirim gratis, jangan lupa menyebutkannya dalam iklan Anda. 
7. Pilih waktu mulai dan berakhirnya lelang.
Lelang akang berakhir pada 1,3,5,7, atau 10 hari setelah Anda memulainya. Kapan sebuah lelang berakhir dan berapa lama lelang berlangsung akan berpengaruh pada harga barang Anda. Dengan mengakhiri lelang pada waktu puncak pembelian, seringkali Anda bisa menjual barang dengan harga yang tinggi.
Tips membuat dan mengakhiri lelang.
  • Lelang yang berakhir pada hari Minggu, Senin, dan akhir minggu biasanya menarik perhatian banyak orang, sehingga Anda mungkin menjual barang tersebut dengan harga lebih tinggi.
  • Banyak juga jenis barang yang hanya laku pada musim tertentu, jadi jual barang tersebut pada waktu yang baik itu. Misalnya, perlengkapan akan laku lebih mahal di musim panas, sementara peralatan ski akan terjual dengan harga optimal di musim dingin.
  • Anda bisa memeriksa promosi terencana Ebay untuk kategori tertentu di http://pages.ebay.com/sell/resources.html. Bukalah laman tersebut dan rencanakan penjualan barang Anda saat kategori barang Anda dipromosikan.
8. Tetaplah Ramah.
Banyak penjual yang mengintimidasi calon pembeli. Mereka berpikir mereka harus membuat banyak laman mencolok (dengan font berwarna-warni) dengan ancaman melaporkan penawar yang tidak jadi membeli. Jangan melakukan kesalahan yang sama!. Anda toh tidak akan mau belanja di toko dimana pemiliknya mengawasi setiap gerak-gerik Anda, juga di toko dengan pelayan yang bergosip tentang pembelinya. Menjual barang di internet pun demikian, hapuskan kecurigaan Anda pada calon pembeli karena mereka akan tersinggung jika dianggap sebagai calon pencuri.
Tips membuat aturan yang ramah.
  • Jika Anda perlu menambahkan beberapa aturan penjualan, pastikan aturan itu lebih pendek dari deskripsi barang jualan Anda.
  • Tawarkan aturan pengembalian. Anda tidak saja bisa mendapat diskon dari Ebay, Anda juga akan membuat pembeli lebih yakin untuk berbelanja. Pembeli yang benar-benar mengembalikan barang jumlahnya sangat sedikit, jadi Anda mungkin akan untung karena mendapat kepercaya dari pembeli.
  • Jawab pertanyaan dari pembeli selagi lelang berjalan. Jawablah dengan singkat dan padat, dan usahakan untuk selalu sabar, berkomunikasi dengan jelas, profesional dan ramah. Pembeli tidak suka pertanyaannya diacuhkan, dan profesionalitas Anda dipertaruhkan disini, jadi jangan ragu untuk menjawab pertanyaan pembeli.

9. Periksa kembali seluruh kotak isian sebelum Anda mengirim iklan Anda.
Saat Anda ada di laman overview, jangan lupa untuk memeriksa kembali isi halaman sebelum mengklik Submit. Jika Anda tidak menekan Submit, iklan Anda tidak akan terkirim. Setelah mengklik, Anda akan mendapat email konfirmasi bahwa iklan Anda sudah dipasang di Ebay.
~ Periksa ejaan pada iklan Anda. Memeriksa ejaan tidak akan memperbaiki aspek iklan lainnya yang jelek, tapi proses ini tetap membantu. Penggunaan kapitalisasi dan tanda baca yang tepat membuat iklan lebih mudah dibaca.
~ Perbaiki seluruh kesalahan. Anda bisa memperbaiki semua kesalahan dalam lelang hingga ada penawaran yang masuk setelahnya, apa yang tertulis tidak dapat diubah!.

10. Menyelesaikan Transaksi
Periksalah lelang Anda. Anda bisa mengetahui berapa orang yang tertarik dengan melihat penghitung yang tersedia, dan jika terlalu sedikit orang yang tertarik, Anda mungkin perlu menyesuaikan iklan Anda agar menarik bagi orang yang berselancar di Ebay. Pelajari apa yang menarik dan tidak menarik, dan ubah lelang Anda seperlunya.
  • Akhiri lelang Anda jika dirasa perlu. Anda bisa mengakhiri lelang hingga 12 jam sebelum lelang berakhir. Namun demikian, jangan terlalu sering menggunakan opsi ini karena mungkin ada orang-orang yang sudah menunggu untuk menawar dan merasa kecewa karena lelang Anda sering diakhiri sebelum waktunya. Gunakan opsi ini saat terjadi hal tak terduga, seperti barang hilang, rusak, atau dicuri. (Karenanya pula, jika Anda sudah memasukkan iklan sebuah barang, simpanlah barang tersebut baik-baik).
  • Turunkan harga reserve. Anda dapat melakukannya hingga 12 jam sebelum lelang berakhir jika barang Anda tidak ditawar orang. 
  • Perhatikan calon pembeli. Anda bisa memblokir beberapa jenis pembeli, seperti pembeli yang tidak bisa membayar dengan Paypal, pembeli di negara yang tidak terjangkau jasa pengiriman yang Anda gunakan, atau pembeli dengan nilai umpan balik rendah atau buruk. Anda juga bisa membuat daftar Approved Buyers, untuk mengizinkan beberapa pembeli menawar barang Anda secara otomatis.

Bersiaplah saat barang terjual. Setelah Anda menerima pesan bahwa barang Anda terjual, siapkan tagihan jika barang Anda belum dibayar dalam beberapa jam. Bungkus barang Anda dengan rapi dan aman. Jika barang Anda termasuk barang pecah belah, pengemasan yang salah akan membuat barang Anda rusak dan pembeli Anda akan marah!. Sebaliknya, kemasan yang bagus akan menambah kesan baik Anda di mata pembeli. Masukkan biaya yang Anda keluarkan untuk kemasan seperti kotak, pembungkus dll, dalam faktor untuk menentukan harga atau biaya kirim.

Tinggalkan umpan-balik. Meninggalkan umpan balik setelah pembeli menyelesaikan kewajibannya sebagai pembeli adalah tanda kesopanan dan gestur bisnis yang baik. Meninggalkan umpan-balik pada hari pengiriman akan menjadi catatan yang baik bagi penjual dan pembeli, dan jika Anda tidak melakukan kesalahan, tidak ada salahnya meninggalkan umpan-balik pada hari pengiriman barang. Anda juga boleh meminta umpan-balik pada pembeli jika Anda punya waktu untuk melakukannya. Namun demikian, cukup lakukan hal tersebut sekali, jangan ganggu lagi pembeli setelah itu.

Jika Anda tidak puas dengan seorang pembeli atau penjual, hubungi mereka dan diskusikan masalah Anda dengan cepat dan sopan. Gunakan umpan-balik negatif hanya jika diskusi tersebut tidak terselesaikan. Selalu coba untuk bernegosiasi, sebab umpan-balik negatif sangat sulit dihapus atau dibatalkan jika Anda ternyata salah. Ingatlah bahwa Anda tidak tahu soal keadaan pembeli Anda, Dia mungkin mengalami kecelakaan dan menggunakan uangnya untuk membayar rumah sakit, hal seperti itu kan sering terjadi dalam kehidupan.

Umpan balik negatif menurunkan kepercayaan pembeli dan penjual terhadap Anda. Penjual harus memberi umpan balik ketika pembeli membayar tepat waktu. Pembeli harus meninggalkan umpan balik ketika barang yang dibeli tiba tepat waktu dan keadaannya sesuai dengan iklan. 

Bagi penjual pemula, ada baiknya Anda mengunjungi laman toko lainnya sebelum memutuskan untuk membuka laman toko Anda. Demikian cara berjualan di Ebay.
Semoga Bermanfaat!.


 

  
Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs