Tips Berjualan Sukses di Ebay ~ PLAZA ONLY
close

Sunday, April 26, 2015

Pernah membeli barang di Ebay atau sudah jualan barang dari Ebay. Berikut tips berjualan sukses di Ebay. Jualan barang di Ebay atau menjual barang dari Ebay tak semudah yang kita kira. Semua ada formulanya.

Tips Berjualan Sukses di Ebay


Berjualan di Ebay atau menjual barang dari Ebay adalah dua hal yang berbeda. Berjualan di Ebay berarti Anda mau export sedangkan menjual barang dari Ebay berarti Anda mau import.

Tips berjualan sukses di Ebay baik menjual barang dari Ebay maupun menjual barang di Ebay akan Saya coba Share disini. Setelah Anda memiliki akun Ebay dan berniat mendulang Dolar dari Ebay. Tentukan apakah Anda berniat mau menjual barang yang Anda miliki atau mau menjual barang dari Ebay ke orang lain lagi dengan selisih harga untuk mendapatkan keuntungan.

Setelah tujuan berjualan seperti apa yang mau Anda lakukan kemudian action "tanpa action sama aja bohong". Dan berikut tips dan trik berjualan sukses di Ebay :

1. Tips pertama adalah Anda harus memiliki feedback positif. Mencari feedback tidaklah mudah, tapi Anda tidak perlu khawatir karena Saya akan menjelaskan tipsnya agar mendapatkan feedback yang banyak. Tips mengumpulkan banyak feedback positif bisa Anda lihat di artikel Saya selanjutnya.

2. Buatlah laman profil Anda. Tidak perlu laman profil yang terlalu bagus jika Anda hanya berniat berjualan kecil-kecilan, tapi menambah gambar dan beberapa informasi tentang Anda akan membuat pembeli percaya bahwa Anda adalah penjual, bukan penipu. Jika Anda menjual barang yang agak mahal, menambahkan informasi tentang diri Anda sangatlah penting, apalagi jika Anda adalah penjual baru. Calon pembeli akan membaca profil Anda dan mencari tahu tentang Anda. Karenanya, profil Anda adalah tempat yang tepat untuk menunjukkan kredibilitas Anda, misalnya jika Anda adalah seorang kolektor, penjual, pengguna yang mengerti akan barang yang dijualnya, dan sebagainya.

3. Jual barang yang Anda "mengerti". Jika Anda pandai mencari barang murah atau langka di kategori tertentu, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk menjadi penjual spesialis untuk barang-barang di kategori yang Anda "mengerti". Ketahuilah barang apa saja yang dilarang dijual di Ebay. Tentunya, barang-barang ilegal seperti bagian tubuh manusia, binatang hidup, dan layanan "haram" tidak diizinkan. Beberapa barang lainnya mungkin boleh dijual terbatas, seperti barang-barang khusus dewasa. Bacalah laman Ebay tentang barang yang tidak boleh dijual dan penjualannya dibatasi untuk mencegah dibekukannya atau dihentikannya akun Anda. 

4. Perkecil resiko dengan hanya menjual barang yang telah Anda miliki atau dengan memulai berjualan kecil-kecilan. Memasang banyak inventori jualan sebelum benar-benar menjual beberapa barang adalah tindakan beresiko. Cobalah menjual beberapa barang kecil untuk mendapat pengalaman tentang barang apa saja yang laku dijual dan logistik apa saja yang diperlukan saat berjualan.

Anda bisa memulai dengan menjual barang-barang bekas di rumah Anda yang tidak terpakai, atau dengan memilih barang yang bisa Anda kembalikan atau Anda pakai jika tidak terjual. Bereksperimenlah sebelum Anda menjual banyak barang di Ebay. Jika tidak melakukannya, Anda mungkin merugi karena tidak bisa menjual dengan harga yang cukup untuk mendatangkan keuntungan, atau memiliki stok barang menumpuk yang tidak laku. Jika Anda sudah mempunyai barang jualan dari koleksi atau bisnis Anda, Anda sudah siap berjualan!. Menjual beberapa barang kecil akan membantu Anda menentukan strategi berjualan di Ebay.

5. Pikirkan bagaimana Anda akan mendapat stok barang jualan Anda. Seringkali apa yang Anda jual dipengaruhi oleh apa yang dapat Anda temukan. Menemukan barang yang laku dijual di Ebay mungkin butuh waktu cukup lama atau usaha yang cukup berat. Karenanya, menemukan tempat/orang yang dapat memenuhi stok barang jualan Anda sangatlah penting.

Ebay sendiri adalah tempat yang baik untuk mencari barang murah. Banyak orang mencari barang yang dihargai terlalu rendah, tidak ditampilkan dengan baik, atau labelnya salah. Jika Anda hobi berburu barang bekas atau sering berburu rongsokan, hal tersebut adalah titik awal yang bagus untuk mencari stok barang jualan. Namun demikian, ingatlah bahwa seringkali barang bekas dan rongsokan tidak dapat dikembalikan, jadi Anda mungkin memiliki barang yang tidak laku terjual. Toko diskon, grosir, dan gudang adalah tempat yang baik untuk mencari barang murah, dan biasanya mereka mengizinkan pengembalian barang. Anda bisa mengambil keuntungan dari aturan pengembalian barang mereka jika barang Anda tidak laku terjual. 

6. Pikirkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat iklan dari setiap barang. Ingatlah bahwa Anda harus membuat foto, menulis deskripsi, dan memikirkan cara mengirim barang tersebut jika laku. Hal ini butuh waktu lama, jadi sebaiknya juallah beberapa barang yang sama, dan barang-barang yang mudah dideskripsikan serta difoto.

Cobalah mencari barang yang dijual grosiran, atau barang dengan karakteristik yang sama. Dengan demikian, Anda bisa membuat template iklan sendiri, atau bahkan membuat satu iklan untuk berbagai barang. Carilah barang yang mudah dideskripsikan atau difoto. Barang-barang populer biasanya tidak perlu banyak deskripsi karena orang-orang sudah mengetahui tentang barang tersebut cukup dengan melihatnya. Carilah barang yang mudah dikirim dengan cara yang sama, sehingga Anda bisa mengemas barang dengan cepat dan mendapat harga grosir untuk barang-barang terkait pengiriman (pembungkus dll).

7. Pikirkan metode pengiriman dan penyimpanan barang. Barang yang besar dan berat sulit dijual dengan keuntungan besar karena pengirimannya mahal dan penyimpanannya memakan tempat terlalu banyak. 

Pembeli biasanya melihat harga bersih suatu barang, termasuk biaya kirim, jadi biaya pengiriman harus dihitung juga dalam menentukan harga wajar suatu barang. Pikirkan juga soal tempat penyimpanan barang. Menjadi penjual barang dari rumah mungkin mengurangi pengeluaran tambahan, tapi Anda mungkin akan mengalami kesulitan jika Anda memiliki terlalu banyak stok barang di rumah. Apakah Anda memiliki gudang untuk barang jualan Anda, dan memiliki ruang untuk membungkus, mengemas, dan menyimpan barang yang sudah dibeli?.

8. Pikirkan berapa lama suatu barang bisa terjual, dan berapa lama Anda akan menunggu barang tersebut terjual. Ingatlah bahwa tren bisa berlalu dengan cepat, dan stok barang Anda bisa tiba-tiba tidak laku. Untuk beberapa jenis barang, Anda mungkin harus menunggu kolektor atau pembeli yang tertarik akan barang tersebut.

9. Ketahuilah tren barang. Tentunya, semakin populer suatu barang, semakin banyak orang yang akan mencari barang tersebut. Mengetahui tren barang adalah sebuah bakat, dan seringkali penjual sukses adalah penjual yang memiliki bakat menebak barang apa saja yang akan laku dijual. Namun demikian, Ebay memiliki beberapa cara untuk mengetahui barang apa saja yang sedang populer. Silahkan buka laman barang populer di Ebay untuk melihatnya.

Barang-barang yang tercantum dalam daftar umumnya adalah pakaian bermerek, elektronik, perhiasan emas, aksesori, dan baju sepakbola. Lihatlah lelang yang sudah berakhir. Hal ini bisa membantu Anda melihat berapa banyak sebuah barang sudah terjual, kapan barang tersebut terjual, dan berapa harga jualnya. 

Jika Anda memiliki aplikasi Ebay untuk ponsel, melihat lelang yang sudah berakhir ini sangat berguna untuk menentukan apakah Anda akan membeli sesuatu di toko diskon untuk dijual kembali. Ketikkan pencarian Anda pada kotak pencarian Ebay, lalu centang pada pilihan "Sold listings", dan/atau "Completed listings" pada bagian "show only" di bagian kiri halaman. Pada aplikasi ponsel masukkan kata kunci pencarian Anda, dan tekan "refine". Pilih "Completed listings", dan/atau "Sold items only" pada bagian "Search Refinement Options". Anda juga dapat menggunakan alat khusus untuk riset penjual seperti Terapeak dan Vendio, namun alat-alat tersebut biasanya berbayar.

Ingatlah bahwa jika suatu barang sudah populer, akan banyak penjual yang menjual barang yang sama. Akan sulit menjual barang pada kategori yang telah dipenuhi penjual lainnya, karena iklan Anda akan sangat mudah tertutup iklan lainnya di kategori yang sama atau dalam hasil pencarian, dan harga barang yang populer tersebut sudah sangat murah, hingga bagi para penjual kecil-kecilan, sulit untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan barang tersebut.

10. Membuat iklan yang "menjual". Cari tahu tentang target pasar Anda. Gunakan mesin pencari Ebay untuk mencari barang sejenis dengan barang yang akan Anda jual dan baca keterangan lelangnya. Berfokuslah pada lelang yang terjual dengan harga yang bagus, atau lelang yang menarik banyak tawaran. 

Catatlah informasi atau foto apa saja yang membantu Anda sebagai pembeli potensial. Informasi yang sama tentu akan membantu calon pembeli Anda nantinya. Pikirkan apa saja hal yang membuat Anda mempercayai seorang penjual, dan bagaimana Anda bisa menyampaikan kesan yang sama pada calon pembeli Anda.

Ebay memulai bisnis sebagai pasar untuk para pehobi dan kolektor, dan hingga hari ini tetap menjadi tempat yang baik untuk menunjukkan koleksi Anda di Ebay. Setelah semuanya sudah Anda persiapkan, saatnya action berjualan di Ebay. Cara berjualan di Ebay bisa Anda lihat di artikel Saya sebelumnya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai atau sudah memulai berjualan di Ebay.
Selamat Mencoba!.


     
Share This Article:

Menerima Jasa Pembelian Barang di Amazon

0 comments :

Post a Comment

PF plazaonly.blogspot.com | Blogger Theme by plazaonly - Suka Templates ini? | Unduh disini
If you benefit from this article, you can contribute through my bitcoin wallet 1CHf6G7ZL3PhR6vMisEHyZQMWPyQ2upuEs