Penyebab Google Chrome Lemot/Ngadat

Penyebab Google Chrome lemot,ngadat dan lambat-Yang menyebabkan browser google chrome Anda lemot, ngadat dan lambat sangat banyak. Pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi mengenai penyebab Google Chrome lambat, lemot dan ngadat. Pernahkah Anda memperhatikan kecepatan Google Chrome menurun, atau bahkan macet?.

Penyebab Google Chrome Lemot/Ngadat

Cara mengatasi Google Chrome lemot, ngadat dan lambat. Pertama cari tahu dulu penyebab Google Chrome lemot, ngadat dan lambat. Kemudian Anda baru bisa mengatasinya. Seperti yang kita tahu bahwa Google Chrome merupakan salah satu browser yang memiliki fitur yang sangat lengkap. Browser ini menjadi salah satu browser favorit banyak orang (termasuk Saya). Dan alasan orang memfavorit browers ini bermacam-macam. Kalau alasan Saya sendiri, karena browser Google Chrome satu-satunya yang bisa menerjemahkan website. Jadi sangat membantu Bahasa inggris Saya yang lemot juga.

Penyebab Google Chrome lemot, ngadat dan lambat sebenarnya terjadi karena usernya yang kurang paham merawat, mengatasi, dan menggunakkannya.  Bukan tanpa alasan Google Chrome bisa menjadi browser yang sangat digemari dan banyak digunakan, akan tetapi hal itu karena fitur dan performanya yang sangat baik. Menurut Saya sendiri Google Chrome memiliki fitur ekstensi yang tidak kalah jika dibandingkan dengan mozilla (add-ons). Selain itu salah satu kelebihan google chrome adalah kecepatan aplikasi dan browsingnya yang sangat baik.

Lalu bagamana cara mengatasi Google Chrome lemot, ngadat dan lambat ini?. Browser Google Chrome yang telah lama kita gunakan terkadang memiliki performa yang sangat menurun dan membuat kita jengkel seperti Google Chrome jadi lemot, dan lambat serta sering ngadat saat digunakan, bahkan tak jarang browser Google Chrome yang kita miliki sangat lama untuk dibuka dan dijalankan. Ternyata penyebabnya karena kesalah kita sendiri sebagai pengguna yang menyebabkan Google chrome bermasalah dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

Ekstensi yang terinstall atau terpasang di Program
Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa ekstensi merupakan salah satu fitur yang sangat berguna di Google Chrome. Akan tetapi tahukah Anda ekstensi yang terlalu banyak akan sangat berpengaruh terhadap performa google chrome. Oleh karena itu usahakan untuk menghapus atau uninstall beberapa ekstensi yang Anda anggap kurang berguna dan terlalu memberatkan Google Chrome Anda. Cara uninstall Ekstensi pada Google Chrome bisa Anda lihat di artikel Saya selanjutnya.

Plugins yang terpasang ke Google Chrome
Selain ekstensi, plugin merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat juga. Karena dengan adanya plugin kita dapat mengakses banyak jenis konten di internet seperti Video, Lagu, Efek, Game Online dan lain–lain. Akan tetapi terlalu banyak plugin yang terpasang sebenarnya juga menjadi penyebab Google Chrome menjadi lemot dan lambat bahkan sering ngadat. Oleh karena itu usahakan mematikan atau disable beberapa plugin yang Anda anggap tidak berguna. Caranya bisa Anda lihat di artikel Saya berikutnya "Cara Mendisable Plugin di Google Chrome".

Membersihkan Data Browsing (Cookies, Cache dll)
Setiap Anda melakukan browsing di internet menggunakan browser Google Chrome pastinya selalu ada data yang tersimpan dan bertambah pada Google Chrome Anda. Beberapa contoh data yang tersimpan secara otomatis adalah history (riwayat) penelusuran, riwayat download, cookies, cache dan lain–lain yang sebenarnya berguna suatu saat untuk Anda yang ingin mengakses situs yang pernah Anda kunjungi atau melihat daftar download Anda. Akan tetapi data tersebut juga sangat berpengaruh dalam mengurangi kecepatan browser. Oleh karena itu usahakan membersihkan data browser tersebut secara rutin. Cara membersihkan data browsing bisa Anda lihat di artikel sebelumnya.

Kecepatan koneksi internet
Selain browser, koneksi internet merupakan salah satu hal yang dibutuhkan untuk dapat berselancar di internet, oleh karena itu menurut Saya koneksi internet sedikit berpengaruh pada kinerja dan performa sebuah browser. Karena sebuah browser akan bekerja lebih berat jika tanpa sebuah koneksi internet yang baik. Untuk memaksimalkan koneksi internet Anda, bisa Anda lihat di artikel "Cara Mempercepat Koneksi Internet".

Itulah beberapa penyebab Google Chrome lemot, ngadat dan lambat. Apakah browser Google Chrome Anda masih lemot?. Anda mungkin mengalami masalah dengan Google Chrome jika browser mogok, tiba-tiba berhenti, tidak berfungsi, atau tidak dapat dimulai sama sekali. Untuk mendapatkan tips cara mempercepat loading Google Chrome bisa Anda lihat diartike Saya selanjutnya.


 


Add Your Comments

Disqus Comments